Tips Keselamatan Bekerja di Ketinggian

bekerja di ketinggian
Image via tribunnews.com

keselamatan bekerja di ketinggian – Dari berbagai kondisi yang dapat menimbulkan kecelakaan saat bekerja adalah bekerja di ketinggian. Karena itu, rambu-rambu kesehatan dan keselamatan kerja jelas wajib dipasang dan dipatuhi. Selain itu, tips keselamatan bekerja di ketinggian pun perlu diterapkan.

Apalagi, bekerja di ketinggian rupanya masih jadi salah satu penyebab utama kematian serta luka berat yang dialami oleh para pekerja. Kasus yang paling umum adalah pekerja yang jatuh dari tangga atau pekerja yang jatuh karena permukaan yang rapuh.

Yang Harus Dilakukan Sebagai Pekerja di Ketinggian

Apabila Anda akan bekerja di ketinggian, pastikan dulu bahwa pekerjaan tersebut sudah direncanakan dengan benar, diawasi, serta dilakukan oleh orang-orang berkompeten dengan keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan yang sesuai dengan pekerjaan tersebut. Lalu, gunakanlah jenis-jenis peralatan yang tepat untuk digunakan saat bekerja di ketinggian.

Tahapan Persiapan dan Pengendalian Awal Sebelum Bekerja d Ketinggian

Berikut ini adalah langkah-langkah pengendalian yang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan sebagai bagian dari tips keselamatan bekerja di ketinggian. Lakukan penilaian risiko dengan menganalisis dan pertimbangkan faktor-faktor penting seperti ketinggian, frekuensi dan durasi pekerjaan, serta kondisi permukaan saat melakukan pekerjaan.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum mulai bekerja di ketinggian:

  1. Pastikan Anda sudah melakukan analisis risiko lokasi dan pekerjaan yang hendak dilakukan sebelum pelaksanaan pekerjaan.
  2. Pastikan Anda telah menggunakan alat pengaman diri (APD) yang sesuai. Biasanya, yang disyaratkan adalah APD berupa full body harness double lanyard.
  3. Periksakan kesehatan fisik Anda. Pastikan bahwa Anda sedang berada dalam kondisi prima dan sesuai untuk bekerja di ketinggian.
  4. Pastikan bahwa scaffoldingyang digunakan untuk bekerja di ketinggian telah diinspeksi dan dipastikan di dalam kondisi aman.
  5. Jika Anda akan menggunakan scaffolding, di bawah ini adalah ringkasan panduan kerja yang aman:
  6. Pastikan bahwa pipa dan platform dari scaffoldingtersebut berada dalam kondisi yang baik, tidak ada tanda-tanda retak, maupun tanda-tanda bengkok.
  7. Pastikah bahwa scaffoldingdidirikan di atas permukaan tanah atau lantai yang stabil.
  8. Pastikan bahwa sambungan, kuncian, serta ikatan scaffoldingkuat.
  9. Pastikan handraildan tangga juga terpasang.
  10. Pastikan bahwa Anda memberikan tanda maupun informasi yang mengindikasikan bahwa Anda sedang melakukan pekerjaan di ketinggian.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang dapat melindungi semua orang, atau perlindungan kolektif. Idealnya, perlindungan kolektif diutamakan sebelum perlindungan pribadi. Perlindungan kolektif merupakan peralatan yang tidak mengharuskan mereka yang bekerja di ketinggian bertindak secara efektif, seperti pagar permanen maupun sementara. Sementara itu, perlindungan pribadi merupakan peralatan yang mengharuskan setiap individu bertindak secara efektif. Contohnya adalah peletakan alat keselamatan yang benar.

Yang Boleh Dilakukan Ketika Bekerja di Ketinggian

  • Lakukan pekerjaan dari bawah sebanyak mungkin, sehingga pekerjaan di ketinggian bisa dihindari kecuali kalau kondisinya sangat memaksa.
  • Memastikan bahwa keamanan dari dan ke tempat pekerja bekerja di ketinggian terjamin.
  • Memeriksa dan memastikan bahwa peralatan keamanan sesuai dengan kebutuhan dan stabil serta kuat untuk dipakai jika kondisi mengharuskan pekerja menggunakan peralatan tersebut. Jangan lupa untuk melakukan langkah pemeriksaan dan perawatan peralatan keamanan secara teratur walaupun peralatan tersebut sedang tidak digunakan.
  • Melakukan prosedur pencegahan yang sesuai jika bekerja pada atau di sekitar permukaan yang rapuh, atau tempat yang risiko jatuhnya tinggi.
  • Mempersiapkan perlindungan dari benda yang kemungkinan jatuh.
  • Mempertimbangkan prosedur penyelamatan dan evakuasi darurat jika kondisi yang berbahaya terjadi.

 

Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Bekerja di Ketinggian

  • Beristirahat di permukaan yang rapuh. Misalnya duduk di atas talang air plastik.
  • Menggunakan tangga untuk pekerjaan yang berat. Sebab, alat tersebut semestinya digunakan hanya untuk pekerjaan ringan dengan durasi yang pendek
  • Membiarkan orang-orang yang tidak kompeten, tidak memiliki pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan untuk melakukan pekerjaan di ketinggian.

Itulah rangkuman dari tips keselamatan bekerja di ketinggian yang perlu Anda ketahui demi keselamatan dan keamanan Anda saat melakukan pekerjaan pada kondisi tersebut. Semoga bermanfaat.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 198 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*