Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja?

cara mencegah kecelakaan kerja
Image via Cermati.com

cara mencegah kecelakaan kerja – Kecelakaan kerja bisa dicegah kalau kita memiliki kemauan untuk mencegahnya. Untuk itu, kita bisa meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja dengan melakukan pencegahan pada tiap komponen yang bersinggungan dengan kegiatan bekerja. Berikut ini penjelasannya.

  1. Faktor Pekerja

Pekerja memegang peran penting agar kecelakaan tidak sampai terjadi. Untuk itu, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dari sisi karyawan.

– Perusahaan membuat aturan kerja yang jelas, lengkap, dan harus dipatuhi oleh semua pekerja. Supaya pekerja dapat melakukannya dengan sungguh-sungguh supaya tak perlu sampai terjadi kecelakaan.

– Pekerja harus selalu berkonsentrasi saat bekerja. Pekerja bersikap profesional dan mampu fokus saat bekerja.

– Pekerja memiliki kompetensi untuk melakukan pekerjaan. Pekerjaan harus dilakukan oleh karyawan yang memang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

– Pekerja harus selalu disiplin dalam bekerja. Agar proses kerja di perushaaan dapat berlangsung dengan baik. Bagi yang melanggar, perusahaan harus memberi peringatan atau teguran pada pekerja. Jika sampai batas tertentu masih terus dilanggar, perusahaan harus tegas memberikan sanksi.

– Sifat pekerja yang tidak stabil. Misalkan saja pekerja memiliki sifat yang labil, gampang marah, dan suka tersinggung. Hal ini tentu bisa berakibat pada terciptanya lingkungan kerja yang tidak ideal. Untuk itu, perusahaan sejak awal sudah harus menerapkan filter yang ketat saat melakukan pembukaan lowongan kerja baru. Sehingga sifat calon pekerja yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, bisa dieliminasi.

– Pekerja harus selalu menjaga kondisi kesehatan agar sehat. Bila perlu, perusahaan bisa mengecek kondisi karyawan saat hendak bekerja. Hal ini perlu dilakukan agar pekerja memang benar-benar siap untuk pekerja. perusahaan juga perlu menyiapkan klinik kesehatan agar jika ada kondisi tertentu yang membuat kesehatan pekerja menurun, bisa langsung dilakukan penanganan.

– Pekerja harus terampil dan berpengalaman. Sebab itu berpengaruh terhadap minimnya kecelakaan yang terjadi. Perusahaan bisa memberikan training untuk peningkatan kualitas pekerja itu sendiri. Begitupun dengan karyawan sendiri, juga perlu terus meningkatkan kemampuan dirinya.

– Pekerja menghindarkan diri dari tindakan suka main-main atau iseng. Maupun dengan tindakan yang mencoba cara paling gampangnya saja dengan mengabaikan prosedur. Hal ini potensial mendatangkan terjadinya kecelakaan.

– Pengawasan terhadap pekerja harus terus ditingkatkan. Dengan begitu, proses pencegahan bisa berlangsung secara efektif dan menghasilkan dampak besar.

– Pemberian bonus atau insentif juga dapat dilakukan perusahaan. Dengan begitu diharapkan karyawan bisa lebih patuh dalam mengikuti aturan perusahaan dan pada akhirnya mencegah terjadinya kecelakaan.

  1. Faktor Tempat Kerja

Tempat kerja yang ideal juga perlu diperhatikan. Agar sisi keselamatan dan keamanan pekerja bisa tercapai secara optimal. Untuk itu, perusahaan perlu membuat lingkungan kerja yang baik yang memenuhi syarat tempat kerja ideal.

Berikut ini beberapa syarat untuk tempat kerja yang baik.

– Penerangan yang baik. Cahaya dalam lingkungan kerja cukup. Tidak terlalu terang maupun terlalu gelap. Selain menggunakan penerangan alami dari luar ruangan, bila diperlukan juga dapat digunakan penerangan dengan menggunakan lampu.

– Ventilasi atau saluran udara juga harus mengalir lancar. Dengan begitu bekerja bisa menghirup udara yang segar dengan baik tanpa hambatan. Maka, penting bagi perusahaan saat hendak membangun sebuah gedung atau tempat kerja, untuk memperhatikan hal ini.

– Suhu udara tidak panas atau dingin. Suhu dalam tempat kerja harus nyaman. Sehingga pekerja tidak merasa kegerahan atau kedinginan.

– Sanitasi juga harus mendapat perhatian. Agar tempat kerja selalu bersih dengan udara yang baik. Tidak tercium udara yang berbau busuk. Pekerja pun pasti bisa lebih maksimal dengan bekerja di tempat yang seperti ini.

  1. Faktor Peralatan, Mesin, dan Perkakas Kerja

Peralatan kerja juga memegang faktor penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Dengan memiliki peralatan yang berkualitas baik dan mampu berfungsi dengan baik, pekerja pun saat menggunakannya bisa lancar melaksanakan pekerjaan. Kualitas pekerjaan pun terjamin baik dengan tingkat keamanan seperti diharapkan.

Untuk faktor ini, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaganya agar tetap sesuai standar adalah seperti berikut.

– Peralatan memiliki pelindung yang baik. Sehingga saat digunakan pekerja tidak melukai atau berakibat buruk bagi pekerja.

– Peralatan harus memiliki tempat tersendiri yang baik. Supaya lebih awet dan dapat berkinerja optimal saat digunakan.

– Perkakas kerja harus tepat ukurannya. Misalkan sarung tangan, kacamata, helm dipakai yang ukurannya sesuai dengan pekerja.

Ya, itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Dengan konsisten melaksanakan peningkatan pada ketiga komponen ini, harapannya kecelakaan kerja tak perlu terjadi lagi.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 157 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.