Jenis Alat Pelindung Diri K3 dan Fungsinya

alat pelindung diri k3 dan fungsinya
Image via alatsafety.net

Jenis alat pelindung diri K3 dan fungsinya memiliki banyak arti selain sebagai standar keamanan. Kelengkapan peralatan tersebut nantinya bisa menjadi pertolongan pertama yang bisa meminimalkan dampak dari sumber bahaya.

Pentingnya APD dalam sebuah Pekerjaan

Bagi karyawan atau pegawai yang bekerja dalam perusahaan khususnya di dalam sebuah proyek pembangunan haruslah memiliki kualifikasi yang tinggi ketika masuk perusahaan tersebut. Tingginya tuntutan dan banyaknya sumber bahaya di sekitarnya membuat kewaspadaan harus ditingkatkan baik pada karyawan maupun pada perusahaan itu sendiri.

Peraturan Alat Perlindungan Diri atau dikenal dengan istilah APD sudah ditetapkan dalam perundang-undangan ketenagakerjaan. Jadi nantinya APD ini merupakan standar yang memisahkan interaksi langsung dengan sumber bahaya. Perusahaan pun harus menyediakan berbagai peralatan keselamatan ini berikut dengan standar yang telah ditetapkan secara nasional atau SNI. Berikut ini beberapa peralatan yang harus ada di lingkungan perusahaan.

Head Protection

Helm digunakan untuk melindungi bagian paling penting dalam organ manusia yakni kepala. Dengan mengenakan helm akan terminimalkan dari bahaya kejatuhan benda tajam, benda padat berat, radiasi api, dan terik panas matahari. Adapun untuk pekerjaan yang lebih mudah dilakukan, fungsi dari helm ini tidak bisa diganti dengan topi atau penutup kepala lainnya.

Personel yang bekerja di daerah dimana ada kemungkinan bahaya seperti cedera kepala akibat benturan, atau dari benda yang jatuh atau terbang, harus dilindungi dengan safety helmet.

Helmet untuk perlindungan pekerja terhadap dampak dari kejatuhan benda harus memenuhi standar Eropa denan merek dagang CE yang disetujui oleh Badan Pengujian Eropa yang terdaftar (EN 397).

Foot Protection

Sepatu boot akan melindungi pekerja dari terbentur atau tertimpa benda berat atau tajam dan tersiram cairan panas. Dengan ukurannya yang besar semakin memastikan bahwa bagian kaki tidak mudah untuk cedera. Di beberapa tempat, peran dari sepatu boot sudah digantikan dengan safety shoes yang juga memiliki standar cukup tinggi. Hal ini dikarenakan banyak yang mengeluhkan berat dari sepatu boot sehingga mempengaruhi kinerjanya.

Semua personel yang bekerja di atau mengunjungi daerah yang berpotensi berbahaya seperti lokasi konstuksi, workshop, dll harus memakai shoes setiap saat ketika berada di daerah tersebut.

Safety boots ( atau safety shoes) harus dipakai di tempat kerja jika diperlukan atau ditentukan demikian.Safety shoes harus berdasarkan kesesuaian untuk perlindungan, merupakan tipe anti-slip dan sesuai dengan pekerjaan dan karakteristik penggunanya. Perhatian yang harus diberikan dalam pemilihan safety shoes untuk memastikan bahwa jenis sepatu sesuai tugas yang akan dilakukan pemakainya. Jenis safety footwear yakni: Stardard Safety Shoes (EN 20344 dan EN 20345) dan Sandard Safety Boot (EN 20345).

Hand Protection

Hand protection atau sarung tangan menjadi salah satu APD yang paling penting dan harus ada. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi jari dari berbagai gangguan seperti siraman cairan kimia, benturan atau pukulan yang keras, terlindung dari suhu yang ekstrem, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Bekerja dengan menggunakan sarung tangan bisa meningkatkan gerakan saat produksi.

Hand protection harus digunakan saat kondisi kerja melibatkan resiko cedera pada tangan atau bahaya yang mungkin memerlukan perlindungan terhadap tangan.

Sarung tangan atau gloves yang sesuai untuk jenis pekerjaan yang akan dilakukan harus dipakai jika ada kemungkinan cedera tangan dari penanganan zat korosif atau beracun, luka atau lecet atau panas, dingin, api atau sengatan listrik.

Sabuk dan Tali

Sabuk dan tali banyak digunakan untuk keselamatan pada pekerjaan yang membutuhkan ketinggian atau bidang miring. Jadi keberadaan tali dan sabuk ini nantinya bisa membatasi pergerakan dari pekerja agar tidak mudah jatuh dan terpelanting dari posisinya. Beberapa jenis dari sabuk ini diantaranya lanyard, safety rope, dan harness.

Masker

Masker memiliki tujuan memastikan udara yang masuk ke dalam tubuh sudah terfilter dengan baik. Apalagi ketika keadaan panas tentu saja akan sangat banyak debu dan kotoran di udara sehingga penggunaan masker wajib dilakukan. Masker sendiri memiliki jenis sesuai dengan pekerjaan yang dihadapi diantaranya masker respirator, tangki selam dan regulator, katrit, dan kanister.

Penutup Telinga

Ada dua jenis penutup telinga yakni kecil dan besar. Kecil atau bisa dikenal dengan ear plug ditaruh di bagian lebih dalam telinga sehingga kebisingan bisa dihindari secara penuh, sedangkan penutup telinga besar atau ear muff letaknya lebih keluar dan masih bisa mendengar suara eksternal. Tujuan dari menggunakan ini adalah lebih berkonsentrasi dan terhindar dari suara bising yang mengganggu.

Kacamata Pengaman

Kacamata umumnya digunakan oleh pekerja yang besinggungan langsung dengan partikel berbahaya seperti api dan logam. Percikan kedua benda tersebut sangat ruiskan jika terkena mata. Selain itu penggunaan kacamata ini juga untuk meminimalkan cahaya yang masuk ke mata. Contohnya adalah ketika ingin memotong sebuah besi tentu saja percikannya sangat bahaya bagi mata.

Pelindung Wajah

Hampir sama dengan fungsi kacamata pelindung, akan tetapi memiliki ranah yang lebih luas yakni seluruh wajah. Benda ini nantinya akan melindungi wajah dari paparan radiasi atau percikkan api dan benda tajam lainnya. Ada banyak jenis dari pelindung wajah ini disesuaikan dengan tempat kerjanya.

Pelampung

Terakhir adalah pelampung yang harus disediakan pada perusahaan yang berhubungan dengan air. Pelampung ini umumnya menjadi standar yang wajib dilakukan ketika bekerja di atas lain seperti pengeboran minyak atau pada pekerja yang sedang membangun jembatan. Hal ini untuk memastikan pekerja tidak tenggelam saat jatuh ke dalam air.

APD merupakan bahan yang wajib untuk disediakan oleh perusahaan dengan standar yang telah ditentukan undang-undang. Keberadaan alat tersebut bisa meminimalkan bahaya dan tentu saja menjadi jaminan keselamatan saat bekerja. Itu tadi merupakan peralatan wajib ada yang masuk ke dalam Jenis alat pelindung diri K3 dan fungsinya.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
About Armein Hutagaol 199 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*