Akibat Kecelakaan Kerja Terhadap Karyawan

kecelakaan kerja

Apa akibat dari kecelakaan kerja terhadap karyawan, keluarga, keluarga, perusahaan dan masyarakat ?

Terjadinya kecelakaan kerja berpengaruh buruk bukan hanya bagi karyawan yang mengalami kecelakaan, tapi perusahaan dan masyarakat juga terkena imbasnya. Bagaimana bisa?

Mungkin Anda mengira kalau hanya karyawan dan perusahaan saja yang terkena dampaknya. Sementara masyarakat tidak. Padahal masyarakat pun akan ikut merasakan akibat dari terjadinya kecelakaan kerja tersebut, walau secara tidak langsung. Untuk itulah, kecelakaan kerja harus ditekan seminimal mungkin supaya dampak tersebut tidak perlu terjadi.

Nah untuk lebih tahu bagaiman pengaruh kecelakaan kerja terhadap tiap unsur tersebut, berikut ini penjelasannya.

  1. Bagi Karyawan

Karyawan jelas menjadi unsur yang merasakan langsung akibat dari kecelakaan kerja. Serendah apapun level kecelakaan kerja yang terjadi, pasti hal itu akan berpengaruh negatif pada karyawan. Apalagi jika kecelakaan yang terjadi termasuk kategori berat, maka akan makin parah dampaknya bagi karyawan.

Beberapa akibat yang dirasakan oleh pegawai yang mengalami kecelakaan kerja di antaranya:

  • Kematian jika memang kecelakaan yang terjadi masuk kategori super berat
  • Cacat jika sampai kecelakaan tersebut membuat anggota atau organ tubuh tertentu menjadi tidak berfungsi secara normal.
  • Cedera jika jenis kecelakaan kerja yang terjadi masuk ketegori sedang atau ringan. Namun pada akibat ini tidak sampai mengakibatkan terjadinya cacat fisik.
  • Mengakibatkan stres, trauma, atau masalah kejiwaan. Sisi psikologis karyawan menjadi tertekan setelah mengalami kecelakaan kerja.
  • Produktivitas karyawan pun menjadi terhambat selama proses pemulihan. Atau jika sampai mengalami cacat fisik, berarti karyawan tersebut tak dapat lagi bekerja secara normal seperti sebelumnya.
  1. Bagi Keluarga Karyawan

Keluarga karyawan pun menjadi pihak yang terkena dampak langsung dari terjadinya kecelakaan kerja. Jelas semua keluarga ingin agar hal ini tak sampai terjadi. Apalagi jika anggota keluarga ini menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga. Dampak ekonomi bakal langsung dirasakan keluarga tersebut.

Jika sampai terjadi kecelakaan, maka akibat yang harus ditanggung keluarga karyawan, di antaranya meliputi:

  • Rasa sedih yang mendalam karena kecelakaan yang menimpa anggota keluarga
  • Menurunnya penghasilan yang diperoleh keluarga
  • Turunnya standar hidup keluarga
  • Berpotensi mengakibatkan terjadinya keretakan rumah tangga dan membuat suasana yang tidak harmonis.
  1. Bagi Perusahaan

Perusahaan pun ikut merasakan dampak dari terjadinya kecelakaan kerja. Meski mungkin perusahaan bisa mencari karyawan pengganti, tapi tetap saja dampak kecelakaan kerja itu harus dirasakan lebih dulu.

Beberapa akibat yang dirasakan perusahaan jika terjadi kecelakaan kerja, di antaranya

  • Turunnya produktivitas perusahaan atau menjadi lambatnya produksi
  • Perusahaan harus mengeluarkan biaya pengobatan bagi karyawan
  • Perusahaan juga harus mengeluarkan ganti rugi
  • Jika kecelakaan kerja termasuk berat, bisa mengakibatkan rusaknya peralatan atau bangunan yang merupakan aset perusahaan. Jelas, perusahaan harus menanggung biaya perbaikannya.
  • Kecelakaan kerja itu juga mungkin membuat rusaknya produk dan bahan-bahan
  • Ada upah yang harus dibayarkan perusahaan selama karyawan belum bisa bekerja lagi.
  • Berpotensi mengakibatkan turunnya kemampuan karyawan setelah kembali bisa bekerja. Bisa karena kondisi fisik yang tidak senormal sebelumnya maupun turunnya semagat kerja karyawan. Dengan kata lain, hal ini berpengaruh terhadap produktivitas pabrik.
  • Jika ingin merekrut pekerja atau karyawan baru, perusahaan pun perlu mengeluarkan biaya lagi. Baik untuk biaya rekrutmen maupun biaya untuk melatih pekerja baru.
  1. Bagi Masyarakat

Secara tidak langsung, masyarakat juga ikut terkena dampak negatif dari kecelakaan kerja. Walau kecelakaan yang terjadi dalam skala kecil, tapi sedikit banyak masyarakat ikut merasakan pengaruhnya.

Akibat yang dirasakan masyarakat itu dapat berupa:

  • Timbulnya korban jiwa / cacat / cidera yang nantinya secara langsung akan berpengaruh terhadap masyarakat tempat korban tinggal.
  • Karena produktivitas perusahaan yang terhambatnya, maka kebutuhan masyarakat akan produk dari perusahaan itu juga ikut terhambat.

Mengingat begitu banyaknya akibat yang dirasakan kecelakaan kerja ini, maka wajib bagi kita semua untuk mencegahnya. Agar jangan sampai kecelakaan ini terjadi. Tiap pihak bisa berkontribusi untuk mewujudkannya, sesuai perannya masing-masing.

  1. Bagi karyawan agar selalu berhati-hati dan mengikuti peraturan dan SOP saat bekerja
  2. Keluarga karyawan pun wajib untuk selalu mengingatkan anggota keluarga agar selalu waspada saat bekerja.
  3. Perusahaan berperan besar mencegah terjadinya kecelakaan kerja itu melalui peraturan, tata terbit dan standar operational procedure yang dikeluarkannya. Pembuatan lingkungan kerja yang ideal juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.
  4. Masyarakat juga dapat ikut serta berperan dalam terciptanya keselamatan kerja dengan menciptakan suatu budaya yang patuh pada aturan. Sehingga kebiasaan ini pun akan terbawa oleh anggota masyarakat ke lingkungan kerja.
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.