Bahaya Asbes Bagi Kesehatan Manusia

bahaya asbes bagi manusia
Image via hargaper.com

bahaya asbes bagi kesehatan manusia – Asbes merupakan salah satu bahan bangunan yang biasanya dipakai sebagai atap rumah ataupun bangunan lainnya.  Meski asbes terbuat dari  jenis tambang yang dilapisi magnesium, kalsium dan silikat serat, ternyata asbes menyimpan hal yang tidak baik untuk kesehatan manusia. Berikut ulasan tentang bahaya asbes untuk kesehatan manusia.

Kenapa asbes berbahaya untuk kesehatan

Dibalik manfaatnya yang praktis dan murah untuk atap rumah, di sisi lain menggunakan asbes sebagai atap juga menyimpan sisi buruk untuk kesehatan manusia. Hal ini disebabkan oleh adanya debu pada asbes yang mempunyai karsiogenik efek yang bisa bisa mengganggu pernapasan bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak.  Pada prosesnya asbes menjadi berbahaya pada saat asbes mulai mengalami kerapuhan hingga menyebabkan kerusakan, dimana serat yang ada pada asbes mulai beterbangan dan secara tidak sengaja masuk dan terhirup yang akhirnya mengendap pada bagian paru-paru manusia bahkan sampai ke bagian perut. Debu serat asbes yang mengendap pada perut dan paru-paru tentunya sangat rentan terjadi iritasi, dimana iritasi tersebut bisa mengembang menjadi penyakit lainnya.

 

Dampak penyakit yang ditimbulkan oleh penggunaan asbes

Debu asbes yang berbahaya tentunya bisa menimbulkan beberapa penyakit. Jika tidak segera ditangani penyakit tersebut bisa saja berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Berikut penyakit yang disebabkan oleh asbes.

  1. Kanker  Mesothelioma

Ketika terkena paparan debu dalam jumlah banyak dan berlangsung dalam waktu yang panjang, serat debu asbes nantinya akan semakin menumpuk pada bagian organ vital manusia yang berdampak timbulnya penyakit yang disebut mesothelioma. Penyakit ini merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang  bagian pelindung yang ada pada paru-paru, dada. Pada prosesnya serat debu yang masuk dan menempel pada organ dalam tubuh nantinya akan bisa merusak DNA, yang secara otomatis membuat pertumbuhan sel tidak berjalan dengan baik. Penyakit yang disebabkan karena serat asbes ini tergolong penyakit yang kompleks, karena terbagi dalam tiga jenis yang diantaranya mesothelioma pleura yang merupakan kanker yang merusak bagian paru-paru, mesothelioma perikardial yang menyerang bagian jantung, serta mesothelioma peritoneal yang menyerang bagian rongga perut. Timbul penyakit ini bisa dilihat dari ciri-ciri seperti, sulitnya bernapas,  sakit pada saat menelan makanan atau minuman, rasa nyeri bagian dada, sakit bagian saraf sumsung tulang belakang, serta terjadinya pembengkakan di leher.

  1. Penyakit asbeotosis

Penyakit asbeotosis sendiri adalah penyakit yang ditimbulkan akibat munculkan jaringan parut pada paru-paru yang disebabkan endapan dari serat debu asbes yang nantinya berdampak pada gangguan pernapasan mulai dari munculnya sesak napas bahkan terjadinya gangguan masuknya oksigen ke sel darah manusia. Penyakit ini mempunyai ciri seperti batuk yang berlangsung lama, terjadi sesak napas, nafsu makan yang berkurang,  munculnya suara pada bagian paru-paru ketika bernapas, serta munculnya rasa sesak di dada.

  1. Komplikasi Efusi pleura

Efusi pleura sendiri merupakan penyakit komplikasi pada penyakit mesothelioma. Debu asbes yang sudah mengendap di banyak bagian dalam tubuh menyebabkan penyakit ini tidak bisa terhindarkan. Pada prosesnya penyakit ini muncul akibat akumulasi pada cairan yang ada di rongga pleural yang terproduksi secara tidak normal dan cenderung berlebihan. Pleural sendiri merupakan rongga yang terdapat pada bagian selaput yang berfungsi untuk melapisi paru-paru. Banyaknya cairan yang masuk menyebabkan terjadinya kerusakan pada paru sehingga berdampak pada terhambatnya fungsi dari paru-paru manusia pada saat bernapas.

  1. Munculnya plak pleura

Dampak terakhir dari bahaya asbes yaitu dapat menimbulkan plak pleura pada paru manusia.  Plak atau bercak muncul akibat adanya serat debu asbes yang masuk ke paru, sehingga menimbulkan bercak. Bercak tersebut lama-kelamaan akan menimbulkan jaringan parut yang membuat terjadinya peradangan pada organ paru.

Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting, terutama untuk diri Anda sendiri dan keluarga. Walau tergolong benda yang sepele, penggunaan asbes yang lama saat ini tergolong tidak baik lagi  karena berdampak pada kesehatan jika digunakan. Debu asbes yang bertebangan dan masuk ke dalam tubuh nantinya bisa menyebabkan munculnya penyakit. Jadi sebaiknya mulai saat ini Anda bisa mengurangi penggunaan asbes sebagai atap rumah dan menggantinya dengan bahan yang lebih aman untuk kesehatan.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
About Armein Hutagaol 199 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*