Tips Keselamatan Kerja Saat Menggunakan Forklift

keselamatan kerja menggunakan forklift

Forklift atau alat pengangkat beban berat biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan industri. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait K3 forklift karena instrument forklift cukup berisiko terjadi kecelakaan saat mengoperasikannya. Lalu, bagaimana prosedur keselamatan bekerja menggunakan forklift? Berikut ini diulas tips aman dalam mengoperasikan forkllift untuk mendukung pedoman dan keselamatan kerja di industri.

Baca Juga : Berapa Harga Sewa Forklift?

Operator yang Berpengalaman

Sebaiknya, operator yang menggunakan forklift haruslah memiliki lisensi dan sudah terlatih untuk menggunakan forklift serta memahami rute yang akan diambil, sehingga meminimalisir terjadi tabarakan atau salah ambil jalur. Selain itu, operator juga harus menggunakan pakaian safety, seperti helm safety, sepatu safety, jaket serta pakaian yang pas (tidak terlalu longgar)

Periksa Alat Sebelum Digunakan

Jika menggunaka forklift dengan sistem baterai, pastikan sisa cadangan baterai cukup untuk digunakan, jangan sampai kurang dari 30% karena jika tiba-tiba mesinnya mati mendadak di tengan rute yang sedang menanjak atau menurun, akan berisiko terjadi kecelakaan. Selain itu, periksa juga kondisi mesin, rem, kemudi, kontrol, tiang dan ban.

Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Operator harus cermat dalam memperhatikan rute dan lingkungan sekitarnya, jangan sampai berada di rute yang banyak dilalui pekerja lain atau di rute yang terlalu sempit. Selain itu, perhatikan juga tingkat kemiringan jalan dan pastikan forklift mampu melewati batas kemiringan jalan dan jangan sampai berjalan terlalu menepi agar tidak jatuh ke tepi. Selain itu, jaga kecepatan agar tidak terlalu lambat atau cepat sehingga bisa terhindar dari kecelakaan.

Memastikan Beban Forklift Aman

Setiap forklift memiliki batas bebannya masing-masing, sehingga harus diperhatikan jangan sampai forklift yang sedang dioperasikan melewati beban maksimal,  karena selain akan membuat forklift cepat rusak, juga akan mempersulit pengoperasian forkliff karena beban yang terlalu berat sehingga akan lebih sulit melewati belokan dan tanjakan.

Mengemudi di jalan lereng

Ketika mengemudi bergerak lereng naik, posisikan forklift dalam kondisi maju dan ketika lereng turun secara mundur. Jangan memuat atau membongkar barang atau menghidupkan sementara pada sebuah lereng.

Pengisian Bahan Bakar

Pastikan mesin forklift sudah dalam keandaan mati ketika mau diisi bahan bakar, dan forklift biasanya hanya bisa mengisi bahan bakar di tempat yang ditunjuk saja.

Pada saat Pergeseran Shift

Setelah digunakan pastikan forklift diparkir di daerah yang ditunjuk lalu turunkan garpu ke lantai dan jangan lupa untuk rem parkir. Saat garpu diturunkan, pastikan posisinya berada serendah mungkin hampir menyentuh lantai agar mengurangi risiko tersandung oleh pekerja lain saat tidak sengaja melewati garpu foklift. Selain itu, pastikan kunci dalam kondisi off dan cabut kunci. Dan jangan biarkan berjalan forklift tanpa pengawasan.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengoperasikan forklift di industri atau perusahaan Anda. Forklift memiliki peran yang cukup besar di dalam industri karena sangat membantu meringankan pekerjaan di gudang terutama dalam hal pendistribusian barang. Apalagi biasanya di gudang logistik terdapat banyak barang yang menumpuk sehingga dibutuhkan alat yang dapat mempermudah dan mempercepat pengangkatan dan pemindahan barang.

Saat ini banyak industri yang membutuhkan forklift, namun mempertimbangkan harganya yang cukup mahal, sehingga beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sewa forklift, disamping harga sewa lebih murah, juga bisa meminimalisir pengeluaran industri.

Demikian tips keselamatan kerja menggunakan forklift yang bisa dijadikan tambahan referensi buat Anda.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 191 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*