Tindakan Tidak Aman dan Kondisi Tidak Aman

tindakan tidak aman

Sebagian besar dari kita tahu bahwa pada umumnya kecelakaan disebabkan oleh dua hal, yaitu: tindakan atau praktek tidak aman, dan kondisi yang tidak aman. Sebagian dari kita bahkan tahu bahwa 9 dari 10 kecelakaan adalah hasil dari tindakan yang tidak aman, atau hal-hal yang kita lakukan ketika kita tahu lebih baik. Kita seharusnya lebih takut pada tindakan kita sendiri daripada dari bahaya pekerjaan lain di sekitar kita. Mengapa kita sengaja mengekspos diri untuk cedera setiap hari?

Kecelakaan tidak akan terjadi pada saya.
Pada dasarnya, kebanyakan dari kita hanya berpikir tentang bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin dan kita cenderung untuk merasionalisasi risiko cedera. Kadang-kadang kita berpikir sendiri bahwa kita telah melakukan banyak pekerjaan seperti ini, berkali-kali dengan cara yang sama dan tidak ada yang buruk/kecelakaan yang telah terjadi. Oleh karena itu, tidak ada yang buruk / kecelakaan yang akan terjadi pada kita hari ini. Begitulah cara berpikir kita setiap hari di tempat kerja. Pada tingkat intelektual, kita menyadari ada potensi bahaya tapi memutuskan bahwa risiko terluka sangat rendah, maka terkadang kita menyepelekan hal-hal kecil tersebut. Karena kita belum terluka sejauh ini, kita benar-benar berpikir tentang diri kita dalam keadaan selamat hari ini. Kita tahu cara yang tepat untuk melakukannya, kita menyadari bahwa itu adalah berbahaya untuk melakukannya dengan cara ini, tapi apa yang kita pikirkan untuk diri sendiri adalah “itu tidak akan terjadi pada saya.”

Ini menunjukkan bahwa seseorang sudah terlalu percaya diri / over confident. Ketika Anda sudah berpikir seperti itu, maka kecelakaan tinggal menunggu waktu saja.

Mengambil Langkah Short Cut
Beberapa dari kita cukup teliti tentang mengikuti praktik kerja yang aman, tetapi karena pekerjaan “hanya akan mengambil satu menit” kita menggunakan metode atau alat yang tidak aman. Misalnya, tidak memakai kacamata keselamatan kita karena pekerjaan hanya akan mengambil satu menit, atau tidak mengunci mesin karena penyesuaian hanya akan mengambil waktu beberapa menit saja.

Biasanya kita berpikir tentang hal itu sebelum kita melakukan sesuatu yang sedikit tidak aman, atau mungkin sedikit tidak selamat. Kita tahu lebih baik, kita tahu cara aman untuk melakukannya, tapi kita mengambil sedikit kesempatan. Akibatnya kita berkata, “Saya tahu bahwa ini dapat mengakibatkan cedera, tetapi” kecelakaan tidak bisa terjadi pada saya. “Mungkin itu sifat manusia untuk berpikir bahwa kecelakaan selalu terjadi pada orang lain, tetapi mereka dapat terjadi pada Anda juga. Apa yang membuat Anda berbeda?
Mengapa mengambil kesempatan di tempat pertama? Hanya Anda dapat memutuskan untuk mengambil waktu untuk melakukan pekerjaan Anda dengan aman dan benar saat pertama kalinya.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.