Saat Merasa Sakit di Tempat Kerja , Apa yang harus Dilakukan?

sakit flu
image dari panduanhidupsehat.com

Terkadang ada kondisi pekerja yang saat berangkat dari rumah dalam keadaan sehat, lalu saat berada di tempat kerja, kondisi tubuhnya mulai terasa tidak enak. Lalu apa yang harus dilakukan saat merasa sakit di tempat kerja?

Tentu saja harus segera dilakukan penanganan agar sakit yang dialami karyawan ini tidak makin memburuk. Meski itu mungkin hanya berupa sakit ringan seperti flu, batuk atau meriang, tapi karyawan harus tetap waspada dan tidak menyepelekannya. Kondisi badan yang tidak fit bisa membuat fokus dan konsentrasi kerja tidak maksimal.

Kalaupun misalnya pekerja sudah minum obat yang dijual di toko-toko, tetap saja pekerja harus waspada. Sebab mungkin obat yang diminumnya itu memiliki efek samping seperti merasa mengantuk. Hal ini tentu berbahaya jika masih memutuskan untuk terus bekerja.

Dengan kata lain, jika pekerja masih memaksakan diri untuk bekerja saat kondisinya tidak sehat, maka itu sangat tidak bijak. Bayangkan jika kemudian pekerja menjadi kurang fokus atau mengalami kantuk saat berada di dekat mesin-mesin besar, alat-alat tajam atau peralatan lainnya. Hal ini jelas sangat berbahaya. Bukan hanya pada diri pekerja sendiri tapi juga orang-orang di sekitarnya.

Nah, jadi jika kondisi Anda sedang tidak fit saat berada di tempat kerja, berikut ini hal yang harus Anda lakukan.

– Beritahu supervisor Anda. Saat kondisi Anda tidak fit, segera lapor ke supervisor Anda. Beritahukan bahwa Anda dalam kondisi yang tidak sehat. Berterus-teranglah daripada kemudian membuat hal buruk terjadi. Dengan begitu supervisor akan memutuskan apa yang harus diperbuat. Biasanya supervisor akan meminta Anda untuk pulang dan beristirahat. Sementara untuk pekerjaan yang Anda lakukan itu akan dikerjakan oleh orang lain.

Segera ke Clinic perusahaan ketemu dokter. Periksakan diri Anda ke dokter agar dokter juga bisa mengambil langkah yang tepat untuk pengobatan diri Anda. Jangan mencoba untuk menjadi dokter sendiri dengan mencoba-coba minum obat yang Anda sendiri tidak tahu apa isi dan kandungannya.

– Tidak memaksa untuk bekerja. Pekerja pun harus sadar diri dan tidak memaksa untuk bekerja. Lebih baik beristirahat dan memilihkan kondisi fisik seperti sedia kala.

– Tetap minum obat sesuai dosis. Pekerja tidak minum obat melebihi takaran. Tetap gunakan sesuai dosis yang tersedia. Hindari misalnya karena ingin cepat sembuh kemudian meminum obat melebihi takaran. Hal ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan efek samping.

– Tidak mencampur obat. Begitupun dengan obat-obatan yang dikonsumsi sebaiknya tidak dicampur-campur. Mungkin karena ingin cepat sembuh kemudian mencampur obat yang ada, hal ini sangat tidak dianjurkan. Sebab bisa-bisa hal ini menimbulkan masalah baru yang dapat memperparah kondisi fisik Anda.

– Baca aturan minum obat. Sebelum minum suatu obat, baca lebih dulu keterangannya. Sehingga pekerja pun tahu dosis yang tepat dan efek samping yang mungkin dialami.

– Cuci Tangan. Biasakan untuk cuci tangan. Penyebaran virus flu sering melalui tangan. Karena itu, Anda harus rajin mencuci tangan Anda agar penyebarannya tidak semakin parah.

Jangan memaksakan diri bekerja jika Anda memang butuh untuk beristirahat. Perusahaan akan sadar kalau Anda memang sakit dan butuh istirahat. Supervisor, manajer, atau atasan Anda pun pasti akan melarang Anda bekerja jika berada dalam kondisi yang tidak sehat. Sebab kondisi itu bisa berbahaya dan menimbulkan kecelakaan kerja. Karena itulah, sebaiknya Anda memilih untuk beristirahat terlebih dulu agar kondisi kembali pulih. Baru setelah kondisi tubuh kembali normal, Anda pun bisa kembali bekerja.

Kalau Anda memaksa untuk bekerja juga tidak akan efektif. Sebab Anda tidak bisa maksimal dalam bekerja. Meski ini hanya berupa sakit sakit kepala, batuk, atau sejenisnya, tapi sebaiknya Anda memilih untuk beristirahat. Dengan tinggal di rumah, proses pemulihan diri Anda pun bisa lebih maksimal. Anda juga kemungkinan bisa lebih cepat sembuh karena kondisi fisik beristirahat penuh.

Dengan memilih untuk istirahat terlebih dulu, Anda pun bisa menjaga agar lingkungan kerja tetap sehat. Rekan-rekan kerja Anda tidak mengalami potensi tertular penyakit yang sedang anda alami.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.