Tugas Seorang Flagman

tugas flagman
Image via lancasteronline.com

Seorang flagman bertanggung jawab untuk mengatur kelancaran lalu lintas kendaraan pada siang maupun malam hari saat pekerjaaan berlangsung. Beliau juga bertanggung jawab mengontrol pergerakan kendaraan dan alat berat dengan aman di area yang menjadi tanggung jawabnya dan melindungi atau memproteksi semua pekerja yang berada di area yang menjadi wilayahnya agar tidak tertabrak atau bersentuhan dengan alat berat yang sedang beroperasi.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang flagman saat menjalankan tugas dilapangan, yaitu:

  • ¬†Flagman harus selalu memakai baju reflectif yang mudah dilihat, juga memakai PPE dengan baik, termasuk baju reflektif, peluit dan bendera pengatur lalu lintas.
  • Flagman harus memastikan tidak ada kendaraan atau alat berat yang bergerak mundur tanpa dibantu aba-aba dan diarahkan oleh petugas
  • Flagman harus selalu berada di area yang aman dan mudah terlihat oleh operator alat atau kendaraan berat
  • Flagman harus memastikan bahwa setiap operator sepenuhnya mematuhi dan mendengarkan peluit atau signal yang akan dipergunakan selama berlangsungnya operasi / pekerjaan tersebut.
  • Flagman harus berani memerintahkan kepada para operator kendaraan atau alat berat untuk selalu mematuhi peraturan proyek seperti memakai PPE bila berada diluar kabin kendaraannya.
  • Flagman harus melaporkan kendaraan atau peralatan yang tidak layak beroperasi atau mematuhi peraturan keselamatan kerja
  • Flagman harus memastikan bahwa semua pekerja berada dalam jarak yang aman dari area kerja peralatan atau kendaraan berat.
  • Flagman harus memastikan tidak terjadi kemacetan lalu lintas baik yang akan memasuki atau meninggalkan lokasi kerja
  • Flagman harus menghentikan pekerjaan atau mencari penggantinya dengan competent person lainnya yang ditunjuk oleh supervisor, sebelum meninggalkan tempat kerja atau akan beristirahat

Berikut adalah teknik dasar flagging sinyal yaitu:

  1. Menghentikan kendaraan

Untuk menghentikan kendaraan, flagman bergerak mendekati lalu lintas dengan menjulurkan bendera secara horizontal ( tangan lurus ke samping membentuk sudut 90 derajat), sehingga seluruh permukaan bendera terlihat jelas, tangan yang lain diangkat ke atas dengan telapak tangan terbuka menghadap lalu lintas kendaraan.

  1. Melajukan kendaraan

Ketika keadaan sudah aman bagi pengemudi untuk menjalankan kendaraannya, flagman kemudian menurunkan bendera dari pandangan pengemudi kendaraan dengan posisi bendera sejajar dengan pergerakan lalu lintas. Arahkan kendaraan untuk bergerak dengan tangan yang lain. Jangan menggunakan bendera untuk menginstruksikan kendaraan agar bergerak.

  1. Mengurangi kecepatan kendaraan

Untuk memperlambat lalu lintas atau kecepatan kendaraan, flagman bergerak mendekati lalu lintas kendaraan dengan posisi tangan mengayunkan bendera perlahan ke arah atas dan bawah.

 

Jarak Penglihatan

Flagman harus dapat MELIHAT dan DILIHAT dengan jelas, juga berada pada jarak yang cukup memungkinkan bagi pengemudi atau operator untuk merespon instruksi dari flagman.

 

Posisi Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Flagman berdiri di jalur sekitar / berdekatan dengan lalu lintas kendaraan atau di belakang barikade.

JANGAN berdiri di jalur lalu lintas yang sedang bergerak

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.