Perlindungan terhadap Mata di Tempat Kerja

perlindungan terhadap mata di tempat kerja
Image via ISHN.com

perlindungan terhadap mata – Sebuah artikel di majalah Safety & Health menyebut, setiap harinya lebih dari seribu cedera mata terjadi di tempat kerja. Cedera terhadap mata mengakibatkan biaya medis lebih dari $3 juta setiap tahunnya. Belum lagi dampak lainnya yang berakibat pada menurun atau terhambatnya produksi, dan biaya kompensasi yang harus dikeluarkan pada pekerja.

Irosinya hal itu sebelumnya tak perlu terjadi. Sebab dengan penggunaan kacamata pelindung mampu mencegah sampai 90% potensi kecelakaan terhadap mata. Namun, karena meremehkan atau kurangnya tingkat pendidikan pekerja yang membuat penggunaan alat pelindung mata itu sering diabaikan. Untuk itu, sangat penting bagi semua pihak untuk terus mengingatkan mengapa pemakaian pelindung mata sangatlah penting di tempat kerja. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah cedera mata agar jangan sampai terjadi.

Jenis Pekerjaan yang Berbahaya Terhadap Kesehatan dan Keselamatan Mata

Ada sejumlah pekerjaan yang rentan menyebabkan bahaya pada mata kita. Berikut ini jenis pekerjaan tersebut.

– Pekerjaan memalu, memahat, menggiling, kerja yang berhubungan dengan kayu, atau kegiatan serupa yang menghasilkan serpihan atau partikel kecil yang terbang di udara dan mungkin bisa sampai ke mata Anda.

– Pekerjaan menyemprot, melukis, pekerjaan terkait logam, mengamplas, spot welding, atau pekerjaan yang menghasilkan asap, debu, atau partikel kecil yang mempengaruhi udara sekitar.

– Pekerjaan mengelas listrik, memotong dengan api, bekerja dengan tungku atau pekerjaan yang dilakukan di tempat dekat energi panas atau energi radiasi.

– Pekerjaan dalam menangani asam, pengecoran logam panas, yang menghasilkan uap, gas, cairan, atau percikan logam.

Jika Anda bekerja di bidang tersebut, pastikan Anda memakai kacamata pelindung. Dengan begitu, potensi bahaya itu dapat diminimalkan. Supaya kecelakaan kerja terhadap mata yang sering disebabkan karena kelalaian pekerja itu tidak perlu terjadi lagi.

Potensi Bahaya terhadap Mata di tempat Kerja

Ada sejumlah potensi bahaya yang bisa muncul dan menyerang mata kita di tempat bekerja. Bahaya yang mengintai itu dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

– Partikel : baik berupa debu, serpihan logam, kayu dan partikel lain,

– Kimia: berupa percikan maupun asap

– Radiasi: berupa cahaya radiasi ultraviolet, panas atau radiasi inframerah, dan laser

Fakta Keselamatan dan Kesehatan Mata Pekerja

Data statistik mengungkap angka-angka menarik terkait fakta keselamatan mata karyawan. Berikut ini fakta tersebut.

– 3 dari 5 cedera mata terjadi karena pekerja tidak mengenakan pelindung mata apapun saat bekerja.

– Sebanyak 40% pekerja yang mengalami cedera mata sebetulnya sudah memakai kacamata pelindung, namun memakai alat pelindung mata yang salah yang membuat mata tidak terlindungi dengan baik. Penyebabnya terutama karena alat pelindung mata yang dipakai tidak memiliki perisai samping.

– Benda yang jatuh atau beterbangan menyebabkan sebanyak 70% cedera mata pekerja, dimana sebanyak 60% kasus ini terkait dengan benda yang berukuran sangat kecil, seperti partikel atau debu.

– Sebanyak 20% cedera mata terjadi karena kontak dengan bahan kimia melalui percikan atau penyemprotan yang terkena mata.

– Pekerja di bidang kerajinan, teknisi atau jasa perbaikan, mekanik, tukang pipa, dan tukang kayu menyumbang sekitar 40% kasus kecelakaan yang berakibat cedera pada mata.

– Sebanyak 50% pekerja yang cedera mata bekerja di bidang manufaktur, sementara 20% persen bekerja di bidang konstruksi.

Seperti yang Anda ketahui, banyak kasus cedera mata yang terjadi di sekitar kita. Hal ini bisa dicegah jika pekerja tidak mengabaikan untuk memakai alat pelindung mata yang tepat. Jika pekerja memakai alat pelindung mata yang benar, potensi bahaya itu dapat diminimalisir.

Selain memilih kacamata kerja yang tepat, pekerja juga harus rutin membersihkannya sebelum bekerja. Agar kotoran yang menempel di lensa tidak sampai masuk ke mata. Pastikan Anda tahu kacamata apa yang seharusnya Anda pakai. Dengan begitu, Anda akan selamat saat bekerja.

Jenis Alat Pelindung Mata yang Harus Dipakai Di Tempat Kerja

Alat pelindung mata saat bekerja banyak jenisnya. Berikut ini Anda bisa kenali jenisnya.

– Jika Anda bekerja di tempat yang banyak mengandung partikel, benda terbang, atau debu, Anda harus memakai memakai kacamata keselamatan dengan pelindung samping (side shield)

– Jika Anda bekerja dengan bahan kimia, Anda harus memakai kacamata

– Jika Anda bekerja di dekat radiasi berbahaya (las, laser, atau serat optik) Anda harus menggunakan kacamata khusus, pelindung wajah, atau helm yang memang dirancang untuk melakukan pekerjaan itu.

Langkah Perlindungan Perusahaan Terhadap Keselamatan Mata Pekerja

Selain itu, perusahaan perlu mengambil langkah untuk membuat lingkungan kerja seaman mungkin bagi mata pekerja. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

– Melakukan penilaian mengenai potensi bahaya mata di tempat kerja

– Mengurangi potensi bahaya terhadap mata pekerja

– Menyediakan kacamata kerja pelindung yang tepat sesuai yang dibutuhkan karyawan

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 191 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*