Tips Keselamatan Berkendaraan Sepeda Motor

berkendara sepeda motor

Apa saja tips keselamatan berkendaraan sepeda motor? Saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan sepeda motor sebagai alternatif untuk berpergian. Selain dapat mempersingkat waktu, kendaraan ini juga cukup nyaman untuk digunakan berpergian. Sebagai pengendara, anda perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara aman dalam berkendara sepeda motor. Sebab saat ini tingkat kecelakaan sepeda motor juga semakin meningkat tiap tahunnya. Untuk itu anda harus lebih waspada dan berhati-hati lagi dalam berpergian baik itu dalam jarak yang dekat maupun yang jauh. Berikut ini tips keselamatan berkendaraan sepeda motor.

Memiliki Kelengkapan Surat Berkendara

Sudah seharusnya anda sebagai pelaku pengendara sepeda motor memiliki kelengkapan surat berkendara. Untuk memastikan jika anda memang sudah layak untuk membawa sepeda motor dan mengantisipasi jika ada pemeriksaan mengenai surat-surat berkendara, yaitu SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat tersebut harus selalu anda bawa kemanapun anda berpergian dengan sepeda motor anda. selain itu pastikan anda juga membawa tanda pengenal yaitu KTP untuk berjaga-jaga.

Melakukan Pemanasan Tubuh

Hal ini termasuk dalam tips keselamatan berkendaraan sepeda motor agar kondisi tubuh anda tetap dalam keadaan yang fit serta untuk selalu siap dalam berkendara. Hal ini juga berperan dalam menjaga keseimbangan anda ketika melakukan perjalanan dalam berkendara sepeda motor.

Perlengkapan Berkendara Digunakan Dengan Lengkap

Sebagai pengendara sepeda motor pasti sudah mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan selama berkendara. Anda harus menggunakan helm yang memiliki standar SNI terdapat alat pengencangnya agar selama perjalanan tidak lepas dan terbang. Alas kaki dan sarung tangan juga penting untuk mengurangi terjadinya cidera. Pakaian dan jaket yang digunakan juga harus membuat anda nyaman agar dapat melindungi anda dari cuaca yang sering berubah. Jangan lupa juga untuk menggunakan masker agar tidak terpapar secara langsung oleh debu dan polusi.

Periksa Keadaan Sepeda Motor

tips keselamatan berkendaraan sepeda motor yang terpenting lainnya adalah dengan memeriksa keadaan sepeda motor anda. mulai dari rem, kaca spion, lampu, hingga ban. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. Jangan berfokus hanya pada bagian ban depan bawah.

Menjaga Arah Pandangan

Posisikan duduk anda dengan nyaman agar lebih mudah mengendalikan stang kemudi dan rem. Pandangan anda juga harus tetap terjaga dalam keadaan fokus, baik itu dalam arah depan, kanan, dan kiri. Untuk arah belakang anda dapat menggunakan kaca spion yang dapat memberikan pandangan anda langsung pada bagian belakang.

Mengendalikan Rem

Dalam mengendalikan rem anda harus melakukannya secara seimbang antara rem belakang maupun rem depan ketika anda harus memberhentikan sepeda motor anda. jangan sampai anda melakukan rem mendadak.

Penggunaan Jalur Jalan

Sebagai tips keselamatan berkendaraan sepeda motor anda juga harus memperhatikan penggunaan jalur jalan anda. ada baiknya sebagai pengendara sepeda motor anda menggunakan jalur kiri pada badan jalan. Apabila ingin menggunakan jalur kanan maka anda harus lebih berhati-hati agar tidak mengakibatkan kecelakaan.

Pindah Jalur Jalan

Jika anda ingin melakukan pindah jalur jalan, maka anda harus memberikan aba-aba seperti menggunakan lampu sein. Hal ini bertujuan agar pengendara yang berada dibelakang mengetahui jika anda ingin pindah jalur.

Melewati Jalur Persimpangan

Sama halnya dengan pindah jalur jalan, untuk melewati jalur persimpangan anda juga harus memberikan tanda seperti menggunakan lampu sein agar pengendara lain mengetahui arah mana yang akan anda pilih dalam persimpangan tersebut.

Demikian beberapa tips keselamatan berkendaraan sepeda motor.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 153 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.