Cara Memilih Sepatu Safety untuk Bekerja di Proyek

sepatu safety
image via bukalapak.com

cara memilih sepatu safety – Anda butuh sepatu safety untuk proyek ? Pekerjaan konstruksi adalah pekerjaan yang berisiko. Ya, risiko keselamatan para pekerja proyek cukup tinggi. Apalagi saat mereka bekerja di luar untuk menyelesaikan proyek infrastruktur seperti tol dan jembatan.

Sudah cukup banyak pekerja yang mengalami cidera saat sedang menyelesaikan proyek. Salah satu cara sederhana untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja adalah dengan menggunakan sepatu safety untuk mengantisipasi kecelakaan itu. Pertanyaannya, bagaimana sih cara memilih sepatu safety untuk bekerja di proyek? Begini cara praktisnya!

  1. Pilih Model Sepatu Boot

Syarat yang pertama adalah, cobalah memilih model sepatu boot untuk pekerjaan proyek ini. Alasannya, sepatu jenis boot meningkatkan proteksi Anda selama bekerja. Sepatu jenis ini efektif melindungi seluruh bagian kaki hingga di bawah lutut. Ini terbukti lebih aman jika dibandingkan dengan jenis sepatu low cut yang tidak memproteksi sampai bagian bawah lutut. Cari sepatu safety model sepatu boot yang nyaman dikenakan untuk meningkatkan proteksi saat Anda bekerja.

  1. Bahan Nitrille Rubber dan Kulit Sapi

Sekali waktu Anda mungkin berkesempatan bekerja di lokasi yang ekstrim dan perlu kostum yang sesuai untuk itu. Salah satu bahan sepatu yang cocok untuk Anda kenakan di medan yang ekstrem adalah dengan sol bahan nitrille rubber. Ini adalah bahan yang nyaman, elastis dan sesuai untuk medan yang ekstrim. Carilah sol berbahan tersebut seperti material yang banyak dimanfaatkan untuk sepatu nevada boot.

Selain sol dari bahan nitrille rubber yang berkualitas, material atasan sepatu yang cocok Anda pilih untuk safety proyek adalah kulit sapi. Cukup banyak sepatu safety yang tersedia bukan dengan bahan kulit sapi asli. Hasilnya, saat digunakan sepatu tersebut tidak nyaman dan bahkan tidak mampu melindungi Anda dari bahaya. Untuk itu, coba pakai sepatu dengan bahan dasar sol sepatu nitrille rubber dan bahan atasan kulit sapi asli. Kombinasi kedua bahan tersebut akan memastikan kenyamanan Anda selama menyelesaikan proyek infrastruktur di luar.

  1. Model Sepatu yang Praktis

Pekerjaan proyek adalah pekerjaan yang berat. Anda bisa memilih jenis sepatu dengan model yang praktis. Jangan memakai sepatu yang bertali agar tidak ribet. Pilih model sepatu tanpa tali yang nyaman digunakan dan tidak mudah lepas. Sepatu safety dengan model tali akan kesulitan bagi Anda untuk menyesuaikan diri dengan situasi tertentu yang mendadak dan bahkan berbahaya.

  1. Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan  

Anda saat ini mungkin sedang menjalankan proyek pengaspalan jalan maupun jalan tol di bawah sinar matahari yang terik. Nah, proyek tersebut biasanya tidak sebentar. Proyek ini harus Anda selesaikan dalam waktu kurang lebih 3 sampai 4 bulan lamanya dengan risiko bahaya yang besar.

Salah satu bahan sepatu yang cocok untuk proyek tersebut adalah bahan sepatu sol karet dengan material atasan yang terbuat dari kulit sapi ori yang cocok untuk area yang ekstrem dan terbukti tahan panas. Hindari sepatu safety yang bertali dan pilihlah jenis sepatu yang memakai resleting samping agar mudah di pakai dan dilepas. Sepatu dengan material tersebut lebih adaptatif saat dipakai untuk mengerjakan proyek pengaspalan.

Sepatu safety pada dasarnya masuk dalam kategori alat pelindung diri atau APD. Untuk itu, sepatu safety yang Anda pilih haruslah yang dapat memberikan proteksi bagi diri saat bekerja. Jika Anda bekerja di area yang dingin sebaiknya gunakan sepatu safety yang materialnya terbuat dari karet atau plastik.

Salah satu karakter sepatu safety adalah adanya material besi di bagian dalamnya. Anda bisa pilih sepatu yang memiliki tambahan material tersebut untuk memaksimalkan perlindungan saat pengerjaan proyek.

Tampaknya sepatu safety saat ini memiliki fungsi yang lebih luas. Tidak hanya untuk proyek tetapi juga untuk style muda mudi. Agaknya, karakter sepatu safety untuk style lebih longgar dibandingkan dengan sepatu safety untuk proyek yang harus memenuhi kualifikasi diatas. Pertimbangkan betul-betul saat Anda memilih sepatu safety untuk proyek sebab hal tersebut menyangkut keamanan, kenyamanan, dan keselamatan Anda selama mengerjakan proyek dengan risiko yang cukup tinggi.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 157 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.