Kebersihan Diri Membuat Anda Tetap Sehat

bersih itu sehat

Sebagian besar dari kita belajar tentang dasar-dasar kebersihan diri yang baik dari ibu kita ketika kita masih anak-anak. Ibu kita mulai mengajarkan kita pada kesehatan yang baik dengan aturan sederhana mencuci tangan kita sebelum makan. Seperti saat kita telah tumbuh dewasa, sebagian dari kita mungkin telah melupakan nasehat yang dari ibu kita sejak kanak-kanak dulu.
Di jaman yang serba kimia saat sekarang ini, menjadi lebih berhati-hati tentang kebersihan diri adalah hal yang cerdas untuk dilakukan. Meskipun mencuci tangan adalah tugas sederhana dan logis, itu masih sering diabaikan. Apa yang ada di tangan Anda akan tertelan.

Sesama pekerja, berapa kali Anda melihat teman Anda yang sedang merokok sementara tangan mereka ditutupi dengan cat atau minyak? Bagaimana pula dengan pekerja yang saat makan siang tanpa mencuci tangan mereka? Tidak satu pun dari kita dengan sengaja akan makan cat, atau mencelupkan rokok kami ke dalam ember cat. Meski begitu, yang pada dasarnya adalah apa yang terjadi ketika Anda makan sandwich atau asap rokok tanpa mencuci tangan Anda? Selain tembakau, perokok dapat menghirup zat beracun yang telah ditempatkan pada rokok dari tangan mereka. Ingat, ketika cat, pelarut atau bahan kimia apapun yang dipanaskan atau dibakar, maka zat kimianya akan berubah.

Membersihkan kulit Anda dengan pelarut tidaklah merupakan praktik yang baik. Mekanik yang menggunakan pelarut untuk membersihkan tangan mereka sedang membuat diri mereka untuk terkena kasus dermatitis atau mungkin menjadi peka terhadap bahan kimia atau pelarut. Sebelum menggunakan pelarut untuk membersihkan tangan cobalah bertanya dan berpikir “apa tujuan dari pelarut?” Tujuan dari pelarut adalah untuk memotong lemak. Bila digunakan tanpa perlindungan seperti sarung tangan atau krim pelindung, maka sudah pasti itu akan merusak kulit Anda.

Pakaian bersih adalah bagian dari kebersihan yang baik. Menjaga kebersihan pribadi yang baik termasuk pakaian yang dikenakan untuk bekerja. Seorang pekerja mengenakan pakaian berminyak, atau pakaian yang memiliki bahan kimia beracun yang tertumpah pada baju mereka, kemungkinan akan mengalami iritasi kulit, bisul atau masalah kulit lainnya. Pakaian kerja harus diganti setiap hari. Mandi setiap hari dan pakaian bersih mengurangi kemungkinan masalah kulit. Ingat, pakaian kotor dan membawa kulit bahan kimia ke rumah Anda dan keluarga Anda.

Pertolongan pertama dimulai dengan kebersihan. Ketika kita mendapatkan tangan kita terluka atau terpotong, kita biasanya pergi mengambil kotak P3K atau kit pertolongan pertama. Lalu mengambil perban perekat seperti handplash, cepat merekatkannya di bagian yang terluka, dan kembali bekerja. Beberapa hari kemudian Anda bertanya-tanya mengapa cedera kecil meradang dan terinfeksi. Maka jangan abaikan luka kecil seperti ini. Daerah yang terluka harus dicuci dengan sabun dan air sebelum dibalut dengan perban. Lebih baik gunakan antiseptik untuk membersihkan luka juga. Sebenarnya trik sederhana ini pertama Anda pelajari dari ibu Anda untuk membantu menjaga luka agar tidak terkontaminasi. Juga membantu mencegah cedera kecil menjadi bahaya kesehatan yang serius, seperti misalnya tetanus. Kebersihan pribadi yang baik semua dimulai dari akal sehat. Mandi setiap hari, mengenakan pakaian bersih, dan sering mencuci tangan … terutama sebelum dan sesudah makan atau merokok adalah hal-hal mendasar yang sangat penting Anda lakukan untuk menjaga agar Anda tetap aman dan sehat setiap hari.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 154 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.