12 Tips Aman Naik Pesawat Saat Pandemi Covid-19

tips aman naik pesawat saat pandemi covid19
Ilustrasi kabin pesawat pixabay

Meskipun beberapa maskapai telah kembali membuka jalur penerbangan untuk beberapa rute, bukan berarti Anda bisa dengan bebas kembali bepergian naik pesawat dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan lama. Simak tips naik pesawat saat pandemi berikut ini agar perjalanan Anda nyaman dan aman, bahkan selama masa pandemi saat ini.

Pakai Masker

Masker sudah menjadi kebutuhan utama di tengah masa pandemi Covid-19. Di mana pun Anda berada, terutama ketika Anda berada di tempat umum seperti bandara dan di dalam pesawat, selalu kenakan masker, bahkan jika Anda mengenakan face shield. Sebab, face shield saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan terutama bagi hidung dan mulut dari infeksi virus. Bawa juga masker cadangan apabila penerbangan Anda cukup panjang.  

Bawa Hand Sanitizer atau Tisu Antiseptik

Sama seperti masker, hand sanitizer juga telah menjadi kebutuhan utama saat ini. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% jika tangan tidak terlihat kotor dan Anda tidak bisa bebas mencuci tangan dengan sabun. Alternatifnya, gunakan tisu basah antiseptik yang mengandung alkohol.

Patuhi Protokol Kesehatan dan Keamanan di Pesawat

Sebelum membeli tiket dan melakukan perjalanan, pastikan Anda membaca dan memahami protokol kesehatan dan keamanan yang diterapkan oleh maskapai. Taati protokol tersebut demi keamanan dan keselamatan Anda sepanjang di bandara maupun perjalanan di dalam pesawat.

Lakukan Mobile Check-in atau Print Boarding Pass di Rumah

Salah satu cara mencegah risiko penularan Covid-19 adalah dengan meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. Karena itu, sebaiknya Anda cetak boarding pass di rumah sehingga Anda hanya perlu menunjukkannya ke petugas saat di bandara, atau malah langsung lakukan mobile check-in saja dari rumah.

Sebaiknya Gunakan Toilet Sebelum Naik Pesawat

Pada dasarnya, Anda perlu berhati-hati menggunakan toilet umum di mana saja Anda berada, termasuk saat di bandara. Tapi, sebaiknya Anda gunakan toilet bandara saja daripada toilet di dalam pesawat. Jadi, apabila memungkinkan, gunakan toilet di bandara atau area ruang tunggu.

Selalu Jaga Etika Batuk

Pastikan Anda menerapkan etika yang tepat saat batuk maupun bersin, yaitu menutup hidung dan mulut dengan tisu kering lalu membuang tisu di tempat sampah tertutup dan cuci tangan Anda (atau gunakan hand sanitizer). Anda juga bisa langsung mengganti masker jika masker dirasa basah/lembap setelah Anda bersin – pegang tali masker saat melepas, jangan sentuh bagian tengah masker, dan simpan masker di dalam kantong tertutup.

Segera Lapor Jika Merasa Sakit

Saat ini, sudah jadi protokol umum bagi para pengelola tempat umum untuk mengecek suhu tubuh pengunjung, termasuk di bandara. Bahkan, Anda pun akan diminta menunjukkan surat bukti keterangan sehat yang sah. Tapi, apabila Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan, segera lapor ke petugas medis di bandara untuk melakukan pengecekan dan memastikan bahwa kondisi Anda bukan gejala Covid-19.

Lapor Jika Punya Riwayat Kontak Langsung dengan Pengidap Covid-19

Bukan hanya ketika Anda merasa sakit saja, Anda pun perlu melapor kepada petugas medis jika merasa pernah melakukan kontak langsung dengan pasien penderita Covid-19. Dengan begitu, pengecekan lanjutan bisa dilakukan.

Mencuci Tangan

Hand sanitizer idealnya hanya digunakan sebagai alternatif ketika Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun. Karena itu, apabila kondisinya memungkinkan, lebih baik Anda cuci tangan dengan rutin, baik itu selama di bandara maupun di dalam pesawat, untuk jaminan kebersihan tangan yang lebih optimal.

Idealnya, Pilih Kursi Dekat Jendela

Ketika Anda melakukan reservasi, usahakan untuk memilih kursi yang dekat dengan jendela (window seat), bukannya kursi yang bersampingan dengan lorong (aisle seat). Sebab, duduk di window seat akan meminimalisir kontak Anda dengan orang lain yang berlalu-lalang di lorong pesawat, seperti ketika ada penumpang yang lewat menuju ke kamar mandi.

Jaga Daya Tahan Tubuh Sejak Sebelum Perjalanan

Selama perjalanan, Anda benar-benar tidak tahu dari siapa atau apa virus dapat menular. Karena itu, selain melindungi diri dengan masker dan menjaga kebersihan tangan, tingkatkan daya tahan tubuh Anda agar virus tidak mudah menginfeksi tubuh Anda. Rutin konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, banyak minum air putih, dan vitamin penambah daya tahan tubuh.

Bawa Sendiri Peralatan Pribadi Anda

Hindari risiko penularan virus lewat penggunaan peralatan yang digunakan bersama-sama dengan orang asing, bahkan termasuk peralatan makan sekali pakai yang disediakan maskapai sekalipun. Lebih baik Anda repot sedikit dengan membawa peralatan makan, bantal leher, hingga selimut Anda sendiri dari rumah.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 193 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*