Tips Keamanan Penyimpanan Makanan di Lemari Es

menyimpan makanan di lemari es

Lemari es selama ini menjadi tempat penyimpanan makanan yang dianggap paling aman. Kadang berbagai jenis makanan dimasukkan begitu saja di dalam lemari es tanpa memperhatikan kebersihan ataupun penutup yang tidak ditutup dengan benar. Tak jarang akhirnya sebagian makanan tetap saja membusuk di dalam lemari es karena terlalu lama atau karena kerusakan yang terjadi pada lemari es tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan makanan di lemari es dan freezer yaitu:

1.Menempatkan termometer dalam lemari es

Untuk mengecek jika lemari es beroperasi pada temperatur yang berar maka perlu untuk membeli termometer dan menempatkannya di dalam lemari es. Setiap lemari es biasanya sudah ada pengaturan suhu masing-masing, namun suhu sebenarnya tidak bisa diketahui sehingga perlu menempatkan termometer di dalamnya. Suhu di dalam lemari es dapat berubah-ubah apalagi jika sering dibuka-tutup.

Pintu lemari es biasanya bagian yang terhangat dan rak teratas juga menjadi bagian yang hangat. Termometer sebaiknya ditempatkan di bawah rak paling atas dan ke arah pintu untuk mendapatkan temperatur umum dari lemari es. Jika nampak suhu lemari es lebih tinggi dari 5 derajat celcius maka atur suhu sehingga berada di bawah suhu tersebut. Suhu lemari es idealnya berada di antara 4-5 derajat Celcius.

2. Memperhatikan makanan yang ditempatkan di lemari es

Tidak semua makanan harus ditempatkan di lemari es, makanan yang tidak tahan lama dan makanan yang telah dimasak merupakan jenis makanan yang perlu disimpan di lemari es. Lemari es dapat mencegah tumbuhnya bakteri pada makanan dan juga mengurangi kerusakan. Periksa label dalam makanan tentang cara penyimpanan yang benar apakah cukup di lemari es atau harus dimasukkan ke dalam freezer yang lebih dingin. Ada produk makanan yang memberikan penjelasan tentang berapa suhu seharusnya makanan tersebut disimpan, misalnya di bawah 4 derajat celcius.

3.Menempatkan makanan di tempat yang benar di dalam lemari es

Sebuah lemari es biasanya memiliki beberapa rak baik di bagian pintu ataupun bagian dalamnya. Ada informasi tentang penempatan daging, minuman, sayuran, dan lain-lain. Kita sebaiknya mengikuti  petunjuk atau informasi tentang dimana makanan tersebut harus ditempatkan. Daging mentah, ikan dan unggas harus ditempatkan di bagian yang paling dingin di luar freezer. Saat menempatkan makanan tersebut sebaiknya dimasukkan ke dalam tempat lain dahulu agar cairan dari makanan tidak meluber dan mencemari makanan lainnya. Makanan yang sudah dimasak sebaiknya juga ditutup untuk mencegah terkontaminasi oleh makanan lainnya.

4. Membekukan makanan dengan aman

Saat akan membekukan makanan, maka hindari membekukan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. Sebaiknya sedikit-sedikit dalam tempat yang terpisah. Saat akan membekukan makanan yang baru dibeli, maka tempatkan pada kantung freezer untuk menjaga kualitasnya. Kita tidak perlu membuka bungkus makanan cukup menempatkannya pada kantung freezer. Ikat kantung tersebut dan beri label dan tanggal. Saat akan mencairkan makanan maka keluarkan dulu dari dalam kulkas dan biarkan selama beberapa saat sebelum dimasak kembali. Tunggulah sampai makanan sudah tidak membeku.

5. Membersihkan lemari es dan bunga es

Lemari es perlu dibersihkan secara berkala agar makanan yang ditempatkan di dalamnya juga dalam keadaan terjaga kebersihannya. Saat akan memasukkan makanan ke dalam lemari es sebaiknya membersihkan terlebih dahulu dari kotoran seperti tanah dan debu, namun jangan juga memasukkan makanan tertentu dalam keadaan basah sehingga cepat membusuk. Saat sudah terlalu lama dingin, biasanya lemari es akan dipenuhi oleh bunga es. Jangan membersihkan bunga es dengan benda-benda tajam karena akan menyebabkan kerusakan. Lakukan pencairan bunga es dengan cara yang benar yaitu dengan menekan tombol yang sudah tersedia. Air dari dalam lemari es biasanya ditampung dalam wadah tersendiri dan kita perlu memeriksanya secara berkala dan membuangnya jika sudah penuh.

Itulah beberapa panduan untuk menyimpan makanan di lemari es. Lemari es merupakan penyimpanan makanan yang dapat membuat makanan lebih tahan lama jika ditempatkan dengan benar. Kita juga harus merawat lemari es tersebut dengan menjaga kebersihannya. Kerusakan lemari es dapat terdeteksi jika suhu udaranya menjadi kurang dingin atau terlalu dingin. Makanan yang ada di dalamnya akan terpengaruh jika lemari es tersebut rusak sehingga perlu diperbaiki atau membeli yang baru.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 132 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*