6 Cara Meningkatkan Kesehatan Karyawan Kantor

cara meningkatkan kesehatan karyawan kantor
Image via PinkKorset.com

cara meningkatkan kesehatan karyawan kantor – Karyawan adalah aset berharga perusahaan. Karena itulah keselamatan dan kesehatan karyawan perlu terus dijaga. Supaya kinerja perusahaan seperti yang diinginkan bisa tercapai. Namun, meski demikian, faktanya masih banyak karyawan yang kesehatannya terganggu. Contoh konkretnya seperti yang dikeluarkan oleh HSE report yang menyebut sebanyak 7,6 juta hari kerja setiap tahunnya hilang karena masalah nyeri di bagian punggung.

Ya, kondisi pegal-pegal di punggung ini memang menjadi masalah yang banyak dialami pekerja di seluruh dunia. Termasuk kaitannya dengan masalah ini adalah nyeri pada bagian leher, bahu dan nyeri lengan, dan kelelahan serta ketegangan pada mata. Memang semua masalah itu umumnya dialami oleh karyawan kantoran. Untuk itulah, artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kesehatan yang bekerja di dalam kantor dengan mencegah terjadinya sakit yang disebutkan tadi. Berikut ini cara yang bisa Anda dipergunakan di tempat kerja.

 

  1. Istirahat

Ya, tentu semua pekerja butuh istirahat. Termasuk juga karyawan kantoran yang mungkin lebih banyak menghabiskan waktunya bekerja dengan duduk-duduk. Berikut ini panduan mengenai waktu istirahat di tempat kerja.

– Waktu istirahat harus diambil sebelum terjadinya kelelahan kerja. Tujuan dari pemberian waktu istirahat agar karyawan tidak sampai produktivitasnya menurun. Dengan begitu karyawan tetap bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, penting juga diketahui waktu penetapan jam istirahat itu lebih penting daripada panjang (durasi) istirahat. Dengan kata lain, lebih baik baik sering istirahat meskipun cuma sebentar-sebentar, daripada istirahat panjang tapi sebulan sekali.

– Istirahat harus diperhitungkan dalam waktu kerja. Dengan begitu waktu istirahat ini tidak menganggu target produksi yang diinginkan. Artinya, waktu kerja yang disediakan memang mencukupi untuk mencapai target kinerja seperti yang diharapkan.

– Sering istirahat lebih baik daripada jarang. Misalnya saja, bagi pekerja kantoran lakukan istirahat selama 5-10 menit tiap selesai bekerja selama 50-60 menit di depan layar komputer. waktu istirahat ini lebih baik daripada Anda istirahat 15 menit setiap dua jam bekerja.

– Bagi pekerja kantoran, jika memungkinkan, saat istirahat harus menjauh dari layar komputer. Misalnya saja karyawan bisa berjalan-jalan sebentar di dalam kantor untuk melepas lelah.

 

  1. Sesuaikan Layar Komputer

Salah satu masalah yang sering dialami karyawan kantor adalah kelelahan dan ketegangan mata. Hal ini bisa muncul ketika berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Untuk itu, agar masalah itu tidak muncul, langlah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya seperti:

– Tulisan di layar komputer harus di atur dengan baik. Dengan begitu ukurannya bisa terbaca dengan jelas tanpa harus membuat mata karyawan “bekerja” keras untuk berusaha membacanya.

– Gambar pada layar komputer harus stabil tidak berkedip-kedip.

– Sesuaikan juga mengenai kecerahan layar atau kontras layar. Pilih yang paling nyaman dilihat oleh mata.

– Posisi layar harus sesuai sehingga karyawan bisa nyaman saat menggunakan kompputer ini dalam bekerja.

– Layar harus bebas dari pancaran reflektif yang bisa membuat mata karyawan menjadi silau saat menggunakannya.

 

  1. Pilih Keyboard Komputer yang Nyaman

Dengan pemilihan keyboard komputer yang baik, proses kerja pun bisa berlangsung dengan lancar. Karyawan juga akan merasa lebih nyaman karena tidak sampai membuat jari-jarinya menjadi tegang. Beirkut ini panduan yang perlu Anda perhatikan:

– Ruang di depan keyboard harus cukup untuk memberi tempat bagi tangan dan lengan karyawan sehingga bisa mengetik dengan nyaman

– Pilih keyboard yang menyerap cahaya sehingga bisa menghindari terjadinya silau pantulan dari sinar lampu atau lainnya.

– Pastikan simbol pada tombol keyborad harus kontras dan dapat dibaca. Dengan begitu, karyawan bisa bekerja dengan lebih nyaman untuk mengurangi kemungkinan salah ketik.

  1. Gunakan Kursi yang Ergonomis

Supaya karyawan tidak sampai mudah sakit punggung, perusahaan perlu memfasilitasi dengan memberikan kursi yang ergonomis. Sehingga bagi karyawan yang harus duduk berjam-jam di depan layar monitor tetap dapat bekerja dengan aman. Berikut ini yang perlu diperhatikan perusahaan terkait dengan pemilihan kursi kerja karyawan:

– meja kerja harus cukup besar, dengan permukaan yang tidak memantulkan cahaya dan memungkinkan pengaturan layar, keyboard, dokumen dan peralatan terkait secara fleksibel.

– Harus ada ruang yang cukup bagi pekerja untuk menemukan posisi yang nyaman dalam bekerja.

– Kursi kerja harus stabil dan memungkinkan operator mudah dalam bergerak dan mencari posisi yang paling nyaman.

– Kursi harus dapat disesuaikan ketinggiannya maupun kemiringannya.

– Bila diperlukan, ada pijakan kaki pada kursi bagi karyawan yang membutuhkannya

 

  1. Pengaturan Cahaya di Kantor

Pertimbangan penting lainnya adalah kondisi pencahayaan di tempat kerja. Perlu diatur agar kondisi tempat kerja terang dan karyawan bisa dengan jelas melihat layar monitor saat bekerja. Yang perlu diperhatikan juga dalam pemasangan lampu di ruangan kantor ini adalah cegah kemungkinan cahaya silau yang bisa mengganggu layar pekerja. Untuk itu, perlu dikoordinasikan pemasangan lampu ini dengan pengaturan (layout) tempat kerja.

Mengenai pengaturan cahaya ini bukan cuma mengandalkan dari cahaya lampu. Tapi juga perlu diatur dengan memanfaatkan cahaya alami. Untuk itu, perlu diperhatikan mengenai pengaturan atau pemilihan letak jendela pada ruang kantor.

 

  1. Lakukan Pemeriksaan Mata

Bila perlu, perusahaan secara rutin perlu memfasilitasi pengetesan mata bagi karyawan yang bekerja di depan monitor dalam durasi waktu yang lama. Yang perlu diperiksa adalah:

– Kondisi mata sebelum bekerja di depan layar komputer

– Kondisi mata setelah beberapa waktu bekerja

– Dan jika karyawan mengalami kesulitan untuk melihat layar monitor

Bukan hanya karyawan berhak mendapatkan pemeriksaan mata gratis, tapi perusahaan juga perlu memberikan kacamata untuk bekerja yang sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan.

Nah, itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan karyawan yang bekerja di dalam kantor. Anda bisa praktekkan tips ini di tempat kerja Anda.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 179 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.