Mengganti Toner Cartridges Laser Printer Secara Aman

mengganti toner laser printer
Image via www.klikoffice.co.id

Mesin fotokopi dan printer laser menggunakan toner sebagai bagian dari proses pencetakan. Toner adalah bubuk yang sangat halus, yang dengan sendirinya tidak digolongkan sebagai zat berbahaya bagi kesehatan, tetapi debu dalam konsentrasi yang cukup besar dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan sehingga batuk dan bersin.

Debu toner dapat dapat terbang ke udara bila; debu toner tumpah di dalam mesin menjadi kering dan terbang ke udara dengan melewati ventilasi ke dalam ruangan. Sisa dari toner akan mengisi dan menyebabkan toner cadangan di dalam mesin tumpah dari kartrid toner yang menyebabkan tumpahan toner ke dalam ruangan.
Debu Toner dianggap sebagai debu gangguan dan seharusnya tidak memiliki efek kesehatan selain yang disebutkan di atas. Namun, orang-orang yang memiliki gangguan terhadap sistem (misalnya menderita asma, bronchitis, dll) harus menghindari debu cartridge toner. Jika hal ini tidak dapat dilakukan maka penggantian toner harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menghindari menghasilkan debu toner terbang ke udara.

Ketika toner tumpah, maka cara yang terbaik adalah disedot, daripada sikat, sebisa mungkin untuk menghindari awan debu. Sisanya harus dihapus menggunakan kain basah dibilas dengan air dingin. Air panas harus dihindari karena dapat menyebabkan toner mencair dan menjadi lengket. Toner dapat dibuang sebagai limbah normal, meskipun harus ditempatkan dalam kantong tertutup karena mengandung serbuk halus.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 174 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.