Tips Keselamatan Kerja di Area Office

keselamatan kerja di office

Dibandingkan dengan lingkungan kerja industri, kantor tampak seperti tempat yang aman untuk bekerja. Namun, banyak kecelakaan serius dan cedera terjadi secara teratur di kantor-kantor di mana-mana. Tergelincir dan jatuh adalah salah satu penyebab paling umum dari kecelakaan di tempat kerja. Mereka dapat terjadi di mana saja, apakah Anda berada di area produksi atau di kantor. Oleh sebab itu keselamatan kerja di area office harus tetap menjadi perhatian bagi semua orang.

Pekerja kantor yang terluka oleh jatuh, kebakaran dan sengatan listrik. Mereka menerima luka dan memar dari alat kantor dan furniture. Mereka dapat cedera jangka panjang dari pekerjaan berulang-ulang seperti keyboard.

Ketika Anda melewati hari Anda di area kantor, silahkan terapkan praktek-praktek keselamatan di kantor sebagai berikut:

  • Perhatikan penghalang yang dapat menyebabkan tersandung. Kabel jangan ditempatkan di daerah lalu lintas.
  • Tas kantor, tas dan barang-barang pribadi lainnya harus disimpan di mana tidak ada yang akan jatuh menimpa seseorang.
  • Jauhkan laci meja dan lemari ditutup.
  • Bersihkan tumpahan, seperti kopi atau air, cara yang benar. Jika tumpahan tidak dapat diambil segera pasangr barikade dan tanda untuk memperingatkan orang-orang. Lantai yang basah dan belum dibersihkan juga harus diblokir dan ditandai dengan tanda-tanda peringatan.
  • Lemari file diisi dari bawah ke atas. Kecelakaan serius telah terjadi ketika lemari arsip bagian atas terberat jatuh.
  • Gunakan teknik mengangkat yang aman. Hal ini dapat menyebabkan cedera punggung di kantor, umumnya seperti pekerjaan-pekerjaan di gudang. Untuk mengambil barang yang berat, jongkok di sampingnya. Gunakan kekuatan di kaki Anda, bukan punggung, untuk mengangkatnya. Tekuk lutut Anda, bukan punggung.
  • Peralatan tajam seperti gunting, pisau kertas, dan pembuka surat terpisah dari item lainnya untuk mencegah luka sayat dan luka tusukan.
  • Waspada terhadap bahaya listrik, yang dapat menyebabkan kebakaran dan listrik. Periksa setiap kabel robek atau rusak atau colokan. Perbaikan listrik harus dilakukan hanya oleh teknisi yang kompeten.
  • Jangan membebani sirkuit listrik. Kabel ekstensi yang dimaksudkan untuk digunakan hanya sementara, jadi pastikan daerah yang ada kabel memadai untuk semua peralatan elektronik seperti komputer, mesin fotokopi dan printer. Breakers harus dipasang untuk mengamankan kelebihan beban.
  • Jangan gunakan perancah darurat seperti kursi skor di atas meja ketika Anda meraih sesuatu di atas kepala. Gunakan tangga.
  • Cedera pada tangan akibat gerakan yang berulang-ulang semakin umum di kantor-kantor. Ketika melakukan pekerjaan seperti keyboard komputer, menjaga tangan dan pergelangan tangan lurus dan santai. Sering beralih ke tugas lain untuk memberikan tangan Anda waktu beristirahat.

Demikian tips-tips keselamatan kerja di area office yang dirangkum oleh Media K3 dari berbagai sumber.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 154 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.