Mengapa Diperlukan Safety Induction ?

safety induction

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita cari tahu dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan safety induction ? Safety induction adalah sesi training pengenalan terhadap lingkungan kerja yang diberikan kepada karyawan baru atau pun kepada tamu perusahaan, dimana dalam training ini dibahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan. Di beberapa perusahaan menyebutnya dengan HSE Induction atau HSE Orientation. Pada dasarnya intinya tetap sama, yaitu memberikan training pengenalan.

Apakah safety induction ini penting dilakukan untuk karyawan baru?

Ya, tentu penting sekali. Ibaratnya Anda sebagai orang yang baru masuk di suatu lokasi kerja yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Anda pasti sangat awam dan belum mengerti akan aturan, prosedur, maupun bahaya-bahaya apa saja yang ada di lokasi kerja tersebut. Oleh sebab itulah safety induction itu sangat penting bagi setiap karyawan baru.

Melalui safety induction pekerja dapat mengetahui berbagai potensi bahaya yang terdapat di lingkungan kerja dan tindakan pengendaliannya. Dalam penyampai safety induction juga ada berbagai cara yaitu menggunakan slide presentation atau pun pemutaran video induction.

Di beberapa perusahaan, setelah mengikuti safety induction Anda diwajibkan menandatangani surat pernyataan bahwa benar yang bersangkutan sudah mengikuti induksi keselamatan kerja dan sudah mengerti akan peraturan keselamatan yang berlaku di perusahaan tersebut. Ini sebagai bukti bahwa yang bersangkutan benar-benar dengan sadar dan harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku di perusahaan sebagai mana yang disampaikan sebagai materi dalam safety induction.

Setelah menyelesaikan safety induction maka para pekerja/tamu dapat menjalani aktifitasnya masing-masing. Khusus untuk kontraktor di proyek mereka akan diberi tanda pengenal khusus yang menandakan bahwa mereka sudah mendapatkan safety induction dan pada helm mereka ada stiker khusus tentang safety induction.

Safety Induction

Materi safety induction atau hal-hal yang dibahas mencakup kebijakan-kebijakan K3L di perusahaan, prosedur-prosedur K3 termasuk prosedur tanggap darurat, material dan bahan berbahaya dan beracun, aktifitas-aktifitas yang ada di perusahaan serta bahaya dan resiko yang ada di tempat kerja, agar kita lebih berhati-hati dalam bekerja dan terhindar dari resiko kecelakaan. Jadi menurut Anda mengapa safety induction diperlukan ?

Silahkan beri komentar di kotak bawah ini.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 191 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

3 Comments

  1. Sebagai proses penyesuian tempat kerja agar kita dapat melihat langsung potensi2 yg dapat menimbulkan kecelakaan kerja seperti sat2 beracun dan potensi kecelakaan lain, sihangga kita belajar tanggap dalam menghadapi potensi kecelkaan kerja tersebut.

    • Betul Pak Alzan, agar kita lebih familiar dengan kondisi2 bahaya di area kerja. Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*