Jenis-jenis HSE Meeting di Proyek Oil & Gas

hse meeting oil and gas
Image via qhse-caturelang.blogspot.co.id

HSE meeting adalah program penting untuk memastikan komunikasi atasan-pekerja dilakukan secara efektif dengan menggunakan jalur komunikasi yang tepat dan memungkinkan pekerja untuk berpartisipasi dan memberikan saran dan informasi penting terkait masalah keselamatan dan kesehatan kerja. Pertemuan ini juga dapat membantu untuk memperbaiki iklim komunikasi, mendorong semangat tim, dan meningkatkan peran kepemimpinan supervisor.

Untuk pelaksanaan HSE meeting di tempat kerja, maka pertemuan harus terorganisir dengan baik dan didokumentasikan pada saat periode pelaksanaan pekerjaan. HSE meeting bisa dijadwalkan harian, mingguan dan bulanan. Hal ini dipimpin oleh
Manajer Proyek KONTRAKTOR atau perwakilan harus dilibatkan termasuk perwakilan pekerja dari setiap departemen.
Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memastikan kesadaran tim untuk setiap potensi bahaya, risiko dan dampak yang mungkin hadir dalam basis pekerjaan mereka sendiri dan dapat mengembangkan kontrol dan penilaian metode pada proyek. Bila perlu, pertemuan tak terjadwal dapat diadakan untuk setiap kondisi kritis atau berbahaya (contoh: critical lifting, masuk ruang terbatas, insiden, dll). Hal ini didokumentasikan dan disimpan oleh perwakilan HSE di tempat kerja.

Berikut adalah jenis-jenis pertemuan / hse meeting yang umum dilakukan di proyek-proyek oil and gas, yaitu:

 

  • Daily Tool Box Meeting / Pre job Meeting

Tujuan dari toolbox meeting/ pre job meeting ini adalah untuk mengidentifikasi tugas atau pekerjaan sehari-hari dari setiap team pekerja tentang bahaya yang terkait pekerjaan dan tindakan pencegahan yang diperlukan. Penilaian Risiko / Risk Assessment (jika ada) harus disosialisasikan dalam meeting ini. Pembukaan dilakukan oleh mandor / pengawas
yang akan membahas masalah yang timbul dari setiap pekerjaan. Pekerja juga boleh melakukan diskusi dua arah dan memberikan masukan-masukan terkait tindakan pencegahan.

 

  • Weekly Safety Talk Meeting

Pertemuan ini dilakukan setiap seminggu sekali dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit
dengan membahas topik HSE yang mungkin ditujukan kepada kelompok pekerja proyek dan disajikan oleh pemimpin kelompok untuk masalah topik seperti program keselamatan, wilayah kerja yang bersangkutan, trend potensi kebiasaan pekerja, kinerja hse, penghargaan keselamatan, dll. HSE Departemen akan membantu pemimpin kelompok untuk menyediakan topik pada setip pertemuan mingguan dan menggabungkan dengan program perusahaan.

 

  • Management Walkthrough Meetings

Pertemuan ini melibatkan partisipasi manajemen bergabung dalam melakukan inspeksi atau kunjungan di lokasi proyek yang berkaitan dengan aspek HSE dan kualitas dalam wilayah proyek. Program ini akan menghasilkan laporan inspeksi dan di mana setiap temuan dikumpulkan dan dibahas untuk memperoleh tindakan perbaikan yang diperlukan. Setiap permasalahan HSE atau masalah lain juga dibahas untuk memastikan implementasi terbaik di lokasi proyek.

 

  • Monthly HSE Committee Meeting

HSE Commitee atau Rapat P2K3 ini adalah program pertemuan rutin bulanan dengan melibatkan manajemen dan semua lini pengawasan yang sejalan dengan kegiatan proyek dengan membahas tentang pencapaian kinerja HSE dan upaya untuk meningkatkan kinerja proyek.

 

  • Kick-Of f Meeting

Sebelum memulai pekerjaan atau pekerjaan penting, semua pihak yang terlibat akan melakukan Kick off meeting. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengembangkan koordinasi sebelum memulai pekerjaan. Dalam pertemuan ini, hal-hal berikut harus dibahas terkait dengan persyaratan keselamatan yaitu: rencana keselamatan kerja dari suatu pekerjaan, peralatan dan bahan yang dibutuhkan, tugas dan tanggung jawab masing-masing pekerja, prosedur dan administrasi HSE, system izin untuk bekerja, sistem tanggap darurat, dan program HSE lain yang perlu dilaksanakan pada pekerjaan proyek.

Demikianlah jenis-jenis HSE meeting secara umum yang biasa dilakukan di proyek-proyek oil & gas yang dirangkum oleh Media K3 dari berbagai sumber. Masing-masing proyek beda istilah atau implementasinya, namun tujuannya sama.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.