Contoh Kegiatan Dalam Peringatan Bulan K3 Nasional

contoh kegiatan bulan k3 nasional
image via kemenkopmk.go.id

contoh kegiatan bulan K3 nasional – Bulan K3 nasional merupakan peringatan keselamatan dan kesehatan kerja nasional dan biasanya  diadakan  pada bulan Januari. Peringatan ini  ternyata juga bermanfaat dalam upaya  meningkatkan nasionalisme bagi  masyarakat Indonesia. Ada beragam cara yang digunakan untuk memperingati  BulanK3 dan berikut ini contoh kegiatan dalam peringatan bulan K3.

Kegiatan Peringatan K3 Nasional
Beragam cara bisa anda lakukan untuk memperingati acara bulan K3. Tidak jarang adanya peringatan  bulan K3  inilah biasanya dimanfaatkan oleh para perusahaan untuk meningkatkan kesadaran karyawan yang ada di perusahaannya akan pentingnya K3. Ingin memperingati bulan K3, berikut ini inspirasi kegiatannya.

1.     Mengadakan upacara peringatan bulan K3
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Bulan K3 ini adalah dengan melakukan upacara bendera. Kementerian tenaga kerja sendiri setelah melakukan upacara untuk memperingati Bulan K3 ini. Selama upacara, ada baiknya pembina upacara memberikan informasi mengenai pentingnya keselamatan saat bekerja. Selain itu secara tidak langsung dengan adanya upacara peringatan bulan K3 ini juga mampu  meningkatkan  nasionalisme di dalam jiwa seseorang.

2.     Melakukan Kampanye Keselamatan Dalam Berkendara
Tak hanya melakukan upacara bendera saja kampanye keselamatan darat berkendara juga bisa dilakukan. Setiap orang yang berkendara memang memiliki risiko kecelakaan tersendiri apabila tidak berhati-hati dalam berkendara. Di Indonesia sendiri angka kecelakaan transportasi tergolong masih tinggi.
Oleh sebab itulah perlu adanya kampanye keselamatan saat berkendara. Anda bersama tim bisa mengadakan kampanye keselamatan berkendara dengan memberikan teori dalam berkendara disertai dengan praktiknya ataupun simulasi. Dengan adanya simulasi inilah mereka akan lebih paham saat mempraktikkannya.

3.     Melakukan Kegiatan Lomba Tanggap Darurat
Kegiatan yang satu ini cukup mengasyikkan terlebih lagi bisa dilakukan untuk anak kecil sekaligus. Di mana anda bisa membuat lomba tanggap darurat seperti bagaimana cara menyelamatkan diri dari bencana alam seperti melakukan simulasi dalam menanggapi kebakaran gempa bumi atau lainnya.
Kegiatan yang satu ini biasanya juga dipilih oleh perusahaan untuk memberikan pengetahuan bagi para karyawannya. Ada beragam domba yang bisa dilakukan dan yang pasti akan memberikan pengalaman dan pengetahuan.

4.     Mengadakan Lomba Cerdas Cermat
Tak hanya itu kegiatan menarik lainnya yang bisa diadakan adalah dengan lomba cerdas cermat. Lomba cerdas cermat ini sendiri menjadi pilihan terbaik untuk menguji kemampuan dan pengetahuan seseorang. Sama seperti lomba cerdas cermat pada umumnya, para peserta harus bisa menjawab pertanyaan yang susah dijawab dengan cepat.
Pertanyaan yang diajukan haruslah pertanyaan mengenai seputar K3. Dengan adanya lomba mengenai K3 inilah akan memberikan dorongan tersendiri bagi para peserta untuk memahami lebih lanjut mengenai K3. Secara tidak langsung lomba ini juga akan mendatangkan kerumunan banyak sehingga mereka juga akan memahami seputar K3.

5.     Melakukan Social Experiment
Cara yang satu ini cukup unik di mana anda akan melakukan eksperimen sosial untuk mengetahui bagaimana reaksi orang lain. Sosial eksperimen ini juga untuk mengetahui seberapa sadarkah seseorang di lingkungan kerjanya.
Anda bisa melakukan sosial eksperimen seputar K3 di mana anda bisa melihat reaksi orang-orang yang melihat anda tidak sesuai dengan standar keselamatan. Seperti ketika anda tidak menggunakan safety helmet saat bekerja maka anda bisa mengetahui bagaimana reaksi mereka Apakah mereka akan menegur ataukah tidak.

6.     Melakukan Lomba Olahraga
Kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan untuk memperingati Bulan K3 adalah melakukan lomba olahraga. Beragam lomba bisa anda pilih seperti yang mengangkat tema kesehatan kerja. Anda bisa mengajak para karyawan anda untuk mengikuti lomba olahraga seperti voli, sepak bola atau jenis lomba lainnya.
Anda juga bisa memberikan pengetahuan hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan olahraga agar terhindar dari cedera seperti melakukan pemanasan terlebih dahulu. Selain itu kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah lomba kreatifitas untuk menciptakan media komunikasiK3.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat slogan slogan unik agar lebih sadar tentang pentingnya K3, dalam bentuk foto hingga video. Di sinilah tingkat kreativitas seseorang akan diuji.

Itulah beberapa contoh kegiatan dalam peringatan bulan K3 nasional dimana akan membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya keselamatan dalam bekerja.

Sumber:  katigaku.top

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 166 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.