Cara Cara Mencegah Bahaya Kebakaran Hutan

cara mencegah bahaya kebakaran hutan
Image via penasumatera.co.id

cara mencegah bahaya kebakaran hutan – Hutan disebut sebagai paru paru bumi, karena mampu menjaga ekosistem bumi tetap seimbang. Sayangnya kecerobohan dan eksploitasi berlebihan oleh manusia, mengakibatkan hutan rusak dan terbakar. Walaupun juga ada bencana alam yang bersifat alami dan mengakibatkan hutan terbakar. Berikut ini Cara Mencegah Bahaya Kebakaran Hutan.

Akibat dan bahaya dari kebakaran hutan

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mencegah kebakaran hutan, ada baiknya kita ketahui dulu apa bahaya yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan. Dengan memahami akibatnya, maka hal ini dapat membuat kita sebagai manusia lebih concern untuk melestarikan dunia ini.

  1. Kabut dari asap

Kabut asap yang tebal dapat mencemari udara, sekaligus mengurangi jarak pandang. Hal ini bisa menjadi semakin berbahaya terutama jika hutan yang terbakar tersebut berdekatan dengan jalan jalan raya yang sering dilewati oleh banyak kendaraan. Jarak pandang yang terbatas dapat meningkatkan angka kecelakaan dan membuat jalan raya tidak dapat dioperasikan sementara waktu. Secara tidak langsung hal ini dapat memberikan kerugian ekonomi yang cukup besar.

  1. Banyak pohon dan hewan yang mati

Pohon dan hewan yang mati dapat mengakibatkan keseimbangan ekosistem menjadi tidak seimbang. Hal ini terjadi karena rantai makanan alamiah rusak seketika dan membuat makhluk hidup lain yang sebenarnya tidak mati jadi ikut mati karena tidak ada sumber makanan dan tempat tinggal.

  1. Banjir dan longsor

Kebakaran hutan dapat mengakibatkan bencana lainnya seperti banjir dan longsor. Hal ini terjadi karena sudah tidak ada lagi pohon yang cukup yang dapat menahan banjir dan mencegah terjadinya erosi.

  1. Timbul berbagai macam penyakit

Penyakit yang ditimbulkan tidak hanya dirasakan manusia namun juga makhluk hidup lainnya. Umumnya penyakit yang ditimbulkan adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan.

Langkah pencegahan

Jika sudah mengetahui bahaya bahaya dari kebakaran hutan maka kini saatnya kita Bersama sama memahami langkah apa saja yang diperlukan untuk menjaga kelestarian hutan kita.

  1. Tidak asal main bakar sendiri

Sebagai masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar hutan ataupun saat sedang berada di hutan usahakan untuk tidak membakar benda apa pun di hutan jika memang tidak diperlukan. Khususnya bagi para perokok harus benar benar ekstra waspada agar tidak membuang sisa rokok di tempat sembarangan. Karena setitik api saja dapat membuat titik kebakaran hutan menjadi sangat besar. Jika memang perlu untuk membakar sesuatu maka patuhilah jarak aman yang sudah ditentukan oleh aparat, agar proses pembakaran berjalan dengan aman dan tidak mengakibatkan kebakaran hutan.

  1. Pastikan api sudah padam

Jika memang telah selesai membakar sesuatu pastikan api benar benar padam. Patuhilah pedoman pedoman dalam proses pemadaman dan pahamilah cara pemadaman api yang benar. Jika belum mengerti tentang prosedur pembakaran dan pemadaman yang benar, maka jangan sesekali mencoba melakukannya tanpa ada dampingan dari orang yang sudah paham akan hal itu.

  1. Selalu waspada dan bersiap siap

Sangat penting untuk selalu waspada dan segera hubungi pihak patroli terdekat jika menemukan titik kebakaran. Saat tidak terjadi kebakaran pun ada baiknya untuk selalu berkomunikasi dengan pihak patroli untuk lebih mengenal titik titik yang rawan untuk terbakar.

  1. Siapkan tempat untuk menampung air

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan usahakanlah untuk selalu siap sedia air dengan jumlah yang cukup. Air ini diharapkan dapat menjadi pertolongan pertama terhadap area yang sedang terbakar khususnya di sekitar pemukiman. Walaupun memang tampungan air ini belum tentu dapat memadamkan api, namun perlu diketahui bahwa tampungan air berfungsi sebagai penanganan pertama agar api tidak langsung menyebar kemana mana.

  1. Jadilah masyarakat yang patuh

Dengan menjadi masyarakat yang patuh pada peraturan maka kebakaran hutan sangat dapat diminimalisir. Hadirilah penyuluhan penyuluhan yang diadakan oleh aparat dan jalinlah komunikasi yang baik dengan aparat sekitar. Jika mendengar bunyi alarm tanda bahaya kebakaran maka segeralah melakukan evakuasi sesuai dengan prosedur yang sudah didapatkan melalui penyuluhan oleh aparat.

Berikut tadi adalah Cara Mencegah Bahaya Kebakaran Hutan, sekiranya dapat menambah informasi dalam rangka menjaga kelestarian alam ini.

Iklan Sponsor

iklan mediak3
About Armein Hutagaol 199 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*