Mengapa Perlu Dilakukan HSE Meeting?

hse meeting
Image via qhse-caturelang.blogspot.co.id

Mengapa kita perlu melaksanakan HSE Meeting? HSE Meeting adalah rapat atau pertemuan bagi manajemen dan departemen HSE untuk berkomunikasi kepada karyawan bagaimana mereka dapat melakukan pekerjaan mereka lebih aman dan lebih baik. Topik yang dibahas dalam HSE meeting mungkin topik yang sudah Anda tahu, atau mungkin topik terbaru yang belum Anda ketahui sama sekali.

Jika topik yang dibahas adalah sesuatu yang sudah Anda ketahui, maka mudah untuk memahami dan mendengarkan informasi keselamatan kerja yang disajikan. Anda mungkin hanya belajar sesuatu yang baru, tentang peralatan pelindung terbaru, atau cara yang lebih aman dan selamat untuk melakukan pekerjaan Anda. Informasi yang disampaikan dalam HSE meeting memiliki tujuan untuk mencegah atau menghentikan Anda atau rekan kerja Anda dari terluka. Pertemuan K3 juga memungkinkan karyawan diberi kesempatan untuk menyampaikan masalah keselamatan di tempat kerja atau ide-ide perbaikan kepada supervisor mereka.

Kecelakaan dapat terjadi akibat tindakan tidak aman atau kondisi yang tidak aman. Menurut beberapa ahli, untuk berbagai alasan, tindakan tidak aman biasanya merupakan 90% dari semua kecelakaan. Pertemuan K3 atau HSE meeting berfungsi sebagai tindakan pencegahan terhadap tindakan tidak aman dengan mendidik karyawan tentang bagaimana mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman dan selamat.

Bayangkan kerugian yang ditimbulkan apabila potensi kecelakaan terjadi. Lebih khusus lagi, bagaimana bisa kecelakaan langsung mempengaruhi Anda?

  • KEMATIAN – Hal utama yang paling tidak diinginkan. Bukankah hal ini meninggalkan orang yang Anda cintai?
  • BIAYA KEUANGAN – Membayar tagihan atau pengurangan gaji.
  • SAKIT & PENDERITAAN – Sebuah kerugian yang jelas tidak diinginkan semua orang.
  • CACAT – Sesuatu yang merubah hidup Anda. Sekarang Anda tidak dapat melakukan apa yang biasa Anda lakukan. Mungkin sekarang Anda tidak dapat memancing ikan, naik sepeda, memeluk istri Anda, menggendong anak Anda, atau tidak bisa melihat? Atau mungkin Anda berada di atas kursi roda.
  • DAYA SAING UNTUK MASUK KERJA – Selain gaji dan tunjangan pekerja, asuransi dan biaya kecelakaan dapat mewakili sebagian besar beban operasional perusahaan. Ketika beban usaha meningkat di perusahaan, mereka kemudian kalah bersaing dengan tawaran pekerjaan di luar sana.
  • KESELAMATAN REKAN KERJA – Mungkin Anda dan rekan kerja Anda telah bekerja sama selama ini. Kemungkinan Anda  menghabiskan banyak waktu dengan rekan kerja Anda seperti yang Anda lakukan dengan keluarga Anda sendiri. Dengan demikian, Anda jelas tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada mereka. Perhatikan juga keselamatan mereka.

HSE meeting agenda adalah kesempatan besar bagi Anda untuk berkomunikasi tentang ide keselamatan atau masalah yang mungkin Anda miliki. Berpartisipasilah dalam pertemuan keselamatan di perusahaan Anda. Jika Anda tidak berpartisipasi, maka ide-ide Anda tidak akan didengar. Siapa yang tahu … ide yang Anda miliki mungkin sangat baik menyelamatkan hidup Anda rekan kerja atau bahkan Anda sendiri.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 164 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

1 Trackback / Pingback

  1. Agenda Meeting P2K3 | Media K3

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.