Penanganan Drum dengan Cara Aman dan Selamat

memindahkan drum

Penanganan yang tidak tepat pada drum dapat mengakibatkan anda terluka parah. Ini termasuk keseleo yang menyakitkan, jari kaki tertimpa atau cedera pada kaki, atau paparan bahan kimia berbahaya jika isinya bocor. Praktek kerja penanganan drum yang tepat dapat meminimalkan risiko cedera, jadi pertimbangkan tips berikut.

  • Sebelum menangani drum, membaca label pada drum dan mencari simbol-simbol, kata-kata atau tanda lain yang menunjukkan apakah isinya berbahaya, korosif, beracun atau mudah terbakar. Jika drum tidak berlabel, pertimbangkan atau anggap saja isinya berbahaya sampai mereka diidentifikasi secara positif.
  • Lihatlah di sekitar drum untuk melihat apakah drum tersebut bocor. Sebelum membersihkan tumpahan apapun, pastikan substansi telah diidentifikasi. Pastikan bahwa Anda telah dilatih dalam bahaya kimia, dan memiliki bahan yang benar untuk membersihkannya. Cari dan pelajari MSDS yang sesuai.
  • Sebelum memindahkan drum, pastikan penutupnya tertutup dengan rapat.
  • Tergantung pada isi drum, coba pertimbangkan berapa berat drum tersebut. Ini tujuannya untuk menentukan apakah Anda dapat bergerak sendiri atau apakah Anda memerlukan bantuan dari orang lain. Sebuah drum 55 galon beratnya bisa 400-800 pound.
  • Jika Anda memutuskan untuk memindahkan drum anda bisa menggunakan bantuan forklift atau bisa juga menggunakan trolley manual atau keranjang drum yang dirancang khusus untuk penanganan drum.
  • Jika drum dapat digulingkan, berdiri di depannya dan menempatkan kedua tangan di sisi yang jauh dari drum. Tarik drum bagian depan sampai bagian bawah menyentuh lantai. Anda sekarang dapat menggulingkan drum, berhati-hati untuk menjaga tangan Anda dari menyeberang satu sama lain. Anda juga dapat menurunkan drum ke tanah untuk bergulir dengan menggeser tangan Anda ke sisi bawah (tidak di mana mereka akan hancur). Kemudian perlahan-lahan menurunkan drum ke lantai. Jaga punggung lurus dan menekuk di lutut. Lalu gulung drum dengan kedua tangan. Jangan gunakan kaki Anda atau pegang ujung.
  • Lindungi tangan Anda, kaki, punggung dan wajah selama bekerja dengan drum. Sepatu keselamatan diperlukan ketika memindahkan drum berat. Sarung tangan, pelindung mata, celemek, dan peralatan pelindung diri lainnya mungkin juga diperlukan, tergantung pada isi drum.
  • Yang paling penting, penggunaan peralatan penanganan material bila memungkinkan, dan mendapatkan bantuan segera ketika Anda membutuhkannya!
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 153 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.