Tips Mencegah Low Back Pain

mencegah low back pain

Punggung Anda bergerak setiap hari, bahkan ketika Anda tidur. Membungkuk ketika Anda duduk, memutar saat Anda belok, mengangkat ketika Anda berdiri dan menyangga tubuh Anda ketika Anda berjalan. Saat pergerakan tersebut cedera low back pain bisa saja terjadi pada punggung Anda. Dengan mempelajari beberapa teknik pencegahan low back pain/cedera punggung, Anda mungkin dapat membuat hari kerja Anda lebih aman.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah cedera low back pain:

  1. Ketika mengemudi, pastikan punggung Anda didukung atau disupport dengan baik dan Anda duduk dengan postur yang benar. Untuk mencegah terjadinya kejang, jarak roda kemudi harus dekat dengan lutut Anda, sedikit menekuk dan lebih tinggi dari pinggul Anda.
  2. Bila Anda harus mengangkat sebuah beban, membawa dan meletakkannya, periksalah rute jalan Anda terhadap rintangan. Dapatkan bantuan jika beban terlalu berat.
  3. Ketika Anda Anda mengangkat, posisi kaki Anda harus dekat dengan beban dan jongkok, jangan membungkuk. Naik ke posisi berdiri dengan menggunakan otot yang kuat di kaki daripada yang lemah di belakang Anda. Jangan memutar tubuh Anda ketika membawa beban. Turunkan diri Anda dengan posisi jongkok ketika Anda melakukannya.
  4. Jangan lupa beristirahat sejenak saat bekerja dengan berdiri dan lakukan beberapa menit latihan peregangan. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk berdiri sepanjang hari, cobalah menempatkan satu kaki pada permukaan sedikit lebih tinggi untuk mengendurkan otot punggung yang ketat.
  5. Ketika Anda tidur pada malam hari, meringkuklah di sisi Anda dan tempatkan bantal diantara lutut Anda. Jika Anda tidur terlentang tempatkan bantal dibawah lutut dan ditekuk untuk meringankan ketegangan pada otot punggung Anda.

Demikianlah tips-tips pencegahan low back pain yang dirangkum oleh Media K3 dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Salam K3,

Admin

 

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 154 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.