Tips Mencegah Kelelahan Mata Akibat Computer

mencegah mata lelah akibat komputer
Image via www.bontangpost.id

Hari ini kita akan berbicara tentang masalah yang berkembang di seluruh dunia dalam bidang teknologi yang memasuki kehidupan kita di tempat kerja dan di rumah yaitu: ketegangan/kelelahan mata.
Karena semakin banyak orang menggunakan komputer di tempat kerja dan rumah, keluhan kelelahan mata, kesulitan fokus dan ketidaknyamanan telah menjadi hal yang biasa.

Screen tampilan video komputer tidak merusak pandangan, tetapi Anda mungkin bisa mengalami kelelahan mata. Untungnya, mengatur ulang kembali area kerja komputer Anda, mengambil waktu lebih sering berhenti untuk istirahat, atau mendapatkan kacamata yang tepat seringkali dapat meringankan gejala-gejala tersebut, kata juru bicara Academy Ruth Williams, MD.

Untuk menentukan penyebab ketidaknyamanan Anda, terlebih dahulu Anda harus mendapatkan pemeriksaan mata oleh dokter mata Anda, yang dapat menghilangkan kemungkinan penyakit mata sebagai penyebab gejala awal. Anda mungkin menemukan bahwa Anda perlu kacamata saat bekerja di depan komputer.

Apa saja yang perlu Anda perhatikan saat bekerja di depan computer ? Mari kita lihat hal-hal berikut di area computer Anda:

  • Jarak Layar: Anda harus duduk sekitar 20 inci dari monitor komputer, sedikit lebih jauh dari jarak membaca, dengan bagian atas layar pada atau di bawah mata.
  • Peralatan: Pilih monitor yang miring atau memutar. Sesuaikan dengan tepat untuk pencahayaan dalam ruangan. Menggunakan layar pengurangan silau pada monitor jika diperlukan.
  • Furniture: Sebuah kursi yang ergonomis adalah yang terbaik. Bagian atas monitor harus sejajar dengan mata. Tempatkan monitor pada posisi berdiri jika diperlukan.
  • Breaks /Istirahat: Ambil waktu istirahat secara periodik, dan mencoba untuk berkedip lebih sering untuk menjaga mata Anda dari kekeringan. Setiap 20 menit, istirahat 20 detik, dan berpaling 20 kaki untuk memberikan mata Anda istirahat. Memindahkan mereka ke atas, bawah, dan kedua belah pihak berfokus pada sesuatu setidaknya 20 meter jauhnya.

Demikian tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kelelahan mata saat berada di depan computer yang dikumpulkan oleh Media K3 dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 154 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.