Keselamatan Kerja di Gudang

keselamatan kerja gudang

Warehouse safety atau keselamatan kerja di gudang adalah bagian penting yang harus di ketahui oleh setiap pekerja gudang baik itu di sektor manufaktur maupun di fabrikasi migas. Anda harus menyadari bahaya yang mempengaruhi karyawan bagian pergudangan.
Masalah keamanan dan keselamatan untuk fasilitas produksi di dalam gudang meliputi konveyor, penanganan material secara manual, keselamatan kebakaran, paparan bahan kimia, lockout / tagout, penggunaan forklift, housekeeping, emisi udara, kebisingan dan ergonomi. Bahaya lainnya ditemukan di pergudangan meliputi bongkar muat material, penyimpanan bahan, keselamatan kebakaran dan stasiun charging forklift.
Beberapa masalah yang sering terjadi di lokasi pergudangan dapat mempengaruhi keselamatan pekerja gudang dan material itu sendiri. Ini termasuk kondisi pallet buruk / rusak, rak rusak, dimensi tidak teratur, ruang yang tidak memadai, batas beban dari rak, kurangnya jarak antara rak ke rak, dan support rak yang kurang kokoh.

Forklift merupakan alat angkat angkut yang sangat penting untuk operasi pergudangan. Tidak semua material / bahan yang ada di gudang bisa diangkat secara manual. Bila terlalu berat maka harus menggunakan alat bantu trolley maupun forklift. Namun harus diketahui bahwa forklift menimbulkan risiko besar yang dapat membahayakan rekan, properti dan produk jika dioperasikan secara tidak benar. Itu sebabnya hanya karyawan yang terlatih dan memiliki sertifikasi dari disnaker yang dapat menjadi operator.
Selain itu, penyebab potensial kecelakaan kerja bisa saja terjadi pada saat penanganan bahan secara manual handling. Ini termasuk metode pengangkatan yang salah dan bisa mengakibatkan keseleo dan cedera tangan. Alat pelindung diri (APD) yang Anda pakai akan bervariasi tergantung pada apa bahaya yang anda tangani. PPE yang harus Anda gunakan termasuk safety helmet, sepatu safety, sarung tangan, celemek, kaca mata dan perlindungan wajah, dan perlindungan pendengaran.
Selain itu bahaya tersandung dan terjatuh merupakan sumber utama dari cedera di seluruh pergudangan apapun, untuk itu perlu diberikan penjelasan yang lebih detil kepada setiap pekerja tentang keselamatan kerja di gudang pada saat melakukan safety induction. Hal-hal yang dapat menyebabkan bahaya tersandung dan terjatuh di dalam pergudangan meliputi:
• Tali, selang yang berantakan di lantai;
• Membawa material dengan pandangan terhalang / blind spot;
• Container yang bocor, tumpahan cairan atau bahan licin;
• Kertas;
• Pallet yang rusak;
• Tidak menggunakan safety harness ketika bekerja di ketinggian;
• Lantai tidak rata, kurangnya pegangan tangan, lantai berlubang;
• pencahayaan tidak cukup.

Demikian penjelasan keselamatan kerja di dalam gudang yang dirangkum oleh Media K3 dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber Gambar : https://rinatnunay.files.wordpress.com

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 179 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.