15 Makanan Sehat Sekaligus Bergizi Yang Harus Anda Coba

makanan sehat dan bergizi
Image via care2.com

Makanan merupakan sumber energi bagi pekerja untuk dapat bekerja dengan giat. Tak hanya energi saja, makanan juga mengandung banyak zat yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas baik. Tubuh yang sehat tak akan jauh dari makanan sehat. Sayangnya, makanan sehat dan bergizi kadang identik dengan rasa yang kurang enak. Namun sebenarnya banyak makanan sehat yang rasanya juga sedap. Pengolahan makanan dan cara makan yang benar juga akan berpengaruh pada rasa makanan tersebut. Berikut ini daftar 15 makanan sehat sekaligus enak:

  1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang cukup populer dan banyak disukai. Tak hanya rasanya yang enak, kandungan apel sangat baik bagi tubuh. Apel mengandung serat yang tinggi, vitamin C, dan sejumlah antioksidan. Memakan buah apel bisa membuat kita penuh sehingga dapat dijadikan makanan untuk diet.

  1. Avokad

Avokad sedikit berbeda dari kebanyakan buah lainnya. Buah yang satu ini mengandung banyak lemak sehat. Buah avokad mengandung serat tinggi, potassium, dan vitamin C. Kita bisa memakannya langsung atau menambahkannya pada makanan lain. Avokad termasuk dalam makanan sehat dan bergizi.

  1. Pisang

Pisang menjadi sumber terbaik bagi potasium. Pisang juga kaya akan vitamin B6 dan serat yang baik bagi tubuh. Ada beragam jenis buah pisang, kebanyakan bisa langsung dimakan dan rasanya juga enak.

  1. Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C juga mengandung serat dan antioksidan. Tak perlu repot-repot untuk mengolahnya karena makan jeruk yang terbaik langsung dimakan sebagai buah.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan paling bernutrisi. Telur perlu dimasak terlebih dahulu misalnya direbus, dikukus, ataupun digoreng.

  1. Daging

Daging tanpa lemak merupakan sumber makanan sehat, jadi tidak perlu takut untuk mengonsumsi daging secukupnya. Daging yang baik yaitu daging segar yang dimasak matang, bukan daging olahan.

  1. Daging ayam

Daging ayam tanpa lemak seperti dada ayam merupakan makanan yang cukup sehat karena rendah kalori dan lemak namun tinggi protein. Daging ayam perlu dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan sebagai makanan sehat. Pemasakan dengan cara direbus, dikukus, dan dibakar bisa dijadikan pilihan.

  1. Kelapa

Kelapa baik daging atau airnya sangat baik bagi kesehatan dan juga enak rasanya. Kelapa mengandung banyak serat dan asam lemak yang disebut medium-chain triglycerides.

  1. Wortel

Sayuran selama ini selalu dianggap kurang enak namun wortel bisa menjadi enak dimakan jika diolah dengan benar. Wortel sendiri mengandung banyak nutrisi seperti serat dan vitamin K. Wortel juga dikenal tinggi dalam karotin antioksidan.

  1. Tomat

Tomat yang rasanya sedikit masam ini sering menjadi pelengkap makanan. Tomat sangat baik bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi seperti potassium dan vitamin C.

  1. Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu makanan enak yang juga sehat. Salmon sangat populer karena rasanya dan kandungan nutrisi yang tinggi termasuk protein dan asam lemak omega-3.

  1. Tuna

Tuna merupakan jenis ikan yang populer di negara-negara Barat. Tuna sendiri cenderung rendah lemak dan kalori, namun tinggi akan protein. Tuna menjadi makanan yang cocok bagi orang yang membutuhkan protein lebih namun kalori rendah.

  1. Keju

Keju sangat disukai baik oleh anak-anak dan orang dewasa. Makanan ini rasanya enak dan cocok untuk ditambahkan pada berbagai makanan. Keju yang berasal dari susu tersebut mengandung nutrisi yang hampir sama dengan susu.

  1. Yogurt

Yogurt juga terbuat dari susu yang difermentasi dengan menambahkan bakteri hidup. Manfaatnya hampir sama dengan manfaat susu, namun dengan tambahan kandungan bakteri probiotik yang menyehatkan tubuh.

  1. Kentang

Kentang merupakan makanan yang cukup populer atau digemari oleh sebagian besar masyarakat. Kentang mengandung potassium dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kentang yang digoreng bisa menjadi kurang sehat karena mengandung banyak minyak, jadi pengolahannya bisa diganti dengan cara dikukus atau direbus.

Jadi sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat yang rasanya juga enak. Pengolahan makanan tersebut juga perlu diperhatikan. Makanan alami cenderung lebih sehat daripada makanan olahan. Memakan buah-buahan sebaiknya juga langsung dimakan, tidak perlu dihancurkan terlebih dahulu menjadi jus. Memasak makanan juga sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat dengan menggurangi proses penggorengan.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
About Armein Hutagaol 199 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*