Kecelakaan Kerja Di Pabrik

kecelakaan kerja di pabrik

Apa yang menjadi penyebab kecelakaan kerja di pabrik? Terdapat banyak yang menjadikan sebuah penyebab terjadinya kecelakaan dalam bekerja pada sebuah pabrik. Kecelakaan kerja yang dialami pada pabrik merupakan sebuah kejadian yang mendadak dan tidak sengaja, kejadiannya diluar kendali serta merupakan bagian yang tidak diharapkan selama bekerja. Terdapat banyak faktor yang membuat seseorang mengalami kecelakaan kerja di pabrik, diantaranya adalah karen faktor teknis dan non-teknis yang dirinci sebagai berikut.

Faktor Teknis

–       Tempat Kerja

Tempat kerja dapat menjadi sumber penyebab terjadinya kecelakaan kerja di pabrik. Untuk itu setiap tempat kerja harus memenuhi semua syarat yang berhubungan dengan keselamatan kerja, mulai dari penarangan, ventilasi udara, suhu, lantai, kebersihan, ukuran ruangan, listrik didalam ruangan, warna serta yang lainnya. Apabila tidak memenuhi persyaratan tentunya akan mengakibatkan kecelakaan kerja di pabrik.

–       Kondisi Peralatan

Baik peralatan maupun mesin yang berada didalam tempat kerja memiliki resiko bahaya yang dapat memicu terjadinya kecelakaan pada tempat kerja. Untuk peralatan dan mesin yang dikiranya memiliki potensi sebagai penyebab kecelakaan ada baiknya diberikan pelindung untuk tidak membahayakan para pekerja.

–       Bahan dan Peralatan yang Bergerak

Dalam memindahkan barang yang berat serta berbahaya tentu akan memicu terjadinya kecelakaan pada tempat kerja. Agar kecelakaan dapat dihindari maka anda harus memikirkan dan memperhitungkan kembali secara matang. Untuk mengangkat barang dan peralatan yang berat anda dapat menggunakan alat bantu seperti forklift dan tentunya alat ini harus dijalankan oleh orang yang sudah berpengalaman.

–       Transportasi

kecelakaan kerja di pabrik yang disebabkan oleh transportasi tergolong banyak. Untuk dapat mengatasi dan menghindari kecelakaan yang diakibatkan karena transportasi tentu anda harus menggunakan jenis transportasi yang aman dan tepat, pengoperasian dilakukan sesuai dengan SOP (Standart Operasional Procedure), jalur khusus transportasi dan yang lainnya.

–       Tools (Peralatan)

Umur hingga kualitas juga sangat berpengaruh dalam kondisi suatu peralatan tersebut yang dapat mengalami kecelakaan kerja. Apabila dari peralatan pabrik mengalami kerusakan tentu dapat berakibat kecelakaan kerja di pabrik. Ada baiknya peralatan yang berada didalam pabrik harus dilakukan peremajaan dan mengontrol semua kualitas peralatan yang berada pada tempat kerja.

Fakor Non Teknis

–       Ketidaktahuan

Dibutuhkan seseorang yang memiliki pengetahuan yang lebih dalam menjalankan mesin serta peralatan otomotif. Karena jika memiliki pengetahuan tentu saja dapat berakibat kecelakaan pada tempat kerja tersebut. Pengetahuan yang dibutuhkan antara lain dapat menjalankan peralatan kerja, memahami karakter pada setiap mesin dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan bagian yang paling penting karena jika dijalankan secara asal-asal dapat membahayakan peralatan serta orang tersebut.

–       Kurangnya Dalam Kemampuan yang Dimiliki

Untuk melakukan perawatan serta proses maintenance dalam proses produksi diperlukan seseorang yang memiliki tingkat pendidikan pada teknisi otomotif. Biasanya mereka yang mempunyai kemampuan tinggi dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan lebih memperhatiakn tingkat keselamatan dalam bekerja. Ada baiknya untuk selalu mengasah kemampuan agar menjadi yang lebih baik lagi.

–       Bekerja Tanpa Peralatan Keselamatan

Orang yang mengalami kecelakaan kerja di pabrik biasanya disebabkan karena mereka bekerja tanpa peralatan keselamatan yang disediakan oleh pabrik. Terdapat beberapa peralatan yang sudah dibuat untuk memberikan keselamatan kepada para pekerja mulai dari pakaian kerja (wearpack), kacamata, sarung tangan, penutup telinga untuk menghindari kebisingan, tali pengaman untuk pekerja ketinggian, kacamata lasa, helm pengaman, sepatu kerja, masker penutup debu, dan yang lainnya. Pekerja yang professional tentunya akan bekerja dengan menggunakan peralatan keselamatan yang sudah disediakan untuk menghindari kecelakaan kerja di pabrik.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.