Prosedur Keselamatan Bekerja dengan Forklift

prosedur keselamatan forklift
Image via www.bigrentz.com

Forklift adalah kendaraan yang dapat menghemat tenaga kerja. K3 Forklift bertujuan menghemat waktu dan mengurangi kemungkinan cedera yang berhubungan dengan kegiatan pengangkatan material secara manual. Namun, forklift bisa menjadi sangat berbahaya jika dioperasikan oleh operator sembrono atau tidak terlatih. Semua operator harus menerima pelatihan keselamatan forklift safety driving sebelum diizinkan untuk mengoperasikan forklift, dan untuk di Indonesia harus mendapatkan SIO dari Disnaker terlebih dulu.

Kecelakaan forklift cenderung sangat serius, yang melibatkan cedera pribadi dan kerusakan properti. Kecelakaan ini bisa dihindari jika operator menggunakan akal sehat dan mengikuti prosedur operasi yang aman. Jangan mengoperasikan forklift sampai Anda telah terlatih dan berwenang untuk melakukannya.

Praktek Dasar Keselamatan Kerja dengan Forklift

Berikut adalah beberapa aturan prosedur k3 forklift secara umum untuk diikuti selama pengoperasian forklift:

  1. Gunakan sabuk pengaman. Ini akan membuat Anda aman di kursi di dalam cabin.
  2. Saat memarkir forklift, garpu harus pada posisi datar di lantai dengan kontrol diatur ke netral dan set rem parkir.
  3. Saat mengoperasikan forklift di tanjakan, beban harus selalu berada di sisi menanjak dari lereng. Mendorong maju naik tanjakan. Mendorong mundur turun lereng.
  4. Ketika berjalan tanpa beban pada garpu, jagalah posisi garpu pada sekitar 4-6 inci dari lantai.
  5. Jangan pernah membiarkan siapa pun untuk berjalan di bawah beban terangkat.
  6. Berhenti pada saat berada di sudut blind spot untuk memeriksa lalu lintas lainnya di daerah tersebut. Ini termasuk forklift dan pejalan kaki lainnya. Membunyikan klakson dan melihat sebelum Anda melanjutkan.
  7. Jika membawa beban tinggi yang menghalangi pandangan ke depan Anda, mengemudi secara terbalik dan putar kepala sehingga Anda dapat melihat di mana Anda akan pergi.
  8. Jika beroperasi di sekitar forklift lainnya menjaga panjang jarak tiga forklift antara forklift dan tidak bertabrakan.
  9. Jangan pernah mengarahkan forklift ke arah belakang orang yang tidak menyadari bahwa forklift berada di belakang mereka.
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 153 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.