Contoh Limbah B3 Rumah Tangga dan Cara Menanganinya

contoh limbah b3 rumah tangga
Image via Metrotvnews.com

Informasi mengenai apa itu limbah b3, contoh limbah b3 rumah tangga dan cara menanganinya secara tepat bisa anda lihat di dalam artikel ini secara lengkap. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Apa itu limbah b3?

Limbah b3 merupakan limbah yang berasal dari bahan-bahan yang sulit untuk di daur ulang dan memiliki karakteristik beracun dan berbahaya bagi lingkungan. Karena sifatnya yang beracun dan sulit untuk di daur ulang maka setiap penghasil dari limbah ini harus mengetahui cara penanganannya secara tepat. B3 merupakan singkatan dari Bahan Berbahaya Beracun, jika di hasilkan oleh rumah tangga maka disebut dengan b3 RT. Mengenai jenisnya nanti akan di bahas pada sub bab selanjutnya.

Bahaya limbah b3

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya limbah b3 adalah limbah yang beracun dan berbahaya. Bahaya yang ditimbulkan olehnya bisa membahayakan baik manusia atau lingkungan. Sifatnya yang beracun dapat menyebabkan iritasi atau keracunan bagi manusia dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Tapi karena sedikitnya edukasi menangani bahaya dan apa saja jenis dari limbah yang tergolong dalam limbah b3 ini banyak penghasil limbah b3 rumah tangga kurang paham sehingga tidak berhati-hati dalam pengolahannya.

Jenis dan sumber dari limbah b3 rumah tangga

Dalam sub bab ini kami akan menjelaskan mengenai berbagai macam sumber dari limbah b3 rumah tangga dan juga karakteristiknya.

  • Limbah b3 dari hasil aktivitas dapur

Kegiatan dapur juga banyak yang menghasilkan limbah b3, untuk anda para ibu rumah tangga perlu memperhatikan cara-cara untuk mengolah limbah tersebut. Apa saja jenis limbah ini? Diantaranya adalah limbah kaleng aerosol, pengilat kayu memiliki sifat racun dan juga korosif. Sedangkan untuk limbah pembersih, seperti pembersih saluran, lantai, jendela, peralatan dapur tidak hanya memiliki sifat racun tapi juga memiliki sifat karsinogenik.

  • Limbah b3 dari aktivitas di kamar mandi.

Selain dari aktivitas dapur, aktivitas dari kamar mandi juga bisa menghasilkan berbagai macam limbah. Diantaranya adalah limbah aktivitas pembersihan di kamar mandi baik itu lantai, toilet dapat memiliki sifat racun, karsinogenik dan juga korosif.

  • Aktivitas perbengkelan.

Untuk anda yang sering mengotak-atik barang-barang di rumah, maka anda perlu berhati-hati dengan beberapa bahan ini. Mereka adalah, lem, cairan pelarut, baterai, pelumas, minyak tanah dan bahan bakar lainnya, cat oli mesin dan persneling, karena bahan-bahan tersebut dapat memiliki sifat racun, mudah terbakar dan juga karsinogenik. Hal inilah yang menyebabkannya tergolong sebagai limbah b3.

  • Aktivitas taman

Satu lagi jenis aktivitas rumah tangga yang sering kali menghasilkan bahan-bahan beracun dan berbahaya adalah, cairan untuk membunuh jamur, rumput liar, serangga dan juga tikus. Bahan-bahan ini memiliki sifat racun, korosif dan juga karsinogenik. Bukan hanya itu, beberapa bahan memiliki sifat mudah terbakar bahkan meledak, seperti cairan untuk membasmi serangga.

Selain bahan di atas, ada lagi bahan lain yang sangat umum digunakan dalam rumah tangga dan memiliki karakteristik dari limbah b3, diantaranya adalah kapur barus dan juga baterai.

Cara menangani limbah b3

Di atas sudah dijelaskan mengenai apa itu dan contoh-contoh dari limbah b3. Lalu bagaimana mengenai cara menanganinya? Untuk menanganinya sesungguhnya tidak bisa dilakukan dari satu pihak yaitu pihak rumah tangga saja. Tapi dibutuhkan juga koordinasi dari berbagai lembaga yang ada di lingkungan serta peran serta dari pihak produsen sendiri.

Banyaknya pihak yang harus terlibat dalam penanganan limbah b3 ini disebabkan karena limbah b3 memiliki sifat racun dan sulit untuk ditangani dalam pengelolaannya seperti disebutkan pada sub bab sebelumnya. Yang bisa dilakukan oleh lapisan rumah tangga dalam pengelolaan limbah b3 ini adalah memisahkannya dari jenis sampah-sampah yang lain. Setelah sampah di pisahkan sampah atau limbah b3 ini sudah seharusnya di kumpulkan oleh pihak lingkungan yang sudah bekerja sama dengan pihak produsen. Dari pihak lingkungan seperti RW kemudian mengembalikan limbah b3 tersebut pada produsen supaya limbah b3 di daur ulang atau diproses untuk dihancurkan oleh pihak produsen tersebut. Begitulah artikel contoh limbah b3 rumah tangga dan cara menanganinya, semoga bermanfaat.

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 174 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.