Seberapa Penting Alat Pelindung Diri di Dalam Laboratorium ?

alat pelindung diri

Laboratorium adalah tempat yang erat hubungannya dengan dunia penelitian. Di laboratorium para peneliti melakukan begitu banyak percobaan serta penelitian untuk menghasilkan maupun menguji sesuatu. Akan tetapi, terdapat sejumlah peraturan apabila kita bekerja maupun sedang berada di laboratorium. Salah satunya yaitu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Sangat penting sekali menggunakan Alat Pelindung Diri, sebab di laboratorium banyak sekali kegiatan yang berhubungan dengan bahan kimia seperti bahan tumpah, bumping, terciprat cairan kimia, salah mereaksikan dan lainnya. Sedangkan sebagian besar bahan kimia yang digunakan mempunyai efek toksik yang tinggi. Jika cairan tersebut mengenai kulit walaupun hanya sedikit namun akan berakibat fatal.

Lantas Alat Pelindung Diri apa saja yang harus di gunakan di laboratorium ? Berikut ulasannya.

Kacamata

Sudah jelas bahwa kacamata berfungsi untuk melindungi mata dari bermacam risiko paparan bahan kimia yang bisa menyebabkan kebutaan. Namun kacamata yang digunakan bukan kacamata biasa yang kerap dijumpai, kacamata yang digunakan kacamata khusus laboratorium. Perbedaan kacamata laboratorium dengan kacamata biasa ialah bagian pinggirnya lebih tertutup dan kacamata laboratorium ketahanan terhadap guncangannya lebih kuat. Namun ada pula kacamata laboratorium yang terintegrasi dengan perisai muka di mana bisa melindungi seluruh muka.

Masker

Fungsi masker ini yaitu untuk melindungi pernafasan, sebab terdapat 2 macam bahaya dari bahan kimia yaitu terhirup serta tertelan. Apabila bahan kimia terhirup maka akan berakibat fatal, maka dari itu seseorang yang bekerja atau sedang berada di laboratorium di anjurkan untuk menggunakan masker.

Pakaian Pelindung

Pakaian pelindung di laboratorium didesain panjang sampai agak sedikit ke bawah. Pakaian pelindung ini berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap tumpahan atau cipratan bahan kimia. Sehingga bahan kimia yang berbahaya tersebut tidak langsung mengenai tubuh melainkan mengenai pakan pelindung terlebih dahulu. Dengan demikian risiko terkena bahan kimia yang berbahaya dapat dicegah.

Sarung Tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang digunakan untuk segala macam kegiatan. Tanpa tangan, pekerjaan tidak akan berjalan. Di laboratorium sendiri tangan berperan untuk memindahkan, mengambil, dan mengaduk bahan berbahaya. Bahan-bahan berbahaya tersebut tidak boleh mengenai tangan dan anggota tubuh lainnya meskipun itu hanya setetes. Contohnya seperti asam kuat., apabila mengenai kulit maka kulit akan melepuh, panas dan perih.

Sepatu

Sewaktu di laboratorium sebaiknya jangan menggunakan sandal, sebab sandal mempunyai banyak ruang yang terbuka untuk kaki. Pakailah sepatu supaya kaki tidak terkena tumpahan atau cipratan bahan berbahaya yang bisa mencederai kaki.

Itulah Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan di laboratorium. Namun, yang paling penting adalah berhati-hati. Tanpa berhati-hati semuanya menjadi percuma. Maka dari itu patuhilah semua peraturan yang ada.

Untuk melihat berbagai alat laboratorium dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.com. Ralali jual alat laboratorium dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 132 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*