Jenis-Jenis Penyakit Akibat Pekerjaan

penyakit akibat kerja

Apa saja jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan? Penyakit akibat kerja atau PAK merupakan sebuah penyakit yang disebabkan secara khusus oleh masalah pekerjaan. Hal yang menjadi pengaruh besar dalam PAK ini adalah karena faktor lingkungan dari pekerjaan itu sendiri, tapi ada beberapa yang dapat disebabkan karena faktor kesalahan manusia tersebut.

Salah satu penyakit yang sering ditemui karena PAK adalah silicosis yaitu merupakan penyakit yang berasal dari pekerjaan yang disebabkan karena debu silicia, low back pain yang merupakan PAK karena adanya pengangkutan secara manual. Hal lainnya dapat juga disebabkan white finger syndrome yang merupakan PAK karena getaran secara mekanis ketika bekerja. Selain silicia terdapat juga jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan yang lainnya sebagai berikut.

Penyakit Akut atau Kronik

Jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan yang pertama adalah penyakit akut atau kronik yang biasanya akan menyerang para petugas yang bekerja dalam bidang bahan kimia dan obat-obatan, seperti disinfektan, antibiotik, dan antiseptik. Secara cepat maupun lambat kandungan bahan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Sebab jika anda menghirup bahan tersebut dapat menimbulkan kematian. Untuk mencegah penyakit ini anda dapat menggunakan pelindung diri ketika bekerja, seperti celemek, sarung tangan, pelindung mata, masker, serta jas laboratorium yang tepat dan benar, tidak memakai kontak lensa, serta menggunakan alat pelindung untuk pernafasan.

Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang merupakan jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan yang menyerang orang-orang pekerja kantoran serta pelayanan kesehatan pemerintah. Hal ini dapat disebabkan karena ketidaksesuaian antara penggunaan peralatan yang berasal dari luar dengan orang Indonesia, sehingga dapat menimbulkan terjadinya posisi kerja dalam keadaan yang salah dan terlalu dipaksakan. Inilha yang membuat para pekerja menjadi mudah kelelahan dan mengalami gangguan fisik, contohnya mengalami stress dan nyeri pinggang.

Tuli

Para pekerja yang biasa bekerja ditempat bising serta terdapat getaran yang tinggi dapat menyebabkan tuli. Selain itu dampak lain dari keadaan tersebut adalah dapat menimbulkan stress. Untuk menghindari keadaan tersebut ada baiknya ruangan tersebut menggunakan alat peredam suara.

Gangguan Penglihatan

jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan berikutnya adalah gangguan penglihatan. Penyakit ini disebabkan karena pencahayaan pada ruangan tempat anda bekerja kurang, yang semakin lama semakin membuat penglihatan anda menjadi terganggu. Untuk itu pencahayaan pada ruangan perlu diperhatikan dan diperbaiki untuk menjaga kesehatan para karyawan tersebut.

Penyakit Kulit dan Pernapasan

Penyakit kulit dan pernafasan ini dapat disebabkan karena suhu pada ruangan tersebut mengalami penurunan maupun tinggi, sehingga dapat berakibat alergi udara, flu, gangguan pernapasan, serta berbagai macam penyakit kulit.

Stres

Stres ini juga dapat dikategorikan sebagai jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan. Ketika petugas pelayanan kesehatan bekerja secara darurat karena berkaitan dengan nyawa seseorang. Maka para pekerja yang berada dilaboratorium kesehatan harus bekerja dengan hasil yang tepat, cepat, tapi akurat. Hal inilah yang dapat membuat seseorang mengalami stress. Selain itu hubungan kerja yang tidak terlalu baik kepada yang lain dapat juga disebabkan sebagai jenis-jenis penyakit akibat pekerjaan yang menimbulkan stress.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 154 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.