Berbagai Jenis Alat Pelindung Mata dan Fungsinya

jenis alat pelindung mata dan fungsinya
Image via tobitengineers.com

jenis alat pelindung mata – Informasi berikut adalah mengenai berbagai jenis alat pelindung mata dan fungsinya untuk para pekerja. Pengetahuan ini merupakan pengetahuan yang wajib di ketahui dan juga di gunakan bagi pekerja sebagai standar keselamatan kerja. Apa saja? Berikut ulasannya.

Jenis dan fungsi pelindung mata bagi pekerja

Ada banyak jenis pekerjaan, diantaranya ada yang memiliki banyak risiko kecelakaan dan membahayakan bagi diri. Salah satunya adalah pekerjaan dengan risiko keselamatan mata. Mata merupakan bagian atau organ yang sangat penting, jika mata terluka bahkan hingga buta maka akan sulit bagi anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu apa saja jenis pelindung mata ini? Berikut ulasannya.

  • Safety spectacles

Salah satu jenis alat pelindung mata untuk para pekerja adalah safety spectacles atau kacamata keselamatan. Kacamata ini tersedia dalam lensa plano dan juga lensa Rx. Lensa plano biasanya digunakan untuk pekerja yang memiliki mata normal tidak memiliki cacat miopi atau hipermiopi, ia memiliki bentuk yang melengkung sesuai dengan bentuk wajah untuk perlindungan yang lebih baik. Selain itu, kacamata ini dapat di buat dengan atau tanpa menggunakan lensa filter dan mudah di lepas dan di pasang kembali. Untuk anda yang memiliki mata dengan masalah miopi atau hipermiopi anda juga bisa menggunakan jenis safety spectacle dengan lensa Rx. Lensa RX untuk kacamata keselamatan ini juga tersedia dengan lensa filter atau tidak dan dapat juga di ganti dengan mudah.

Jenis kacamata keselamatan juga ada banyak modelnya. Ada yang mode biasa dan ada juga yang memiliki model frame yang berbeda. Frame untuk kacamata keselamatan bisa di temukan dalam dengan lengan kacamata berbentuk spatula dan ada juga yang bentuknya kabel yang lebih ramping. Anda juga bisa menemukannya dalam bentuk headband dimana antara lensa dihubungkan dengan karet yang melingkar ke belakang. Modal kacamata yang seperti ini dianggap lebih aman karena dapat melindungi lebih sempurna.

  • Side Shields

Salah satu dari berbagai jenis alat pelindung mata dan fungsinya adalah side shields. Jenis ini adalah jenis kacamata keselamatan yang dilengkapi dengan pelindung samping. Jenis kacamata ini juga dapat melindungi dengan lebih baik karena jangkauan perlindungannya lebih besar.

  • Safety Goggle

Selain kacamata anda juga bisa menemukan pelindung mata dengan bentuk goggles. Anda bisa menemukan jenis pelindung mata ini dengan bentuk cup atau cover.cup biasanya akan melindungi bagian mata saja sedangkan untuk jenis cover dapat melindungi hampir seluruh bagan bagian wajah atas. Safety goggle yang memiliki jenis cover biasanya juga dilengkapi dengan ventilasi berupa lubang-lubang kecil di bagian samping sehingga bagian mata atas tidak berkeringat karena kekurangan oksigen.

  • Face shiled

Jika anda memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan api, mungkin pelindung yang satu ini dapat melindungi anda dengan lebih baik. Face shiled tidak hanya melindungi bagian mata anda tapi juga seluruh wajah. Pelindung ini terdiri dari helm dan juga kaca yang membentuk melingkar di bagian wajah. Hal ini membuat kacamata jenis ini menjadi kacamata yang sangat aman untuk digunakan.

  • Wire screen window

Jenis lain dari pelindung yang cukup mirip dengan face shield adalah wire screen window. Kedua jenis pelindung yang satu ini memiliki fungsi dan bentuk yang cukup mirip. Hanya saja, pada wire screen window pelindung tidak terbuat dari kaca tapi dari jaring-jaring yang rekat. Fungsinya adalah melindungi wajah dari bahan-bahan yang berbahaya seperti cairan dan juga bahan kimia.

Memilih pelindung mata yang tepat

Bagi anda yang membutuhkan kacamata pelindung di atas ada beberapa tips bagi anda dalam memilih perangkat perang anda di tempat kerja. Apa saja? Berikut ulasannya.

  • Standar pada lensa dan frame.

Ketika anda akan memilih kacamata atau pelindung mata, pastikan produk yang anda pilih memiliki standar Z87.1. Standar ini akan membantu anda memilih pelindung mata yang sudah pasti berkualitas.

  • Jenis lensa.

Selain standarnya, pilih juga lensa yang terbuat dari bahan polikarbonat atau jenis lensa trivex. Jenis lensa tersebut biasanya dapat memberikan perlindungan yang terbaik.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan kerja

Untuk memilih berbagai jenis alat pelindung mata dan fungsinya tentukan dahulu apa saja bahaya yang mungkin terjadi pada anda di tempat kerja dan pilih yang paling sesuai untuk perlindungan.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 154 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.