Sistem Manajemen Lingkungan

manajemen lingkungan
image dari kumitukonsultan.com

Apa itu sistem manajemen lingkungan ? Sistem manajemen lingkungan merupakan bagian integral dari manajemen sistem perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan.

Tujuan diterapkannya sistem manajemen lingkungan adalah untuk memberikan dukungan dalam perlindungan dan pencegahan pencemaran lingkungan yang setara dengan sosial dan ekonomi.

Pengelolaan lingkungan dalam perusahaan, terutama di tingkat manajerial, dapat memajukan sebuah perusahaan. Lingkungan di sini tidak hanya memberikan pengaruh ke pihak internal saja, tetapi juga akan memberikan dampak positif terhadap pihak eksternal, terutama konsumen produk perusahaan.

Hal-hal berikut adalah alasan mengapa kita perlu menerapkan sistem manajemen lingkungan di perusahaan yaitu :

1. Peraturan Perundangan

Peraturan Perundangan mewajibkan setiap perusahaan melakukan upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk, dan jasa.  Jangan sampai aktifitas-aktifitas yang ada di perusahaan menyebabkan masalah pencemaran terhadap udara, tanah dan air di sekitar lingkungan perusahaan. Jika hal ini terjadi, sudah tentu akan menyebabkan berbagai macam masalah terhadap masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar lokasi perusahaan.

2. Reputasi Perusahaan

Perusahaan yang bermasalah dalam mengelola lingkungan pastilah memberikan citra yang buruk terhadap para customer-nya. Bisa saja ini menyebabkan pemutusan hubungan kerjasama bisnis antara kedua belah pihak. Ini tentu akan merugikan terhadap kedua belah pihak terutama bagi perusahaan itu sendiri. Perusahaan pasti akan kehilangan customer-nya yang dapat menyebabkan kerugian finansial.

3. Generasi di Masa Depan

Dengan menjaga dan melestarikan lingkungan, berarti kita turut menjaga kelangsungan masa depan generasi-generasi penerus kita di masa mendatang. Kita pasti ingin agar generasi-generasi kita bisa menikmati keindahan alam dan udara yang segar di masa mendatang. Ini bisa terjadi, jika kita komitmen untuk sama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan di area kita masing-masing.

4. Tanggung Jawab Global

Kita semua di seluruh dunia bertanggung jawab untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan dimana kita berada. Kita menjaga agar alam kita tetap asri dan bebas polusi sehingga anak cucu kita kelak bisa hidup sehat, aman dan damai.

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang sistem manajemen lingkungan. Silahkan teman-teman pembaca menambahkan di kolom komentar.

Salam K3,

Iklan Sponsor

iklan mediak3
About Armein Hutagaol 199 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.