Tips Cara Mencegah Kebakaran Akibat Kompor Gas

kebakaran kompor gas

Sebagai pengguna kompor gas, Anda harus mengetahui cara mencegah kebakaran akibat kompor gas yang seringkali terjadi karena kelalaian penggunanya. Kelalaian ini bukan hanya saat menggunakan kompor melainkan juga saat melakukan transaksi pembelian tabung gas. Hal-hal kecil seperti masa pemakaian tabung yang tidak periksa dengan baik oleh pengguna kompor gas dapat menjadi potensi bahaya kebakaran yang akan melukai Anda dan menimbulkan kerugian sangat besar. Karena itu selalu waspada dan lebih berhati-hati saat menggunakan kompor gas adalah sebuah keharusan untuk mencegak kebakaran yang disebabkan oleh pemakaian kompor gas.

 

Penyebab kompor gas meledak atau terbakar

Terjadinya kebakaran selama menggunakan kompor gas hingga menyebabkan ledakan tabung gas disebabkan oleh banyak hal. Bukan hanya dari kelalaian pengguna kompor gas, namun kualitas tabung dan juga posisi tabung saat digunakan juga mengambil peranan penting sebagai penyebab kebakaran menggunakan kompor gas. Karena itu pastikan instalasi tabung dilakukan dengan tepat. Selain itu hal-hal berikut ini juga menjadi penyebab kebakaran karena pemakaian kompor gas:

  • Katub yang berada pada tabung gas berada dalam posisi terbuka ketika tidak digunakan. Atau katub dalam kondisi rusak sehingga berada pada posisi terbuka. Katub yang terbuka akan mudah sekali menyulut api sehingga membakar tabung dan menyebakan ledakan yang menimbulkan kebakaran.
  • Selang yang menghubungkan regulator dengan kompor rusak. Atau bisa juga selang yang terhubung pada kompor tidak dipasang dengan baik sehingga menyulut api menuju tabung yang menyebabkan kebakaran.
  • Regulator mengalami kerusakan yang tidak disadari pengguna.
  • Valve tidak menutup dengan benar atau justru mengalami kerusakan.
  • Tabung berkarat hingga penyok dan kehabisan masa pemakaian.
  • Meletakkan tabung dan kompor pada ruangan sesak yang tidak memiliki sirkulasi udara cukup baik sehingga potensi api pada kompor tersulut pada tabung semakin besar.

Dengan mengetahui penyebab kebakaran yang mungkin saja terjadi karena penggunaan kompor yang lalai adalah cara mencegah kebakaran akibat kompor gas yang paling efektif. Dengan demikian Anda akan selalu waspada selama menggunakan, tidak ceroboh meletakkan tabung dan kompor dan selalu melakukan pemeriksaan rutin pada kompor gas serta perangkatnya.

 Ciri-ciri tabung gas bocor

Kebakaran yang disebabkan oleh pemakaian kompor gas lebih banyak disebabkan oleh terjadinya kebocoran gas dari dalam tabung. Kebocoran ini seringkali tidak disadari karena pengguna kompor gas seringkali tidak menyadari tanda-tanda kebocoran gas pada tabung. Berikut ini beberapa tanda kebocoran gas yang terjadi pada tabung gas Anda di rumah:

  • Adanya bau gas yang sangat menyengat di sekitar dapur dan dalam rumah Anda.
  • Terdapat embun yang berada di sekitar tabung. Biasanya embun ini akan semakin banyak Anda temui di area sambungan atau pengelasan tabung, neck ring dan juga valve. Sebaiknya bawa tabung Anda keluar ruangan dan amankan jika mendapati embun mulai memenuhi tabung. Jangan salah mengidentifikasi embun yang keluar tersebut karena adanya pengaruh udara di sekitar daerah penyimpanan.
  • Keluarnya bunyi berupa desisan pada tempat terpasangnya regulator.

Saat Anda mendapati tanda-tanda kebocoran ini pada tabung gas Anda, jangan panik dan mulai bergerak cepat dengan melepas regulator dari tabung. Segera bawa tabung keluar rumah dan amankan dari sumber api yang mudah menyulut tabung bocor tersebut. Sementara itu jika kebocoran terjadi saat kompor gas Anda menyala dan mulai menyulut selang dan tabung, segera matikan kompor gas Anda melalui tombol yang sama saat Anda menyalakannya. Matikan semua aliran listrik yang sedang menyala di dapur dan juga rumah. Padamkan api menggunakan alat pemadam api riangan (APAR) yang Anda miliki di rumah. Anda juga dapat menggunakan karung goni yang telah dibasahi air untuk memadamkan apinya. Mengetahui cara pemadaman seperti ini adalah cara mencegah kebakaran akibat kompor gas terbaik untuk mencegah kebakaran semakin membesar.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 174 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

1 Comment

  1. Terima kasih untuk tipsnya. Jangan lupa untuk memakai peralatan yang telah lulus standar nasional. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala peralatan keamanan untuk mencegah terjadinya kebakaran karena bocornya kompor gas.

1 Trackback / Pingback

  1. 3 Cara Mencegah Kebakaran di Tempat Kerja | Media K3

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.