7 Penyebab Umum Kecelakaan Kerja dari Faktor Manusia

penyebab kecelakaan kerja faktor manusia
Image via ReleaseInsider.com

penyebab umum kecelakaan kerja dari faktor manusia – “Lebih baik berhati-hati berulang kali daripada terbunuh sekali.” Ya ungkapan ini penting direnungi agar karyawan atau pekerja harus selalu berhati-hati agar tidak sampai membuat kecerobohan yang membuat celaka diri sendiri maupun orang lain.

Menurut sebuah data, sebanyak 80 dari 100 kecelakaan yang terjadi di tempat kerja disebabkan karena faktor kesalahan manusianya. Fakta ini menunjukkan bahwa pekerja tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat sebelum bekerja. Atau bisa juga pekerja malas untuk melakukan hal tersebut. Padahal tentu tindakan pencegahan lebih baik dibanding harus mengobati.

Mungkin bagi para pekerja, kegiatan untuk mengikuti prosedur kerja itu terasa membuang-buang waktu dan membosankan. Namun jika melihat data di atas dimana faktor penyebab kecelakaan kerja mayoritas disebabkan kesalahan manusianya sendiri, maka hal itu jelas tak boleh diabaikan. Kelalaian diri sendiri untuk bersikap disiplin dan patuh pada peraturan dan prosedur yang ada bisa berdampak negatif pada diri sendiri maupun orang lain.

Penyebab Umum Kecelakaan Kerja dari Faktor Manusia

– Suka Ambil Jalan Pintas

Manusia memang terkadang suka cari cara mudahnya. Sehingga kemudian mengambil jalan pintas saat melakukan sebuah pekerjaan. Padahal itu sangatlah berbahaya. Apalagi ketika pekerja ini bekerja di dekat mesin-mesin yang sedang beroperasi atau dengan bahan kimia yang mematikan. Hanya memilih cara gampangnya bisa menjadi bahaya yang mematikan. Dengan begitu bisa dikatakan kalau jalan pintas yang dipilih pekerja hanya akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan kerja.

– Terlalu Percaya Diri

Terkadang ada pekerja yang over confidence. Sikap semacam ini tidak baik karena bisa membuat pekerja suka menggampangkan. Akibatnya, pekerja pun kurang waspada dan melakukan prosedur yang salah. Hal itu bisa berdampak pada peningkatan resiko kecelakaan kerja.

– Tidak Rapinya Tempat Kerja

Kerapian tempat kerja sangat dibutuhkan untuk membuat segalanya menjadi teratur. Dengan tempat kerja yang rapi dan teratur, proses bekerja pun akan terasa lebih nyaman. Sebaliknya jika kondisi tempat kerja semrawut, hal itu secara tidak langsung menimbulkan potensi bahaya bagi pekerja. Oleh karenanya, pihak perusahaan harus memastikan tempat kerja selalu terjaga kerapiannya. Pekerja pun harus ikut menjaga agar kondisi tempat kerja selalu nyaman dan aman.

– Memulai Pekerjaan Tanpa Tahu Betul Semua Informasi yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan pekerjaan, pastikan pekerja harus tahu semua informasi yang diperlukan. Dengan begitu, pekerja tahu apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana situasi kerja yang mungkin dihadapi. Pekerja yang memulai pekerjaan tanpa informasi yang lengkap, akan kebingungan nantinya. Sehingga kemungkinan akan bisa melanggar prosedur atau juga memperlambat proses kerja. Karena itulah, sebaiknya jika belum memperoleh info lengkap mengenai pekerjaan yang harus dilakukan, pekerja tidak memulai lebih dulu. lebih baik bertanya untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan.

– Sengaja Mengabaikan Prosedur Keselamatan Kerja

Ini mungkin penyebab kecelakaan kerja terburuk dilihat dari sisi karyawan sendiri. Sebab prosedur kerja dibuat untuk mengamankan jiwa pekerja, namun secara sengaja hal itu dilanggar oleh pekerja sendiri. Pengabaian prosedur keselamatan kerja ini bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga membahayakan pekerja di sekitarnya. Karena itulah prosedur keselamatan kerja harus selalu dipatuhi

– Mengalami Gangguan Mental

Faktor manusia lainnya yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja adalah ketika manusia mengalami masalah mental. Ya, benar, tiap orang memiliki masalah pribadi. Hal itu kadang mempengaruhi emosi dan suasana hati menjadi negatif.

Namun, seberat apapun hal itu, jangan sampai masalah pribadi itu dibawa ke tempat kerja. Sebab hal itu bisa membuat pekerja menjadi tidak fokus dan kurang konsentrasi yang bisa membahayakan diri sendiri. Jika memang kondisi mental pekerja sedang tidak baik, lebih baik izin untuk tidak bekerja terlebih dulu untuk menenangkan diri.

– Kurang Persiapan

Tanpa persiapan yang baik, sama halnya seseorang sedang merencanakan kegagalan. Karena itulah, sebelum melakukan suatu pekerjaan, pekerja harus sudah siap apa saja yang perlu dipersiapkan. Setelah persiapan sudah selesai dilakukan, barulah proses pekerjaan itu bisa dilakukan.

Ya, itulah beberapa faktor penyebab kecelakaan kerja yang berasal dari SDM-nya sendiri. Faktor-faktor inilah yang paling sering terjadi dan kemudian menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Untuk itu, perlu kesadaran semua pihak, pekerja dan pengusaha, untuk terus mengingatkan bahwa keselamatan adalah yang utama. Jangan sampai karena kelalaian diri sendiri kemudian membuat sesal yang tak berguna.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 157 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.