Tips Memilih Safety Shoes yang Nyaman

safety shoes

Para pekerja lapangan biasanya tidak akan asing dengan istilah safety shoes. Safety shoes sendiri adalah sepatu pengaman yang didesain khusus untuk menjamin keselamatan kerja para pemakainya. Walaupun diperuntukkan untuk menjaga keselamatan kaki, tentu tidak sembarangan memilih safety shoes murah dan berkualitas. Sepatu semacam ini tetaplah harus mengedepankan sisi keamanan yang harus mampu mendukung seorang pekerja dalam menjalankan aktivitasnya.

Pada perkembangannya, safety shoes sendiri tidak hanya digunakan pada saat bekerja. Beberapa orang bahkan menggunakan sepatu model ini untuk berkendara serta acara-acara kasual. Penampilan mereka tentu menjadi berbeda dengan sepatu yang didesain khusus untuk keselamatan kaki tersebut. Apalagi ada begitu banyak spesifikasi dan merk sepatu yang bisa dipilih dan diseuaikan dengan kemampuan pemakainya. Memakai sepatu semacam ini akan membantu seseoarng selamat dari bahaya-bahaya yang mungkin terjadi.

Setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam memilih safety shoes murah dan berkualitas, seperti.

 

  • Jenis

Menilik jenis sepatu yang banyak dijual di pasaran, safety shoes dapat dibedakan menjadi 3, yaitu low, middle dan boot. Bagi Anda yang ingin maksimal dalam melindungi keselamatan kaki, ada baiknya memilih jenis middle atau boot. Tentunya dengan ukuran yang lebih tinggi, lebih maksimal dalam melindungi kaki Anda di setiap kegiatan. Perlindungan ekstra dari safety shoes semacam ini tentu sangat dibutukan untuk pekerjaan lapangan bukan?

 

  • Bahan

Hal penting lainnya yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli safety shoes adalah bahan yang digunakan. Bahan yang digunakan sebaiknya berbahan tebal dan mampu melindungi kaki dari gesekan benda luar. Safety shoes murah dan berkualitas yang tahan terhadap benda-benda luar dapat melindungi kaki dari bahaya besi, semen, batu dan material lainnya. Sehingga kaki Anda pun tak harus terluka akibat gesekan benda-benda atau material seperti ini.

 

  • Kenyamanan

Setelah memilih jenis serta bahan yang digunakan pada safety shoes, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu sepatu tersebut. Rasakan apakah bahan yang digunakan terasa nyaman ketika digunakan saat berjalan. Pastikan pula bagian sol sepatu keras dan tahan, karena digunakan pada medan yang ekstrim dan terjal. Anda pun tentu tidak ingin bukan merasakan kepanasan saat mengenakan sepatu pengaman seperti ini? Oleh karena itu, jangan memaksakan sepatu jika dirasa tidak nyaman untuk digunakan dalam waktu cukup lama.

 

  • Lingkungan sekitar

Kondisi lingkungan nyatanya juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk memilih jenis sepatu. Biasanya safety shoes murah dan berkualitas dikhususkan untuk beberapa wilayah kerja atau kondisi lingkungan. Misalkan saja Anda yang seringkali berhadapan dengan lingkungan lembab dan basah. Ada baiknya memilih sepatu berbahan dasar plastik yang lebih nyaman dan mudah digunakan pada kondisi becek. Selain itu, cocokkan pula sepatu yang dipilih dengan karakter keseharian Anda agar terlihat pas saat digunakan.

 

  • Harga

Hal terakhir dan paling utama sebenarnya dalam memilih sepatu sendiri adalah harga yang dipatok. Budget harga tentu sudah Anda sesuaikan sebelumnya dengan kemampuan Anda dalam berbelanja. Tak harus sebenarnya memilih sepatu yang berharga mahal dengan brand ternama, jika produk yang lebih murah terasa nyaman. Satu hal penting yang harus diperhatikan, safety shoes merujuk pada sepatu yang nyaman dan tahan dalam berbagai kondisi. Oleh karena itu, tak ada salahnya memilih safety shoes murah dan berkualitas untuk menunjang kegiatan Anda.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 132 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*