Pentingnya Menjaga Kebersihan bagi Pekerja Restoran

kebersihan restoran

Tempat penjualan makanan seperti restoran, warung makan, foodcourt, dan sejenisnya merupakan tempat-tempat yang melayani masyarakat yang ingin mencari makanan. Sebagian orang memang lebih memilih makan di luar rumah karena kesibukan dan lain hal. Sayangnya, kesehatan dan kebersihan makanan di luar rumah tidak bisa serta merta dilihat secara kasat mata oleh konsumen. Tak jarang kita mendengar rumah makan yang menyediakan makanan yang kurang bersih atau mengandung bahan berbahaya sehingga tidak baik bagi kesehatan konsumen. Tak hanya bahan makanannya saja, namun proses pembuatan dan pekerja yang membuat makanan tersebut juga harus bersih dan sehat.

Pekerja yang bersentuhan langsung dengan makanan menjadi penting karena dapat menyebabkan makanan tersebut menjadi makanan yang sehat atau tidak. Pihak manajemen yang baik akan membuat peraturan khusus yang bertujuan untuk melindungi para konsumennya dan membuat sistem kerja dalam pelayanan makanan tersebut menghasilkan produk makanan atau masakan yang baik bagi konsumennya. Beberapa hal yang harusnya dilakukan oleh pekerja di tempat penjualan makanan yaitu:

  1. Membersihkan diri sebelum memegang bahan makanan dan peralatan makanan
  2. Membersihkan bahan makanan dan peralatan makanan
  3. Membersihkan diri setelah mengolah makanan
  4. Meyakinkan bahwa dalam keadaan sehat saat bekerja, jika tidak maka perlu diganti dengan pekerja lainnya
  5. Menggunakan pakaian yang bersih dan celemek jika diperlukan

Pekerja yang mengolah makanan untuk disajikan seharusnya memang dalam keadaan fit. Jika pekerja tersebut sakit, misalnya penyakit yang mengandung virus seperti influenza. Maka penyakit pekerja tersebut bisa menyebar dalam makanan yang ia sajikan. Tentu saja hal tersebut sangat tidak baik bagi para pelanggan. Pekerja juga perlu membersihkan tangannya sehingga tidak ada bakteri yang berpindah dari tangan pekerja ke makanan yang disajikan. Rambut yang terurai sebaiknya diikat atau menggunakan penutup kepala sehingga tidak mengganggu saat memasak dan tidak ada kotoran dari rambut yang masuk ke dalam makanan tersebut.

Mencuci tangan merupakan hal yang sangat penting terutama saat bersentuhan dengan makanan yang akan dimakan. Beberapa hal berikut akan membuat kita menyadari bahwa mencuci tangan merupakan hal penting.

  1. 80% penyakit yang menular disebarkan dengan cara menyentuh
  2. Menyentuh makanan dengan tangan yang terkontaminasi akan menyebarkan penyakit yang berhubungan dengan makanan
  3. Hanya 20% orang membasuh tangan mereka sebelum menyiapkan makanan
  4. Kurang dari 75% wanita dan 50% laki-laki membasuh tangan mereka setelah pergi ke kamar mandi
  5. Toilet dapat menyebarkan bakteri seperti Escheichia coli dan Staphylococcus. Kamar mandi dan WC umum sekitar 90% mengandung bakteri semacam itu.
  6. Setiap 15 detik mencuci tangan maka 10 kali lebih bakteri yang akan dihilangkan.
  7. Kebanyakan orang hanya membasuh bagian telapak tangan dan melupakan bagian yang lainnya
  8. Jumlah bakteri paling banyak terdapat pada tangan yang dominan. Namun kebanyakan orang malah akan lebih banyak membasuh tangan yang tidak dominan. Misalnya orang yang dominan tangan kanan akan lebih sering mencuci tangan kirinya dan sebaliknya.
  9. Hanya 20% orang yang mengeringkan tangan mereka setelah cuci tangan
  10. Handuk tangan yang digunakan kembali mengandung jutaan bakteri. Kertas handuk sekali pakai merupakan bahan yang paling aman dan bersih untuk mengeringkan tangan.
  11. Mencuci tangan dan menjaga kebersihan akan mengurangi jumlah absensi karena sakit dan kehilangan produktivitas.

Sarung tangan yang sesuai bisa digunakan jika memang dibutuhkan. Namun sarung tangan tersebut seperti kulit dan harus diganti saat permukaannya terkontaminasi. Tangan juga harus dicuci dengan baik setelah mengganti sarung tangan. Pengolah makanan kadang tidak sadar dan lupa jika mereka mungkin dapat terkontaminasi kembali saat mengolah makanan. Contohnya adalah daging hewan mentah, seperti daging unggas yang harus diolah dengan bersih dan tidak mengkontaminasi makanan lainnya. Sarung tangan harus diganti jika mengolah bahan makanan yang berbeda.

Selain para pekerja yang harus memperhatikan kebersihan diri mereka, para konsumen juga harus menjaga kebersihan tangan mereka saat makan. Mencuci tangan hanya membutuhkan waktu sebentar namun efeknya dapat menjadikan masyarakat menjadi lebih sehat. Pihak manajeman rumah makan juga perlu menyediakan tempat cuci tangan yang layak bagi para pengunjungnya.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 132 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*