12 Masalah Lingkungan yang Sedang Dihadapi Dunia

masalah lingkungan hidup
image dari coco24laz.wordpress.com

Lingkungan kita secara konstan mengalami perubahan, terutama dikarenakan oleh aktivitas manusia. Perubahan lingkungan tersebut cenderung berdampak buruk baik bagi lingkungan itu sendiri dan juga bagi makhluk hidup. Ada 15 masalah lingkungan yang perlu mendapatkan perhatian dari kita semua. Masalah lingkungan tersebut antara lain:

  1. Polusi: polusi udara, air, dan tanah membutuhkan jutaan tahun untuk diperbaiki. Adanya industri dan kendaraan bermotor meningkatkan jumlah polutan dari masa ke masa. Metal berat, nitrat, dan plastik juga merupakan racun yang bertanggung jawab menyebabkan polusi. Sedangkan polusi air banyak disebabkan oleh tumpahan minyak, hujan asam, dan sampah yang dibuang ke sungai. Semua jenis polusi tersebut disebabkan oleh aktivitas manusia dan dampaknya juga akan kembali kepada manusia dan lingkungannya.
  2. Pemanasan global: perubahan iklim karena pemanasan global disebabkan oleh emisi dari gas rumah kaca. Pemanasan global sendiri dapat menaikkan temperatur di lautan dan permukaan bumi sehingga bisa menyebabkan es di kutub menjadi mencair. Air laut akan naik sehingga dapat memicu banjir di daratan terutama dekat pantai.
  3. Populasi yang berlebihan: saat populasi bumi berlebihan maka sumber daya yang terbatas akan menjadi permasalahan. Misalnya saja air dan makanan yang menjadi sulit untuk ditemui di beberapa temapt. Populasi yang berlebihan ini biasanya melanda negara berkembang dan negara miskin.
  4. Sumber daya alam yang menipis: eksploitasi besar-besar pada sumber daya alam dapat membuat jumlah sumber daya alam tersebut menipis terutama pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbauri seperti bahan bakar fosil. Saat ini banyak yang mulai mencoba menggunakan bahan bakar yang dapat diperbarui seperti angin, matahari, dan energi gas bumi.
  5. Pembuangan sampah: konsumsi yang berlebihan terutama pada bahan-bahan yang sulit diuraikan seperti plastik akan menyebabkan sampah menggunung. Tempat pembuangan sampah akhir akan semakin penuh sesak sementara proses daur ulang tidak dilakukan pada semua tempat.
  6. Perubahan iklim: perubahan iklim disebabkan oleh pemanasan bumi. Ada banyak masalah yang kemudian dapat terjadi akibat perubahan iklim ini misalnya hujan terus-menerus sehingga menyebabkan kebanjiran, atau kemarau yang berkepanjangan.
  7. Kehilangan keanekaragaman hayati: aktivitas manusia berperan dalam berkurangnya keanegaraman hayati. Perburuan hewan-hewan langka dapat membuat spesies mereka menajdi punah. Hal tersebut akan membuat ketidakseimbangan pada lingkungan.
  8. Penggundulan hutan: Hutan merupakan tempat yang dapat menyerap karbon dioksida dalam jumlah besar dan memproduksi oksigen segar bagi makhluk hidup. Hutan yang gundung akan menyebabkan berbagai masalah dan berdampak pada kehidupan manusia.
  9. Hujan asam: hujan asam disebabkan oleh hadirnya beberapa polutan di atmosfer. Hujan asam ini dapat disebabkan oleh polusi udara atau gunung merapi yang meletus sehingga melepaskan sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke atmosfer. Hujan asam merupakan masalah lingkungan yang dapat memberikan dampak serius pada kesehatan manusia, lingkungan darat dan juga air.
  10. Urban Sprawl: ini merupakan bentuk migrasi populasi dari area yang padat penduduknya ke daerah yang sedikit penduduknya sehingga menyebabkan meluaskan kota ke daerah-daerah pinggiran. Ini dapat menyebabkan degradasi lahan, meningkatnya kemacetan, isu lingkungan dan juga kesehatan. Daerah yang sebelumnya menjadi daerah hijau dapat berubah menjadi pemukiman penduduk sehingga banyak flora dan fauna yang kehilangan tempat tinggal
  11. Masalah kesehatan publik: permasalahan lingkungan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan publik dengan meningkatkan jumlah penyakit. Polutan udara dapat menyebabkan munculnya penyakit pernapasan. Tingginya temperatur dapat menyebabkan meluasnya infeksi penyakit seperti demam berdarah.
  12. Penipisan lapisan ozon: lapisan ozon merupakan lapisan tak terlihat yang dapat menjaga keseluruhan planet dari sinar matahari yang merusak. Penipisan lapisan ozon di atmosfer dapat diakibatkan oleh CFC. Saat gas beracun tersebut sampai di atas atmosfer maka gas ersebut dapat menyebabkan lubang pada lapisan ozon. Saat ini CFC mulai dilarang penggunaannya di berbagai industri dan produk.

Itulah beberapa permasalahan lingkungan yang sedang dihadapi oleh umat manusia. Permasalahan lingkungan tersebut jika tidak segera diatasi akan membuat kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya terancam. Saat ini saja, masalah lingkungan tersebut sudah mengganggu kehidupan manusia. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya namun perlu dukungan penuh dari banyak pihak untuk mengatasi masalah lingkungan tersebut. Tak hanya satu negara, seluruh kawasan perlu memperbaiki dan menyelamatkan lingkungannya masing-masing.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.