7 Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja Secara Umum

penyebab kecelakaan kerja

penyebab terjadinya kecelakaan kerja – Kecelakaan kerja bisa terjadi karena berbagai alasan. Dalam sebagian besar industri, orang cenderung untuk mencari “sesuatu” untuk menyalahkan ketika kecelakaan kerja terjadi, karena lebih mudah daripada mencari “akar penyebab,”¬† seperti yang tercantum di bawah ini. Pertimbangkan penyebab kecelakaan kerja secara mendasar. Apakah hal-hal berikut pernah atau sering terjadi di tempat kerja Anda ? Jika demikian, Anda mungkin belum terluka… tapi lain kali Anda bisa tidak begitu beruntung.

Penyebab Kecelakaan Kerja

Berikut adalah hal-hal umum penyebab terjadinya kecelakaan kerja:

1. Melakukan shortcuts

Setiap hari kita membuat keputusan agar pekerjaan lebih effisien dan lancar. Tapi apakah faktor resiko keselamatan Anda sendiri sudah diidentifikasi, atau anggota kru lainnya ? Melakukan shortcuts tanpa mempertimbangkan faktor keselamatan dapat meningkatkan terjadinya kecelakaan.

2. Menjadi Over-Confident

Keyakinan adalah hal yang baik. Tapi terlalu percaya diri bukanlah hal yang baik. “Kecelakaan tidak akan pernah terjadi pada saya” adalah sikap yang dapat menyebabkan prosedur yang tidak tepat, alat, atau metode dalam pekerjaan Anda. Semua ini dapat menyebabkan cedera.

3. Memulai Tugas Dengan Instruksi yang Tidak Lengkap

Untuk melakukan pekerjaan dengan aman dan benar, pertama kali Anda perlu informasi yang lengkap. Pernahkah Anda melihat seorang pekerja yang dikirim untuk melakukan suatu pekerjaan, yang telah diberikan hanya bagian dari instruksi pekerjaan itu ? Jangan malu-malu  meminta penjelasan tentang prosedur kerja dan tindakan keselamatan. Hal ini tidak bodoh untuk mengajukan pertanyaan, malah kelihatan bodoh kalau kita tidak mau bertanya.

4. Buruknya Housekeeping

Ketika klien, manajer, atau profesional K3 berjalan melalui tempat kerja Anda, faktor housekeeping adalah salah satu indikator yang akurat untuk menunjukkan attitude pekerja terhadap masalah kualitas, produksi, termasuk masalah keselamatan. Tempat kerja yang bersih, rapi, dan teratur mencerminkan tempat kerja yang aman dan selamat.

5. Mengabaikan Prosedur Keselamatan

Mengabaikan prosedur keselamatan dapat membahayakan Anda dan rekan kerja Anda. Anda dibayar untuk mengikuti aturan dan kebijakan-kebijakan perusahaan, bukan untuk membuat aturan Anda sendiri.

6. Gangguan Mental dari Pekerjaan

Memiliki hari yang buruk di rumah dan kuatir tentang hal itu di tempat kerja adalah kombinasi yang berbahaya. Anda juga dapat terganggu ketika Anda sibuk bekerja dan teman Anda datang untuk mengajak berbicara. Hal-hal ini dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja dan bisa juga menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.

7. Kegagalan Untuk Merencanakan Pekerjaan

Ada banyak pembicaraan hari ini tentang Job Hazard Analysis. Job Hazard Analysis adalah cara yang efektif untuk mengetahui cara-cara cerdas bekerja dengan aman dan efektif. Menjadi tergesa-gesa dalam memulai tugas atau tidak berpikir melalui proses dapat menempatkan Anda dalam cara yang merugikan. Sebaliknya rencanakan kerja Anda, dan kemudian kerjakan rencana Anda.

 

 

 

Armein Hutagaol
About Armein Hutagaol 174 Articles
HSE Blogger Indonesia. I stay in Batam. HSE is my profession and blogger is my hobby. Let's share each other to create the best safety culture in Indonesia. Stay safe and work safe. Remember ABC - Always Be Careful

8 Trackbacks / Pingbacks

  1. Istilah-Istilah Danger Dalam K3LH | Media K3
  2. Alat Pelindung Diri di Tempat Kerja | Media K3
  3. Kecelakaan Kerja Di Indonesia | Media K3
  4. Alat Pelindung Diri | e-Learning SMK Sinar Husni 2 TR
  5. Telepon Seluler Penyebab Kecelakaan Kendaraan | Media K3
  6. Tugas K3 | nurislami's Blog
  7. Bahaya Gas Karbon Monoksida bagi Pekerja | Media K3
  8. Kecelakaan Kerja di Pabrik | Media K3

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.