Langkah Terbaik Melindungi Karyawan dari Corona di Lingkungan Kantor

langkah langkah melindungi karyawan dari corona
Image via klikdokter.com

Kini wabah Corona di Indonesia mulai tersebar di berbagai tempat dan mulai menjadi. Wabah ini mulai terdeteksi masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret. Hingga minggu ke-3 November 2020, jumlah kasus positif Covid-19 telah mencapai lebih dari 506.000 kasus dengan penambahan kasus per harinya mencapai ratusan hingga ribuan.

Banyak cluster baru yang menjadi tempat penyebaran virus yang satu ini. Tak hanya di tempat umum, namun penyebaran Covid-19 dapat terjadi di kantor, sekolah, bahkan di lingkungan keluarga.

Dengan bertambahnya kasus Covid-19, seharusnya menjadikan kita lebih waspada, berhati-hati, dan selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari virus yang satu ini. Sebisa mungkin lakukan segala kegiatan di dalam rumah. Jangan pergi keluar jika tidak dalam keadaan mendesak. Lantas bagaimana jika kita tetap harus bekerja di luar rumah seperti buruh atau pekerja kantoran lainnya? 

Inilah tanggung jawab perusahaan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pekerjanya. Berikut ini 7 langkah perusahaan lindungi karyawan dari wabah corona.

  1. Hal pertama dan paling utama yang harus diterapkan oleh setiap pemilik perusahaan adalah menyediakan hand sanitizer atau tempat untuk mencuci tangan. Hal ini akan sangat membantu karyawan atau setiap orang yang berkunjung dalam menjaga kesehatannya. Setiap orang yang hendak memasuki kantor diwajibkan untuk mencuci tangannya dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, karena kita tidak tahu apa saja yang telah ia sentuh sebelum masuk kantor.
  2. Hal berikutnya yang bisa diterapkan oleh perusahaan dalam menjaga kesehatan karyawannya adalah memanfaatkan adanya termograf untuk mengukur suhu badan setiap orang yang akan masuk. Setelah mencuci tangan, ada baiknya seluruh pegawai dicek suhu badannya. Dengan pengecekan ini tentu akan memperlihatkan suhu tubuh setiap orang yang memasuki ruang kerja. Jika ada seseorang yang memiliki suhu tubuh di atas 38°C, mungkin Anda bisa menyarankannya untuk beristirahat di rumah.
  3. Melakukan penyemprotan ruang kerja dengan desinfektan secara berkala. Hal ini difungsikan sebagai pencegahan berkembangnya virus Covid-19 di lingkungan kerja. Desinfektan mampu membunuh setidaknya 90% virus yang ada. Dengan terus menjaga kebersihan tentu juga akan menjaga keselamatan.
  4. Perusahaan dapat sedikit memodifikasi ruang kerja menjadi berjarak. Sebisa mungkin letakkan meja dan kursi meja yang saling berjauhan antara satu dan lainnya. Dengan dibuat berjarak, maka karyawan tidak akan terkontak secara langsung satu sama lain. Hal itu akan membantu memutus tali penyebaran Covid-19.
  5. Hal berikutnya yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor adalah mengkarantina atau meminta karyawan yang baru saja menjalankan tugas di luar kota untuk melakukan karantina mandiri. Setidaknya dalam kurun waktu dua minggu. Hal ini untuk memastikan bahwa ia berada dalam keadaan sehat karena kita tidak tahu ke mana saja ia berkunjung dan dengan siapa saja ia bertemu.
  6. Hal keenam yang bisa diterapkan oleh perusahaan dalam menjaga kesehatan karyawannya agar terhindar dari paparan Covid-19 adalah menerapkan sistem kerja work from home. Jumlah pegawai yang bekerja di kantor tentu saja cukup banyak. Tentu saja hal itu akan membuat kita sering bertemu banyak orang bahkan hingga berdesakan ketika harus menggunakan lift atau yang lainnya. Sementara pemerintah menganjurkan kita untuk tetap menjaga jarak atau social distancing. Maka dari itu, mempekerjakan sebagian karyawan dari rumah bukan menjadi keputusan yang salah. Bahkan menjadi salah satu keputusan yang baik dan bijak. Anda bisa meminta setidaknya 50% pegawai untuk bekerja dari rumah. Selebihnya tetap bekerja di kantor dengan sistem shift atau mungkin hanya beberapa bagian yang memang dirasa perlu tetap berada di kantor.
  7. Jika tanpa disadari ada salah satu pegawai yang telah terkonfirmasi positif Covid-19, Anda sebagai kepala perusahaan langsung meminta pegawai melakukan karantina mandiri dan mengidentifikasi siapa saja yang melakukan kontak dengan karyawan tersebut dan meminta juga meminta mereka untuk melakukan karantina mandiri. Selalu berikan semangat kepada mereka, karena itulah yang mereka butuhkan.

Itu dia 7 langkah perusahaan lindungi karyawan dari wabah corona yang bisa diterapkan. Semoga informasinya bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dan selalu ikuti anjuran pemerintah untuk menjaga diri dan orang di sekitar.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 198 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*