Cara Mencegah Bahaya Kebakaran di Rumah

cara mencegah bahaya kebakaran di rumah
image via dapurmodern.org

cara mencegah bahaya kebakaran di rumah – Kebakaran rumah merupakan salah satu hal yang paling ditakuti setiap orang. Kendati hal tersebut bisa dicegah tetapi kita tidak pernah tahu kapan musibah tersebut akan datang. Hal itu bukan tanpa sebab karena tidak jarang akibat lalai, kebakaran rumah Dapat memakan korban Dan inilah cara mencegah bahaya kebakaran di rumah yang bisa anda lakukan.

Cara Mencegah Kebakaran Rumah

Musibah memang tidak pernah ada yang tahu kapan akan datang kepada kita tetapi Kendati demikian anda tetap bisa mencegah musibah tersebut agar risiko terjadinya lebih kecil seperti melakukan Pencegahan untuk kebakaran di rumah. Simak ulasan berikut ini.

  1. Jauhkan  Pemantik Api Dan Barang Mudah Terbakar Dari Anak-anak

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah adalah dengan cara menjauhkan pemantik api ataupun barang yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak. Hal ini bukan tanpa sebab karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi dan bahkan tidak jarang untuk tidak peduli dengan bahaya.

Di sinilah para orang tua dan siapapun untuk lebih berhati-hati dalam menaruh alat pemantik api ataupun barang-barang yang mudah terbakar jauh dari jangkauan anak-anak. Ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah.

  1. Jauhkan Sumber Api Dengan Barang Yang Mudah Terbakar

Tak hanya itu menjauhkan sumber api dari barang-barang yang mudah terbakar adalah solusi untuk menghindarkan bahaya kebakaran rumah. Seperti anda bisa menjauhkan kompor dari bahan yang mudah terbakar seperti kertas. Atau Anda juga tidak boleh menaruh lilin di samping gorden. Apabila peletakan sumber Api yang salah tersebut tidak diawasi maka tidak mungkin akan menyebabkan kebakaran hebat dan didukung oleh adanya barang yang mudah dibakar.

  1. Menyediakan Alat Pemadam Kebakaran

Tak hanya itu cara lain yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari bahaya kebakaran rumah adalah dengan menyediakan alat pemadam kebakaran. Andai bisa memilih alat pemadam kebakaran yang berkualitas dan pastikan anda menaruh alat pemadam tersebut secara strategis. Kebakaran kecil yang terjadi di rumah Anda bisa teratasi dengan adanya alat pemadam api sehingga risiko kebakaran yang lebih parah akan segera ditanggulangi.

  1. Menggunakan Barang Elektronik Sewajarnya

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membatasi penggunaan barang elektronik. Tidak jarang penggunaan listrik secara paralel inilahyang menyebabkan terjadinya arus pendek sehingga bisa memicu terjadinya kebakaran di rumah.

Selain itu Anda juga harus membatasi adanya barang elektronik yang menyala dalam waktu yang lama. Hal ini juga dapat memicu adanya kebakaran karena peralatan tersebut mengalami overheat Selain itu tagihan listrik Anda juga akan meningkat.

  1. Memasang Alat Deteksi Asap

Cara yang satu ini mungkin sering diabaikan oleh banyak orang yakni memasang alat deteksi asap. Padahal Jika di rumah anda terdapat alat pendeteksi asap tentu kebakaran hebat akan terhindar dan ditanggulangi dengan cepat. Dengan adanya alat pendeteksi asap inilah Anda bisa lebih dengan cepat untuk menyelamatkan diri. Namun karena alasan biaya yang mahal, jarang sekali ditemukan rumah yang terpasang alat pendeteksi asap.

  1. Simpanlah barang berharga di dalam sebuah Brangkas

Memang tidak pernah ada yang tahu kapan rencana akan datang kepada anda termasuk dengan kebakaran dan di sinilah anda mungkin belum sempat untuk menyelamatkan barang-barang anda. Oleh sebab itulah agar barang-barang penting anda tidak harus dimakan api maka ada baiknya anda memiliki brankas yang tahan api.

Saat ini ada beragam jenis brankas tahan api dengan ukuran yang berbeda. Anda bisa menggunakan brankas tahan api tersebut untuk menyimpan barang penting seperti sertifikat tanah ataupun surat berharga lainnya.

  1. Selalu Periksa Dapur Sebelum Keluar

Dapur merupakan ruangan penting yang tidak boleh luput dari penjagaan anda karena di sinilah terdapat Sumber Api seperti kompor. Oleh sebab itulah Ketika anda hendak keluar rumah maka pastikan anda untuk memastikan apabila tidak ada sumber air yang hidup di dapur anda.

Hal ini karena kebanyakan kasus kebakaran terjadi akibat pemilik rumah yang lalai dalam mematikan sumber api di dapur.

Tidak ada yang tahu kapan musibah akan menimpa anda tetapi anda bisa menanggulanginya dalam berjaga-jaga termasuk menerapkan cara mencegah bahaya kebakaran di rumah.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 179 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.