Mengapa Kecelakaan Sering Terjadi Kepada Karyawan Baru ?

karyawan baru

Setelah selesai masa orientasi awal di sebuah perusahaan tentang persyaratan dasar dari pekerjaan dan pengenalan program keselamatan kerja , saatnya untuk memindahkan karyawan baru ke dalam team kerja dan memperkenalkan orang itu akan bekerja dengan siapa. Rekan kerja memainkan peran penting dalam membina orang baru ke awal yang baik.

Apa peran karyawan lama ketika memberikan orientasi lapangan kepada karyawan baru? Ingatlah bahwa orang-orang baru bisa saja sedikit gugup untuk memulai aktifitas pekerjaan baru. Mereka mungkin tidak ingat semua akan petunjuk yang diberikan dan belum akrab dengan lingkungan baru. Hal ini sering terjadi meskipun karyawan baru tersebut sudah berpengalaman. Namun beliau masih butuh sedikit waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jadi bagaimana cara karyawan lama bisa membantu ?

Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan oleh karyawan lama untuk memberi dukungan kepada karyawan baru:

  • Perkenalkan diri Anda kepada karyawan baru tersebut, jelaskan apa pekerjaan Anda, dan tawarkan bantuan kepada beliau jika membutuhkan.
  • Doronglah karyawan baru tersebut untuk mengajukan pertanyaan jika ia tidak yakin dengan pekerjaannya.Ingat bagaimana sulitnya untuk mengakui Anda tidak tahu segalanya ketika Anda memulai pekerjaan baru?
  • Ingatlah juga, bahwa orang baru mungkin sangat terampil dan berpengalaman dalam bidangnya, tetapi tetap saja harus dipandu untuk saat awal pekerjaan beliau, karena beda perusahaan pasti beda cara kerja dan peraturannya.
  • Tunjukkan ke karyawan baru lokasi First Aid Box, Alat Pemadam Api Ringan – APAR, toilet dan ruang istirahat.
  • Yakinkan kepada rekan kerja baru Anda untuk mengenakan APD yang tepat, dan menggunakannya dengan benar.
  • Seorang supervisor atau atasan harus melayani sebagai mentor kepada karyawan baru, dan memastikan bahwa prosedur kerja yang aman dipahami dan diikuti.
  • Jika Anda melihat orang ini melakukan sesuatu yang salah, bijaksanalah untuk menjelaskan prosedur yang tepat.
  • Lebih mudah untuk melakukan hal ini jika “pembinaan” peran dari atasan telah ditetapkan atau disetujui.
  • Ketika istirahat makan siang masukkan dia di dalam kelompok sehingga semua orang bisa berkenalan dengan lebih baik.
  • Tahanlah setiap godaan untuk mengeluh tentang aspek pekerjaan Anda yang Anda tidak suka terhadap perusahaan. Berikan kesan yang baik dengan menyampaikan apa yang baik tentang perusahaan, jangan langsung menceritakan kejelekan perusahaan sehingga membuat karyawan baru jadi bingung dan patah semangat dalam bekerja.
  • Mungkin yang paling penting, memimpin dengan contoh dengan kebiasaan kerja yang benar.

Mendapatkan karyawan baru memulai pekerjaan dengan benar dan aman adalah sangat penting. Statistik menunjukkan bahwa hingga 60% dari semua cedera pekerjaan terjadi kepada karyawan baru dengan kurang dari enam bulan pengalaman pada pekerjaan. Keramahan atasan atau mentor dalam mengingatkan prosedur keselamatan dan aturan bekerja di perusahaan dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan kepada karyawan baru. Banyak sekali karyawan baru tidak akan memikirkan pertanyaan sampai setelah mereka telah bekerja beberapa hari dan mulai memahami persyaratan kerja lebih teliti. Sebagai rekan kerja, jika Anda membuat diri Anda bersedia untuk menjawab pertanyaan, itu menunjukkan kesediaan Anda untuk menyediakan tempat kerja yang aman bagi semua orang yang terlibat.
Ingat, mendapatkan orang-orang baru mulai pada jalan yang benar dapat membantu mencegah kecelakaan atau cedera untuk semua orang di dalam team. Jangan berpikir bahwa membantu mengembangkan rekan kerja produktif adalah sebuah beban. Anggap saja sebagai investasi di masa depan kelompok kerja Anda dan perusahaan Anda. Selain-itu cara Anda ingin diperlakukan diri sendiri!

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 179 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.