Menyediakan Kotak P3K Sebagai Antisipasi

standar isi kotak P3K

Kecelakaan atau cedera bisa saja terjadi kapanpun, termasuk ketika Anda berkendara. Walaupun kehati-hatian diutamakan, seringkali insiden diakibatkan oleh orang lain yang menabrak Anda. Entah cedera parah ataupun ringan, Anda tentunya harus menyediakan daftar isi kotak p3k di mobil. Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan untuk memberi pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Pertolongan pertama semacam ini diketahui mampu menekan perdarahan bahkan menghentikannya untuk sementara.

Penanganan yang tepat awal di awal kecelakaan bukan berarti tidak harus mendapatkan penanganan selanjutnya. Korban tetaplah harus ditangani oleh tenaga medis yang lebih berpengalaman agar tidak menimbulkan dampak yang lebih serius. Korban yang umumnya harus mendapatkan penanganan seperti ini biasanya mengalami luka parah atau serius. Hubungi sesegera mungkin pihak kepolisian ataupun rumah sakit terdekat supaya korban bisa segera ditangani.

Saran yang sama sempat disampaikan oleh Dr. Anita Theresia yang menyatakan bahwa pertolongan pertama sebaiknya diberikan sembari menunggu penanganan medis datang. Tak harus memiliki pengetahuan mendalam tentang kesehatan, Anda setidaknya sudah membaca buku panduan p3k yang Anda. Biasanya buku panduan semacam ini terdapat dalam daftar isi kotak p3k di mobil yang dapat Anda baca terlebih dahulu saat menyiapkan semua perlengkapan tersebut.

Ada baiknya pula kelengkapan kotak p3k dicek secara rutin, 3 bulan sekali. Apakah ada konten yang harus distok ulang karena sudah terpakai sampai habis atau tidak layak pakai lagi. Biasanya setiap obat-obatan memiliki tanggal kadaluarsa yang harus diperhatikan dengan cermat. Bila sudah memasuki masa kadaluarsa, sudah seharusnya Anda mengganti dengan yang baru. Jangan biarkan konten tersebut nantinya digunakan oleh orang lain ataupun Anda untuk melakukan pertolongan pertama.

Selain itu, obat luka yang tumpah dan mengotori isi kotak pun perlu dibersihkan sesegera mungkin. Pasalnya obat luka di dalam daftar isi kotak p3k di mobil akan mempengaruhi kualitas konten lainnya. Ini akan merusak keseluruhan isi dan berakhir pada konten-konten yang tidak bisa digunakan kembali. Supaya tidak terjadi hal demikian, tentu saja Anda harus rajin-rajin memeriksa kotak p3k yang sengaja disediakan di dalam mobil. Pastikan pula tempat yang digunakan telah tertata dengan benar di dalam mobil.

Setidaknya ada perbedaan yang mencolok terhadap isi kotak p3k ini di dalam setiap mobil. Untuk mobil Jepang, umumnya kotak p3k berisi peralatan standar yang bisa kita jumpai di pasaran. Sedangkan kotak p3k untuk mobil Eropa jauh lebih lengkap dan diletakkan di dalam tas yang bisa dibawa kemana-mana. Bahkan Anda pun bisa menemukan obat pereda nyeri serta pereda demam seperti ibuprofen dan asetaminofen. Biasanya tersedia pula sebuah termometer untuk mengukur suhu tubuh.

Harga untuk setiap daftar isi kotak p3k di mobil sebenarnya beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Tentunya tergantung pada konten yang terdapat di dalamnya serta ukuran kotak p3k itu sendiri. Jika Anda tak ingin membeli kotak p3k dan ingin meraciknya sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai kelengkapannya, seperti.

  • Perban dan perekat yang digunakan untuk menutupi luka setelah menggunakan kain kasa.
  • Kapas dan pinset berfungsi sebagai pengantar obat cair.
  • Alat pelindung, seperti masker, sarung tangan, dan celemek yang digunakan untuk melindungi tubuh dari paparan bakteri pada luka yang tengah ditangani.
  • Antibiotik, sebaiknya dikonsumsi oleh para korban guna mengantisipasi gejala lanjutan akibat luka yang ditimbulkan.
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 131 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*