8 Safety Tips agar Selamat dan Aman di Tempat Kerja

safety tips di tempat kerja
Image via keystonetrust.org.nz

safety tips di tempat kerja – Keselamatan dan kesehatan kerja harus kian dibudayakan. Sebab ini sudah merupakan kebutuhan kita semua untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Bukan hanya karena adanya audit keselamatan. Tapi lebih karena kesadaran tiap individu maupun perusahaan untuk membuat tempat kerja tanpa resiko kecelakaan tinggi.

Nah, untuk menciptakan hal itu, ada prinsip penting yang perlu diingat setiap pekerja. Dengan mengingat hal ini, kemungkinan besar kecelakaan kerja itu dapat dicegah. Berikut ini prinsip-prinsip penting tersebut.

Tips 1: Jangan pernah melakukan sebuah tugas yang Anda belum pernah dilatih untuk melakukannya.

Mungkin Anda berpikir bisa melakukannya. Tapi selama Anda belum yakin dan belum pernah melakukan pekerjaan itu sebelumnya, sebaiknya tidak memaksakan diri. Alih-alih ingin menunjukkan kalau diri anda hebat, justru celaka yang bisa Anda terima.

Oleh karenanya, camkan baik-baik prinsip ini. Agar Anda tidak bertindak sembrono atau sok tahu di tempat kerja. Lebih baik mengaku tidak tahu dan belajar lebih dulu daripada harus celaka karena bertindak seenaknya.

Tips 2: Tahu apa yang harus dilakukan ketika dalam kondisi darurat

Misalkan saja ada kebakaran, Anda bisa cari pintu darurat untuk menyelamatakan diri. Petugas yang terkait pun harus sesegera mungkin berusaha memadamkan api dengan peralatan pengaman yang tersedia.

Untuk itu, anda harus selalu mawas diri dan bertindak seperti prosedur dalam kondisi darurat. Misalnya dengan langsung menghubungi nomor darurat yang tersedia. Anda pun harus memastikan semua alat atau sarana pengamanan itu berfungsi dengan baik. sehingga jika ada kondisi darurat yang mengharuskan untuk dipakai, bisa langsung melakukannya.

Tips 3: Tidak boleh memasuki daerah Terbatas (Restricted Area) Tanpa Ijin

Ini aturan tegas yang harus dipatuhi semua pihak. Sebuah area terbatas dibuat karena memang ada potensi hal berbahaya yang ada dalam tempat tersbeut. Untuk itu, Anda pun tak perlu untuk coba-coba untuk memasukinya tanpa ijin dan tanpa kepentingan.

Pembuatan larangan untuk memasuki sebuah area terbatas itu tak lain juga demi keamanan dan keselamatan bersama. Untuk itu, aturan ini perlu kita patuhi.

Tips 4: Selalu Cek Sebelum Bekerja

Tiap kali sebelum bekerja, selalu periksa peralatan atau mesin berfungsi dengan baik. Jangan pernah memaksakan diri menggunakan mesin atau peralatan yang tidak dapat bekerja dengan normal. Karena itu sama saja dengan membuat bahaya mengintai diri kita sendiri.

Patuhi cara pemakaian peralatan atau mesin, sehingga alat tersebut juga dapat awet. Begitupun ketika misalnya mengendarai sebuah kendaraan, sabuk pengaman harus selalu dipakai, batas kecepatan dan peraturan juga harus diperhatikan.

Tips 5: Jangan pernah bekerja di ketinggian tanpa pelatihan

Jika sebelumnya Anda belum pernah bekerja di ketinggian, jangan pernah memaksakan diri untuk bekerja ketinggian. Sebab itu membahayakan diri Anda sendiri. Kemudian kalau Anda sudah terlatih bekerja di ketinggian, Anda tetap harus ikuti dan gunakan peralatan pengaman yang tersedia. Jangan mentang-mentang karena sudah berpengalaman lalu Anda merasa tak perlu memakai alat pengaman. Sebab tak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat Anda berada di ketinggian. Dengan menggunakan alat pengaman itu, dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Tips 6: Pastikan Semua Sumber Energi Aman

Seperti misalnya listrik. Sebelum kita menggunakan listrik untuk keperluan pekerjan, kita harus pastikan memang aliran listrik itu aman bagi kita. Kita harus memastikannya agar saat bekerja kita pun merasa aman.

Tips 7: Lakukan sesuai Kemampuan Peralatan

Jangan pernah memaksakan untuk menggunakan peralatan melebihi kapasitas kemampuan. Misalkan Anda mengoperasikan sebuah alat untuk mengangkat barang. Benda yang Anda angkat itu harus sesuai dengan kemampuan peralatan tersebut. Dengan begitu, proses kerja pun berlangsung dengan aman dan peralatan juga lebih awet, tidak gampang rusak.

Tips 8: Sadar untuk Selalu Bekerja dengan Aman

Setiap pekerja harus memiliki kesadaran untuk membuat lingkungan kerja yang aman. Begitupun ketika ada pekerja lainnya yang terlihat melanggar peraturan, kita jangan segan-segan untuk menegurnya atau melaporkannya ke pengawas. Demi keamanan dan keselamatan bersama.

Ya, inilah delapan prinsip penting yang harus dijiwai oleh tiap karyawan. Supaya lingkungan kerja yang aman, bersih, dan sehat seperti yang diinginkan kita semua, dapat terwujud.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 174 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

2 Comments

  1. Selamat sore mas armein,
    boleh tanya bisakah info mailis tentang update perundang-undangan atau portal yang update tentang hal itu

    • Halo mas Edi, Terima kasih sudah komen di blog saya. Mungkin bisa coba cek di katigaku.top atau di safetynet.asia, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.