8 Tips Penting Keselamatan Kerja Yang Harus Diketahui Para Pegawai

tips keselamatan yang harus diketahui pegawai
Image via Liputan6.com

tips keselamatan kerja bagi pegawai – Keselamatan dan juga kenyamanan dalam lingkungan kerja tidak akan ada jika tidak di bentuk dari para pegawai itu sendiri. Safety management merupakan hal yang paling diperhatikan di lingkungan kerja, terlebih lagi dengan lingkungan kerja yang mencakup berbagai alat berat. Banyak berbagai perusahaan atau pabrik yang menetapkan beragam kebijakan mengenai keselamatan kerja, tetapi pada dasarnya semua itu kembali kepada para pekerja atau pegawainya itu sendiri. Karena kesadaran akan keselamatan kerja terkadang sering terlupakan oleh berbagai pekerja, mungkin ada baiknya untuk para pekerja atau perusahaan untuk menyampaikan betapa pentingnya keselamatan kerja pada lingkungan kerja. Banyak sekali poin penting yang harus diperhatikan mengenai keselamatan kerja, tapi 10 point penting dibawah ini merupakan poin umum yang harus diketahui untuk para pekerja dalam menjaga kenyamanan dan juga keselamatan bekerja pada lingkungan kerja.

1. Selalu Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Dengan mengetahui poin ini, maka dapat diharapkan untuk para pegawai agar selalu memperhatikan lingkungan kerja sekitarnya. Terutama lingkungan kerja yang dikelilingi peralatan berat atau beragam mesin. Tujuannya adalah agar para pekerja selalu waspada dan menyadari dan juga menghindari hal-hal tidak sengaja terjadi di lingkungan tersebut.

2. Postur Tubuh Pada Saat Bekerja Yang Bagus

Jika kamu bekerja di belakang meja, selalu buat pundakmu tetap rata dengan pinggangmu. Hal ini bertujuan untuk menghindari kamu dari terjadinya sakit punggung dikarenakan pada posisi duduk yang tidak sesuai dengan postur tubuh. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan berbagai kursi yang ergonomik dan nyaman dipakai untuk bekerja.

3. Istirahat Tepat Waktu

Seringnya terjadi kecelakaan kerja pada tempat kerja itu dikarenakan kurang fokusnya pekerja di akibatkan kelelahan. Dengan mengambil istirahat yang tepat akan waktunya akan membuat terhindar dari rasa lelah dan kurang fokus akibat pekerjaan.

4. Gunakan Peralatan & Mesin Dengan Benar

Selalu menggunakan peralatan dan juga beragam mesin dengan baik dan benar! Pastikan tidak menggunakannya secara asal dan cepat. Beberapa peralatan dan juga mesin membutuhkan penggunanaan yang benar untuk dipakai. Menggunakan peralatan atau mesin kerja dengan benar dapat menghindari terjadinya kecelakaan kerja.

5. Jangan Menghalangi Pintu Darurat

Jika dilihat terkadang pintu darurat jarang sekali dibutuhkan dan sering kita abaikan. Pada kenyataannya pintu darurat dapat menolong banyak orang jika terjadi kecelakaan pada lingkungan kerja. Selalu membuat pintu darurat dapat di akses dengan mudah kapan saja merupakan tindakan yang benar.

6. Selalu Membuat Laporan Kerusakan

Kerusakan pada peralatan atau mesin kerja sudah pasti akan terjadi, dan itu tugas para pekerja untuk selalu memperhatikannya. Jika terdapat kerusakan pada peralatan atau mesin, meski itu kerusakan kecil sekalipun maka sudah seharusnya untuk segera dilaporkan ke atasan tersebut untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

7. Jangan Menghalangi Pintu Darurat

Jika dilihat terkadang pintu darurat jarang sekali dibutuhkan dan sering kita abaikan. Pada kenyataannya pintu darurat dapat menolong banyak orang jika terjadi kecelakaan pada lingkungan kerja. Selalu membuat pintu darurat dapat di akses dengan mudah kapan saja merupakan tindakan yang benar.

8. Menggunakan Peralatan Safety Dengan Benar

Salah satu poin penting dalam menghindari terjadinya kecelakaan kerja adalah menggunakan peralatan safety yang benar dan tepat. Tergantung dari pekerjaannya, penggunaan peralatan safety seperti sepatu safety, kacamata safety, helm safety, hingga pelindung telinga dapat membantu menurunkan tingkat kecelakaan dengan besar.

8 Poin penting penting dapat di terapkan dengan mudah bagi semua para pekerja atau pegawai asal dilakukan dengan disiplin. Tentu saja ada beberapa kebijakan tambahan lain yang akan ditambahkan oleh beberapa tempat kerja, tapi niscaya dengan melakukan perhatian khusus terhadap K3 maka dapat dijamin kenyamanan dan juga keselamatan pada lingkungan kerja.

Artikel Tamu by Renaldi Fitria Budiman.

 

Iklan Sponsor

iklan mediak3
About Armein Hutagaol 198 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*