7 Tips Aman dalam Bekerja Saat New Normal

tips aman bekerja saat new normal
Image via traveloka.com

Saat ini pada belahan dunia manapun memang sedang merasakan sebuah masalah yaitu pademi corona atau COVID-19. Dimana pandemi tersebut memberikan berbagai dampak yang signifikan, mulai dari kematian massal manusia, bangkrutnya perusahaan besar, turunnya roda perekonomian dari berbagai aspek, phk massal, keterbatasan untuk melakukan kontak fisik, aktivitas menjadi lebih terganggu dan terbatas, bepergian menjadi terhalang, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini sangatlah mengganggu sekali bukan. Akan tetapi saat ini pemerintah memang sedang melakukan berbagai upaya untuk kembali ke keadaan normal kembali. Lantas bagaimana Tips Aman dalam Bekerja Saat New Normal. Berikut adalah penjelasannya.

Menyiapkan mental

Tips Aman dalam Bekerja Saat New Normal yang pertama dan harus dilakukan adalah menyiapkan mental diri anda. Karena memang semakin lama semakin tinggi jumlah dari penderita COVID-19 ini membuat kita menjadi lebih cemas dan was-was ketika melakukan kegiatan diluar rumah. Tentunya hal yang bisa membantu kita ketika berada di kegiatan diluar rumah adalah menyiapkan mental diri kita. Energi positif harus kita miliki dan tetap dalam kondisi mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah dan pihak kesehatan.

Menyiapkan beberapa barang dukungan untuk era new normal

Melakukan segala aktivitas di tengah pandemi memanglah bukan suatu hal yang mudah. Tentunya banyak hal yang tersendat dan juga tidak bisa bergerak bebas. Tentunya pemerintah dan juga berbagai pihak kesehatan sudah memberikan beberapa himbauan kepada kita terkait dengan protokol kesehatan. Jika kita sedang melakukan kegiatan diluar rumah hendaklah menggunakan barang dukungan seperti penggunaan masker, membawa hand sanitizer pribadi, menggunakan face shield, membawa bekal dari rumah, menggunakan alat ibadah pribadi. Tentunya dengan beberapa barang tersebut kita semua bisa terjaga kesehatan dan paling tidak sudah melakukan suatu gerakan pencegahan penularan virus COVID-19.

Tetap jaga jarak dengan orang lain

Melakukan kegiatan berkumpul bersama teman kantor setelah pulang kerja atau ketika jam makan siang merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi jika anda adalah salah satu orang yang melakukan hal tersebut maka sebaiknya sedikit hindari dulu kerumunan dan juga kegiatan berkumpul dengan teman anda. Karena memang anda tidak mengetahui siapa dari rekan anda yang memiliki potensi terjangkit virus COVID-19. Maka dari itu sebisa mungkin untuk menghindari kerumunan. Selain itu jika memang ada keperluan mendesak yang mengharuskan anda datang ke suatu tempat ramai maka jaga jarak dengan orang lain dalam jangkauan jarak 1 meter. Sangat dianjurkan untuk tidak melakukan kontak fisik seperti berjabat tangan dengan orang lain. 

Menggunakan alat pembayaran digital

Untuk memutuskan rantai penularan virus covid-19 harus dilakukan sebuah gerakan nyata walaupun dalam bentuk kecil. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembayaran digital ya walaupun tidak semua tempat memberlakukan pembayaran dengan sistem tersebut. Paling tidak upayakan dahulu untuk membayar dengan sistem digital dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Karena memang salah satu media yang bisa menjadi alat untuk penularan virus COVID-19 adalah uang. 

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh kita memanglah salah satu hal yang bisa mencegah penularan COVID-19. Tentunya untuk bisa menjaga sistem kekebalan tubuh diperlukan beberapa tindakan khusus seperti menjaga pola makan, menerapkan jam istirahat yang cukup, mengkonsumsi beberapa multivitamin sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Selain itu cairan yang ada didalam tubuh kita hendaknya juga harus terpenuhi selalu. Selalu lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap terasa bugar. 

Bekerja dirumah ketika anda merasa sakit

Walaupun kita sudah menjaga sistem kekebalan tubuh akan tetapi mungkin karena pergantian musim maka kita jadi lebih rentan terkena penyakit ringan. Nah jika anda sakit maka sebaiknya anda melakukan pekerjaan dirumah atau WFH. Selain menjaga diri anda sendiri tentunya kegiatan tersebut adalah bentuk toleransi nyata untuk mencegah terjadinya penularan virus COVID-19. 

Melakukan etika batuk

Sebenarnya etika batuk dari dahulu sudah sangat dianjurkan untuk dilakukan. Akan tetapi banyak orang mengabaikan. Sebaiknya ketika anda dirumah dan tidak mengenakan masker dan seketika itu anda batuk lakukanlah etika batuk dengan benar. Tutuplah bagian mulut sampai pada bagian hidung anda dengan menggunakan tisu. Jika batuk anda sudah selesai maka anda bisa membuang tisu tersebut dengan dibungkus menggunakan plastik. 

Beberapa hal diatas merupakan Tips Aman dalam Bekerja Saat New Normal yang bisa anda lakukan. Mulailah dari diri kita sendiri untuk melakukan pencegahan maka orang lain akan mengikuti apa yang kita lakukan. 

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 193 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*